Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Rekomendasi Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMA atau SMK

Setelah dinyatakan lulus dari SMA/SMK tidak semua siswa melanjutkan ke perguruan tinggi, namun ada juga yang lebih memilih untuk langsung bekerja dan itu merupakan keputusan yang sangat berat karena mereka harus memilih pekerjaan hanya dengan modal ijazah SMA saja. Tetapi tidak memungkinkan mereka mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan besar atau bahkan bisa menjadi PNS melalui berbagai macam seleksi. Nah bagi Anda yang tidak berkesempatan untuk melanjutkan kuliah, maka bisa mencoba beberapa pekerjaan berikut ini dan pastinya prospek kedepannya sangat menjanjikan.

Pekerjaan Untuk Lulusan SMA atau  SMK

8 Rekomendasi Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMA atau SMK

1. Abdi Negara

Menjadi abdi negara tentu menjadi salah satu impian terbesar semua remaja apalagi pekerjaan tersebut sesuai dengan cita-cita dari kecil. Contohnya yaitu Anda bisa mendaftar sebagai TNI atau Polisi, dimana persyaratan untuk masuk angkatan tersebut hanya membutuhkan ijazah SMA atau sederajat. Jadi bagi Anda yang saat ini baru lulus SMA dan masih bingung mau kemana, maka bisa mendaftar sebagai abdi negara. Apabila diterima, biayanya pun sudah ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dan setelah lulus bisa langsung menjadi PNS.

2. Penulis

Menulis merupakan salah satu pekerjaan yang sangat cocok bagi Anda yang memang sudah ahli di bidang tersebut, karena dengan menjadi penulis maka Anda bisa membagikan berbagai macam ilmu kepada orang banyak. Sekarang sudah ada beberapa website atau media yang membuka lowongan bagi penulis lepas yang ingin menjadi penulis di website tersebut. Dalam mengerjakan pekerjaan ini sangatlah santai, dan gaji yang didapat lumayan besar.

3. Pengajar Bimbel

Bagi Anda yang semasa sekolah mempunyai nilai akademik yang bagus maka setelah lulus bisa membuka les privat sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Selain untuk berbagi ilmu, menjadi guru les sangat menjanjikan terlebih jika Anda sudah dikenal banyak orang pasti akan mendapat undangan kemana-mana untuk mengajar. Anda bisa menawarkan jasa melalui berbagai macam media sosial seperti facebook, Instagram atau whatsapp.

4. Berbisnis Sendiri

Bekerja sebagai pengusaha memang sangat diminati banyak orang, karena pekerjaan tersebut tidak membutuhkan ijazah. Dengan menjadi pengusaha, maka Anda akan membuka lapangan kerja bagi banyak orang dan jika bisnis Anda sudah memiliki nama yang besar maka Anda tidak usah bekerja keras lagi dan hanya menikmati hasilnya. Namun sekarang masih banyak anak muda yang takut memulai bisnis, karena mereka berfikiran bahwa memulia bisnis akan gagal. Gagal dalam berbisnis memang hal yang wajar dan jangan pernah takut gagal selagi Anda masih muda..

5. Costumer Service

Kebanyakan orang ketika lulus SMA dan langsung ingin bekerja, pasti mereka melamar di bagian costumer service dan ini banyak diminati oleh perempuan. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menawarkan posisi sebagai costumer service hanya dengan syarat memiliki ijazah SMA. Gaji yang didapatkan pun sangat lumayan dan biasanya sekitar 1,5 sampai 2 juta perbulan. Tugas costumer service yaitu memberikan pelayanan kepada pelanggan apabila mereka mengalami keluhan atau permasalahan.

6. Kasir Toko

Menjadi kasir toko merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dibilang susah susah gampang, karena Anda harus melayani pembeli setiap hari dan itu membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Namun gaji yang didapatkan bisa mencapai 2 juta, dan itu semua tergantung dimana Anda bekerja. Untuk menjadi seorang kasir toko Anda tidak perlu yang namanya ijazah, dan yang Anda perlukan hanya keterampilan dalam menggunakan komputer dan juga membuat surat lamaran kerja.

7. Sales Marketing

Bagi Anda yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik maka menjadi sales marketing merupakan salah satu pilihan terbaik. Karena dengan menjadi sales marketing gaji yang didapat tergantung dengan seberapa banyak produk yang bisa Anda jual. Jika Anda bisa mempromosikan banyak produk maka akan mendapatkan komisi yang sangat besar. Selain itu juga akan menambah wawasan serta networking yang luas karena setiap hari Anda bertemu dengan banyak orang.

8. Driver Ojek Online

Menjadi ojol memang tidak membutuhkan yang namanya ijazah, semua orang bisa mendaftar dan syarat yang terpenting yaitu bisa mengendarai sepeda motor dan mempunyai SIM. Bagi Anda yang berminat menjadi ojol, maka bisa mendaftar setelah lulus SMA, dan gajinya pun tergantung dengan berapa banyak pelanggan yang Anda dapat tiap harinya. Semakin banyak pelanggan maka akan semakin banyak pula gaji yang didapatkan.
 
Tidak berkesempatan untuk menempuh bangku perkuliahan bukan berarti masa depan Anda tidak jelas, tetapi masih banyak jalan lain yang bisa Anda tempuh untuk menuju kesuksesan. Banyak cara menuju sukses dan tidak hanya kuliah saja. Anda harus bisa membuktikan kepada semua orang bahwa lulusan SMA bisa lebih sukses dari lulusan perguruan tinggi. Tetaplah semangat bagi Anda yang sekarang sedang bekerja, dan jangan sampai menyerah untuk mencapai cita-cita.