Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Menulis Sebuah Artikel di Blog

Mempunyai sebuah blog merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan karena Anda bisa menulis suatu topik yang disukai. Mempunyai tulisan yang berkualitas menjadi kunci bertambahnya view dan menjadikan pengunjung betah berlama-lama berada di blog Anda. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan maka para blogger harus bisa menulis artikel secara konsisten terlebih jika pada saat awal membangun blog pasti akan sangat sulit untuk konsisten. Hal tersebut sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang bahkan Anda juga sering merasakan rasa malas ketika menulis artikel. 
 
Nah jika blog Anda ingin cepat berkembang terlebih jika ingin mendaftar google adsense, maka harus konsisten dalam menulis artikel setiap harinya. Jika Anda masih kesulitan dalam masalah konsistensi, maka saya akan memberikan beberapa tips agar Anda semakin bersemangat dalam mengupload artikel setiap hari.

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel

8 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Menulis Sebuah Artikel di Blog

1. Menetapkan Tujuan

Semua orang pasti mempunyai tujuan tersendiri ketika membangun sebuah blog, dan tentunya tujuan utama blogger pemula yaitu agar diterima google adsense karena jika sudah diterima adsense maka Anda bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Pasang tujuan Anda di depan kaca agar setiap saat melakukan kegiatan menjadi ingat dan menjadi lebih bersemangat menulis artikel. Jika Anda bermain blog hanya untuk sekedar bersenang-senang saja dan tidak mempunyai tujuan yang jelas, maka sampai kapanpun tidak akan pernah bisa konsisten karena tujuan utama tidak begitu jelas. Untuk itu mulai sekarang tetapkan tujuan dengan baik agar kedepannya bisa lebih serius dalam menulis artikel.

2. Tentukan Nice Blog

Apabila baru awal membuat blog maka tentukan dulu nice yang akan dibuat artikel agar nantinya tidak terlalu sulit ketika menulis. Untuk menentukan sebuah nice blog Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Contohnya jika Anda hobi memasak maka bisa menulis artikel tentang resep, dan jika Anda ahli di bidang komputer dan teknologi maka bisa membuat blog tekno. Jika nice sudah sesuai maka ketika menulis artikel pun akan sangat menyenangkan dan tidak cepat bosan.

3. Jadikan Menulis Sebagai Pekerjaan

Hal terpenting agar bisa selalu konsisten dalam menulis artikel yaitu menjadikannya sebagai pekerjaan utama dan usahakan Anda menyukai pekerjaan tersebut. Memang menulis merupakan pekerjaan yang membosankan tetapi jika Anda sudah menyukainya maka sesulit apapun pekerjaan tersebut pasti bisa diselesaikan dengan baik. Jika Anda mempunyai blog dengan tema yang menyenangkan dan asik untuk dibaca maka akan menjadi senang terlebih jika artikel Anda banyak dicari oleh orang lain.

4. Menentukan Jadwal Menulis

Jika Anda seorang full blogger maka setiap hari harus melakukan waktu yang tepat untuk mengupload sebuah artikel. Biasanya seorang blogger pemula akan lebih lama dalam menulis artikel dibandingkan dengan blogger yang sudah lama terjun di dunia blog. Maka dari itu usahakan untuk selalu membuat jadwal posting secara teratur agar semakin semangat dalam menulsi artikel dan membuat Anda tambah konsisten. Apabila Anda rajin menulis artikel selama satu minggu, maka kedepannya pasti akan sudah terbiasa bahkan sehari bisa sampai 3 atau 5 artikel yang bisa di tulis.

5. Menulis Dengan Santai dan Nikmatilah

Dalam proses menulis artikel, jangan sampai Anda terburu-buru karena jika ingin mempunyai artikel yang berkualitas maka harus dilakukan dengan santai dan nikmatilah dalam menulis. Ambillah judul yang menarik agar Anda bisa lebih mudah dalam merancang kata-kata di dalam artikel.  Hindari menulis artikel dengan posisi tiduran karena itu akan membuat Anda menjadi malas. Dan juga sesekali bisa mengalihkan pandangan ke luar rumah agar tidak terlalu pusing ketika berfikir menulis artikel.

6. Menulis Sebagai Hobi

Hampir semua orang ketika melakukan hobi pasti perasaannya akan terasa senang dan tidak mudah merasa bosan. Nah jika Anda baru terjun di dunia blog maka jadikanlah menulis sebagai hobi, karena jika sudah hobi maka kedepannya akan selalu dilakukan secara terus-menerus tanpa disuruh. Jangan pernah ragu dalam menuangkan semua pikiran mengenai hobi Anda di dalam artikel agar blog Anda semakin berkembang. Jika menulis sudah menjadi hobi, maka sampai kapanpun Anda akan menjadi pribadi yang konsisten di bidang tersebut.

7. Menulis Tentang Keseharian

Cara berikutnya agar semakin konsisten dalam menulis artikel yaitu dengan cara memilih judul yang berhubungan dengan keseharian Anda, contohnya di dunia perkuliahan, atau yang ada di sekitar rumah Anda. Apabila Anda menulis artikel tentang keseharian, maka tidak akan pernah kehabisan kata-kata dan akan selalu merasa nyaman, bahkan bisa menikmatinya.

8. Motivasi Diri

Hal terakhir untuk meningkatkan konsisten dalam menulis yaitu dengan memberikan motivasi pada diri sendiri. Anda bisa melihat perjuangan blogger yang sudah sukses dan bisa melihat penghasilan mereka selama ngeblog. Biasanya blogger yang sudah professional akan menghasilkan uang yang lumayan banyak dan itu bisa menjadi motivasi Anda agar bisa lebih baik lagi kedepannya. Selain itu ikutilah seminar mengenai blog agar ilmu Anda tentang dunia menulis semakin berkembang. 
 
Itulah cara yang harus Anda lakukan agar semakin konsisten dalam mengembangkan sebuah blog bahkan bisa menulis konsisten setiap hari. Konsisten tidak bisa dibentuk hanya dalam waktu singkat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa berhasil. Bagi Anda yang sekarang masih pemula, maka jangan pernah putus asa dan selalu paksakan diri Anda untuk menulis artikel walaupun itu berat. Semakin sering Anda menulis, maka konsisten akan mudah sekali terbentuk.