Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Sifat Yang Harus Ada Dalam Diri Seorang Mahasiswa

Semakin tinggi pendidikan maka tidaklah mudah dalam menjalaninya, karena kedepannya akan ada banyak sekali rintangan yang dihadapi. Kuliah sangat berbeda dengan sekolah, karena saat kuliah Anda dituntut untuk selalu berfikir kedepan dan berusaha untuk menghilangkan sifat anak SMA yang masih melekat pada diri Anda. Mahasiswa berarti tingkatannya lebih tinggi dari seorang siswa, dan otomatis pola pikirnya juga harus lebih dewasa daripada mereka yang tidak menempuh bangku kuliah. 
 
Nah Anda juga harus bisa berbaur dengan masyarakat agar nantinya bisa menjadi seorang mahasiswa yang berguna bagi bangsa dan negara. Untuk lebih detailnya, bacalah artikel ini sampai habis karena saya akan menjelaskan beberapa sifat yang harus Anda miliki apabila sudah menjadi mahasiswa.

Sifat Yang Harus Dimiliki Mahasiswa

5 Sifat Yang Harus Ada Dalam Diri Seorang Mahasiswa

1. Kemandirian

Saat masih duduk di bangku sekolah pasti hampir semua orang bergantung pada orang tua, mulai dari mencuci pakaian sampai makan pun sudah disediakan oleh orang tua setiap harinya. Nah ketika memutuskan untuk menjadi mahasiswa maka Anda harus sudah siap merantau agar menjadi pribadi yang mandiri. Sifat mandiri yang harus ada dalam diri Anda yaitu mandiri dalam hal keuangan, pola hidup, kegiatan setiap hari dan masih banyak lagi. Dan jangan menjadi mahasiswa yang dikit-dikit lapor orang tua, sebisa mungkin jika terdapat masalah usahakan selesaikan dengan sendiri.

2. Kebijaksanaan

Pendidikan tinggi pasti mengajarkan Anda menjadi orang yang selalu bijaksana dalam segala hal, karena dengan memiliki sifat bijaksana maka kedepannya pasti bisa melalui rintangan dengan baik. Selain itu Anda juga harus bisa menentukan hal apa saja yang perlu dilakukan dan yang tidak perlu dilakukan. Jadilah mahasiswa yang cerdas dalam memutuskan suatu permasalahan dan jangan sampai menjadi mahasiswa yang ceroboh.

3. Kepedulian

Kepedulian terhadap lingkungan kampus menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh semua mahasiswa, contohnya mengikuti berbagai macam acara atau kegiatan yang diadakan di kampus. Jangan menjadi mahasiswa yang apatis atau tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Mahasiswa apatis biasanya mereka hanya kuliah pulang kuliah pulang atau disebut dengan mahasiswa kupu-kupu. Jika Anda selama kuliah hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu maka lama-kelamaan akan dikucilkan oleh teman yang lain, karena Anda sudah dicap sebagai mahasiswa yang tidak bisa berpartisipasi.

4. Percaya Diri

Sikap ini harus ada dalam diri semua orang terutama mahasiswa, karena mereka pasti bertemu dengan orang banyak dari berbagai macam daerah dan pastinya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Apabila Anda mempunyai sifat kepercayaan diri yang tinggi, maka dengan siapapun akan mudah untuk berkomunikasi dan tidak ada rasa minder sedikitpun. Selain itu dengan mempunyai sifat percaya diri, otomatis ketika akan menyelesaikan sebuah permasalahan tidak grusa-grusu dan tetap mempunyai prinsip.

5. Berfikir kreatif

Kreatifitas menjadi modal utama bagi mahasiswa terutama mereka yang saat ini merantau. Karena dengan kreatifitas yang tinggi maka saat ada kesulitan pasti mereka akan mencari jalan keluarnya dan bagaimana bisa bebas dari masalah. Contohnya Anda tidak mempunyai uang, maka bisa memutar otak bagaimana Anda bisa tetap hidup di perantauan dengan cara memasak sendiri atau bisa juga dengan bekerja freeleance untuk mendapatkan uang yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan umum anak rantau. 
 
Masa kuliah bisa dibilang masa yang menyenangkan dan perbaikilah diri Anda dengan cara menerapkan 5 sifat di atas dengan baik. Jadilah contoh yang baik agar nantinya adik Anda yang sekarang masih duduk di bangku sekolah menjadikan Anda sebagai panutan dalam menjalani kehidupan. Jangan jadi mahaiswa pemalas karena itu akan menyulitkan diri Anda kedepannya.