Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Rahasia Penting Mengapa Orang Tionghoa Banyak Yang Sukses

Menjadi orang sukses dan bisa bebas finansial menjadi sebuah keinginan semua orang di dunia ini. Namun untuk meraih kesuksesan tidak bisa didapatkan dengan bermalas-malsan dan harus bekerja keras seperti orang Tionghoa atau orang China. Hampir semua orang keturunan Tionghoa bisa sukses dalam berbisnis bahkan di Indonesia pun banyak sekali orang China yang sudah menguasai berbagai macam toko atau perusahaan. 
 
Pola pikir orang Tionghoa memang sangat berbeda dengan orang Indonesia, dimana mereka lebih suka berbisnis dari pada menjadi karyawan, tetapi orang Indonesia jarang yang mau melakukan bisnis dan memilh untuk bekerja di tempat orang. Hal itulah yang menjadikan orang Tionghoa bisa lebih sukses. Nah bagi Anda yang masih penasaran mengapa sih orang Tionghoa banyak yang sukses dan bagaimana cara mereka menjalankan kehidupan? Berikut ini ada beberapa rahasia penting yang membuat orang Tionghoa banyak yang meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Mengapa Orang Tionghoa Banyak Yang Sukses

9 Rahasia Penting Mengapa Orang Tionghoa Banyak Yang Sukses

1. Gemar Menabung dan Berinvestasi

Dari kecil orang Tionghoa memang sudah diajarkan untuk menabung untuk mempersiapkan masa depan. Nah ketika sudah bisa membuka usaha sendiri, biasanya merka akan menyisihkan uang bahkan sampai 70 atau 80 persen dari total gaji untuk ditabung atau digunakan untuk investasi, dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Gemar menabung sejak kecil membuat orang Tionghoa menjadi orang yang lebih menghargai uang.

2. Berpenampilan Sederhana

Ketika Anda sedang berkunjung ke kota besar dan bertemu dengan orang Tionghoa, maka biasanya mereka hanya memakai kaos dan celana biasa, bahkan memakai pakaian bagus pun hanya di hari-hari tertentu contohnya peringatan hari raya. Mereka tidak mempedulikan masalah pakaian, dan tidak pernah gengsi memakai pakaian sederhana. Bisa dibilang gaya hidup orang Tionghoa jauh dari kata mewah.

3. Membeli Barang Dengan Tunai

Kebanyakan orang Indonesia jika membeli barang yang sekiranya mahal, maka mereka akan melakukan cicilan karena uang mereka belum mencukupi untuk membeli barang tersebut. Berbeda dengan orang Tionghoa ketika membeli barang selalu cash dan tidak pernah menggunakan sistem cicil karena mereka paling tidak suka dengan cicilan karena itu hanya akan menambah beban hidup.

4. Lebih Suka Masak Sendiri Daripada Beli

Hampir semua orang Tionghoa jarang masuk ke restoran atau makan di luar, karena mereka lebih suka dengan masakan sendiri. Itulah mengapa mereka bisa lebih hemat dan pastinya mempunyai banyak tabungan.

5. Berprinsip Menjadi Pengusaha

Semua orang terkaya di dunia ini pasti berprofesi sebagai pengusaha, tak terkecuali orang Tionghoa. Karena dengan menjadi pengusaha, mereka bisa bebas finansial dan mempunyai banyak karyawan. Dari dulu sampai sekarang belum ada yang namanya orang Tionghoa menjadi karyawan, karena sejak kecil mereka sudah dididik untuk menjadi pengusaha.

6. Makan Bubur Dulu Sebelum Sukses

Prinsip tersebut sering dipegang oleh orang Tionghoa karena mereka lebih fokus untuk berjuang mendapatkan kesuksesan dan tidak pernah makan enak sebelum kesuksesan itu datang. Setiap hari mereka makan seadanya walaupun sebenarnya bisa membeli makanan enak, tetapi tidak mereka lakukan karena belum menemukan sukses yang sebenarnya. Nah ketika sudah sukses dan mempunyai segala sesuatu yang diinginkan, baru mereka bisa makan enak.

7. Lebih Mementingkan Manfaat dan Bukan Gengsi

Orang Tionghoa tidak pernah membeli barang yang sekiranya tidak terlalu penting, karena itu semua hanya akan menghabiskan uang dan tidak ada manfaatnya. Ketika membeli barang, mereka sering berfikir sampai berulang kali apakah barang tersebut bermanfaat atau tidak. Apabia benar-benar bermanfaat maka mereka langsung membelinya. Tidak mempunyai barang mewah bukan menjadi alasan orang Tionghoa untuk hidup, mereka selalu bersemangat dan tidak mementingkan gengsi.

8. Mencari Pekerjaan Sampingan

Orang Tionghoa sadar jika pekerjaan dalam satu bidang tidak akan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu mereka menyempatkan diri untuk mencari cara agar bisa mendapatkan uang tambahan. Kebanyakan orang menghindari lembur, tetapi orang Tionghoa justru mencari kerja lembur agar bisa mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhannya.

9. Pekerja Keras, Ulet, Rajin dan Gigih

Dari dulu memang sifat pekerja keras, ulet, rajin dan gigih sudah melekat pada diri orang Tionghoa. Biasanya di hari libur orang lain menggunakan waktunya untuk liburan atau bermain ke tempat wisata, namun berbeda dengan orang Tionghoa yang menggunakan hari libur untuk mengembangkan bisnisnya untuk mendapatkan kekayaan. Maka dari itu tidak heran jika orang Tionghoa bisa lebih maju dari segi finansial daripada orang lain. 
 
Itulah rahasia mengapa orang Tionghoa banyak yang sukses. Mulai dari sekarang tirulah gaya hidup orang Tionghoa agar kehidupan Anda di masa yang akan datang bisa lebih sukses. Semua kegiatan yang dilakukan orang Tionghoa harus Anda tiru selagi itu benar dan positif.