Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Membangun Rumah Tangga Agar Harmonis dan Bahagia

Memiliki keluarga yang harmonis merupakan sebuah impian semua pasangan karena apabila keluarga harmonis dan bahagia maka suasana akan sangat menyenangkan apalagi jika sudah mempunyai anak, pasti akan menjadi contoh yang baik untuk mereka. Namun karena berbagai macam sifat atau perilaku manusia yang berbeda-beda, maka sering terdapat permasalahan yang membuat kebersamaan dalam rumah tangga menjadi berkurang dan itu akan menjadikan suasana menjadi tidak kondusif.
 
Maka dari itu semua orang atau pasangan wajib berusaha bagaimana caranya agar bisa membangun rumah tangga yang lebih harmonis lagi kedepannya. Nah bagi Anda yang baru saja menikah pasti akan sangat bingung cara membangun rumah tangga yang baik. Agar tidak terlalu bingung, maka Anda bisa memperhatikan tips berikut ini untuk membangun rumah tangga yang lebih baik lagi.

Tips Agar Rumah Tangga Lebih Harmonis

8 Tips Membangun Rumah Tangga Agar Harmonis dan Bahagia

1. Saling Terbuka dan Jujur Dengan Pasangan

Dalam rumah tangga kejujuran dan keterbukaan antara satu sama lain menjadi hal yang sangat penting karena setiap hubungan pasti ingin mengetahui apa saja yang dilakukan oleh pasangan. Jangan sampai Anda menyembunyikan sesuatu di belakang pasangan dan jangan sampai Anda berbohong karena itu justru akan membuat hubungan menjadi renggang dan menimbulkan banyak permasalahan. Apabila Anda mendapatkan sedikit masalah sebaiknya ceritakan kepada keluarga siapa tahu salah satu diantara mereka bisa memberikan solusi.

2. Hindari Sikap Emosional dan Egois

Ketika sudah memutuskan untuk menikah maka sebisa mungkin rubahlah cara berfikir Anda dan jangan terlalu mementingkan ego sendiri. Sebuah rumah tangga tidak akan bisa harmonis apabila salah satu dari pasangan tersebut masih ada yang membersar-besarkan emosinya ketika menghadapi masalah. Anda sudah berkeluarga dan buang jauh-jauh sikap emosional karena jika Anda sudah bisa berfikir dewasa maka bisa memberikan contoh yang baik bagi anak Anda kedepannya.

3. Membuat Komitmen Jangka Panjang Dengan Pasangan

Setelah menikah Anda harus membuat sebuah komitmen baru dimana itu akan dijadikan sebagai patokan dalam menjalani sebuah rumah tangga. Anda bisa berkomitmen dengan pasangan kalau nantinya tidak akan melakukan hal yang tidak baik dan akan tetap setia terhadap pasangan bagaimanapun keadaannya. Jika komitmen sudah dibentuk maka hubungan keluarga akan berjalan dengan lancar dan minim terjadinya permasalahan.

4. Mengutamakan Kebersamaan Dalam Keluarga

Jika Anda sudah mempunyai anak sebaiknya prioritaskan mereka dan jangan sampai hanya sibuk dengan pekerjaannya sendiri, karena semua anak pasti membutuhkan kasih sayang dari orang tua. Usahakan setiap seminggu sekali Anda meluangkan waktu bersama keluarga dengan cara mengajak mereka pergi ke tempat wisata. Dengan begitu kebersamaan dalam keluarga akan tetap berjalan dengan baik dan anak pun akan semakin terbuka dengan orang tua.

5. Bijak dan Tegas Dalam Menghadapi Masalah

Sebagai seorang ayah atau kepala rumah tangga Anda harus selalu tegas dalam berbagai macam keadaan terlebih jika ada masalah harus bisa menyelesaikan dengan kepala dingin. Semua keputusan dalam rumah tangga sepenuhnya dipegang oleh suami, maka dari itu dari sekarang Anda harus merubah pola pikir dan bagaimana caranya agar bisa berwibawa dan tegas dalam menghadapi permasalahan. Apabila Anda tidak bisa menyelesaikan masalah dengan baik, maka istri dan anak akan menganggap bahwa Anda tidak tegas dalam memimpin keluarga.

6. Jangan Pernah Membawa Masalah Dari Luar ke Dalam Rumah

Apabila ingin mempunyai keluarga yang harmonis maka jangan sekali-kali membawa masalah dari luar ke dalam rumah. Kebanyakan pria jaman sekarang jika mempunyai permasalahan dari kantor, biasanya langsung melampisakannya kepada keluarga dan anggota keluarga yang tadinya tidak tahu apa-apa menjadi kena imbasnya. Jika hal tersebut terus dilakukan maka sampai kapanpun tidak akan bisa membangun keluarga yang harmonis, bahkan itu bisa menjadi contoh yang buruk bagi anak.

7. Biasakan Gaya Hidup Sehat

Semua orang pasti ingin sekali memiliki gaya hidup sehat agar pikirannya lebih fresh dan kesehatan pun tetap terjaga. Sebagai ayah yang baik Anda harus memberikan contoh yang baik juga bagi keluarga dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Usahakan Anda mengajak keluarga untuk berolahraga setiap hari sekitar jam 6. Apabila kebiasaan tersebut tetap dilakukan maka keluarga akan harmonis dan minim terjadinya permasalahan.

8. Saling Menjaga Ibadah

Cara berikutnya untuk membentuk rumah tangga yang baik yaitu dengan cara saling menjaga ibadahnya. Keluarga sakinah mawadah warahmah tidak akan bisa terwujud apabila salah satu dari pasangan ada yang tidak menjaga ibadahnya bahkan sangat menyepelekan dalam beribadah. Pasangan suami istri akan mendapatkan kebahagiaan jika mereka taat terhadap perintah Allah dan menjauhi larangannya. Selain itu harus saling mengingatkan dalam beribadan dan selalu mengingat Allah. 
 
Keluarga yang harmonis bisa terwujud dengan baik asalkan pasangan suami istri tersebut saling membantu ketika terdapat permasalahan. Jangan sampai ada permasalahan sedikitpun dalam keluarga Anda, dan apabila terdapat masalah kecil maka selesaikan bersama dan jangan mementingkan egois. Selain itu juga perhatikan apakah Ibadah Anda dan keluarga sudah benar atau belum. Jika sudah benar pasti tidak akan terjadi masalah dalam rumah tangga.