Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Skill Yang Harus Dicantumkan di Dalam CV Agar Diterima Kerja

Saat melamar pekerjaan pasti syarat utama yang harus ada yaitu CV. Mengapa harus CV? Karena CV merupakan salah satu bukti tentang data diri lengkap yang di dalamnya terdapat berbagai macam kemampuan yang dimiliki oleh si pelamar. Hampir semua perusahaan di Indonesia membutuhkan yang namanya CV dan yang pertama dilihat yaitu kemampuan atau skill yang tercantum di dalam CV tersebut. Apabila Anda seorang mahasiswa, alangkah baiknya mempersiapkan semuanya mulai dari sekarang dan sebisa mungkin memperdalam kemampuan yang Anda miliki, karena yang akan dilihat bukanlah nilai atau IPK tetapi skill. 
 
Jika skill Anda sudah mumpuni maka kemungkinan diterima di perusahaan akan lebih besar. Namun masih banyak freshgraduate yang belum mengetahui skill apa saja yang harus dimiliki agar nantinya bisa dilirik oleh HRD. Agar proses melamar kerja bisa berjalan dengan baik, maka cantumkanlah skill berikut ini agar semakin membuat HRD percaya dengan Anda.

Skill Yang Harus Ada di Dalam CV

6 Skill Yang Harus Dicantumkan di Dalam CV Agar Diterima Kerja

1. Komunikasi Yang Baik

Sebagai pelamar kerja harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik karena nantinya skill tersebut akan berguna saat menyelesaikan permasalahan di perusahaan. Saat berbicara Anda harus memakai kosa kata yang sopan dan tidak membingungkan. Apabila komunikasi Anda sudah baik maka HRD pun akan semakin yakin dengan Anda. Dan jangan menjadi orang yang introvert karena HRD kurang suka dengan orang seperti itu. Komunikasi yang baik bisa dilatih dari sekarang dengan cara mengikuti organisasi di kampus.

2. Kerjasama Tim

Setiap perusahaan pasti mempunyai visi misi yang berbeda-beda dan semua itu akan membutuhkan yang namanya kerjasama dari semua anggota. Itulah mengapa waktu kuliah Anda dituntut untuk selalu bisa bekerja sama dengan teman dalam memecahkan permasalahan. Kerjasama memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu bisa mengasah skill berbicara, mempererat persaudaraan bahkan juga bisa membuat perusahaan semakin maju. Dan jangan sampai Anda menjadi orang yang individual atau mengerjakan semuanya dengan sendirian.

3. Kepemimpinan

Walaupun Anda tidak melamar di bagian manajer, namun skill memimpin tetap menjadi yang paling penting karena nantinya Anda akan menghadapi berbagai macam klien atau memimpin rapat yang dilakukan oleh kantor. Semakin bagus skill memimpin Anda maka akan semakin dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Berpikir Kritis

Setiap perusahaan pasti akan menemukan berbagai macam permasalahan kedepannya dan itu harus segera diselesaikan dengan baik. Nah di sini HRD membutuhkan seseorang yang bisa berpikir kritis dalam memecahkan sebuah permasalahan yang nantinya bisa membuat perusahaan tersebut kembali berjalan normal. Skill berpikir kritis bisa dilatih melalui berbagai macam organisasi yang ada di kampus seperti BEM, UKM atau organisasi lainnya. Dengan mengikuti semua organisasi Anda dituntut untuk selalu berpikir kritis yang nantinya bisa untuk persiapan masuk dunia kerja.

5. Beradaptasi Dengan Baik

Kemampuan beradaptasi juga sangat penting dan itu sangat banyak dicari oleh perusahaan manapun, karena jika Anda mampu beradaptasi dengan siapapun maka sudah bisa dipastikan Anda merupakan orang yang ekstrovert atau bisa berfikir terbuka. Skill ini bisa dilatih ketika masih duduk di bangku perkuliahan yaitu dengan cara berkumpul dengan orang asing dan berusaha untuk membuat mereka nyaman dengan Anda.

6. Kemampuan Kerja di Bawah Tekanan

Buat para freshgraduate pasti akan sangat sulit ketika disuruh untuk bekerja di bawah tekanan, karena mereka belum mempunyai pengalaman kerja sedikitpun dan masih mengandalkan ijazah. Apabila Anda bersedia bekerja di bawah tekanan, maka ketika ingin melamar pekerjaan sangat mungkin akan diterima. Ada juga perusahaan yang menyuruh karyawannya untuk bekerja sampai larut malam bahkan sampai liburan pun tetap ada pekerjaan. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa bekerja di bawah tekanan. 
 
Itulah beberapa skill yang harus ada di dalam CV Anda. Meskipun semua itu tidak menjamin Anda diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan, paling tidak bisa membuat HRD melirik Anda untuk mengikuti interview. Tetaplah semangat untuk para freshgraduate ketika mendaftar pekerjaan, terlebih di saat pandemi covid-19 pasti saingan semakin banyak.