Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Pertanda Bahwa Mahasiswa Salah Dalam Mengambil Jurusan Kuliah

Dalam menentukan jurusan kuliah bisa dibilang gampang-gampang sudah karena itu akan menentukan masa depan semua mahasiswa. Jika mahasiswa tersebut sudah salah jurusan maka dari awal perkuliahan sudah tidak memperhatikan tentang materi bahkan menjelaskan tentang jurusannya pun tidak begitu menguasai. Hampir 80% mahasiswa di Indonesia salah dalam memilih jurusan kuliah dan hasilnya mereka hanya membuang-buang uang saja. 
 
Bahkan selama kuliah tidak bisa menyerap materi dengan baik karena tidak menikmati dunia perkuliahan. Mahasiswa yang salah jurusan dengan yang tidak pasti akan mempunyai perbedaan yang cukup jauh dan biasanya mahasiswa yang salah jurusan akan lebih malas dibandingkan dengan mereka yang sudah cocok dengan jurusannya. Berikut ada beberapa pertanda apabila seorang mahasiswa sudah salah dalam mengambil jurusan di perkuliahan.

Tanda Mahasiswa Salah Jurusan

5 Pertanda Bahwa Mahasiswa Salah Dalam Mengambil Jurusan Kuliah

1. Bingung Saat Ditanya Alasannya

Ketika memilih jurusan tertentu pasti semua orang mempunyai alasan tertentu, contohnya jurusan tersebut sesuai dengan passion atau bahkan jurusan SMA yang mempunyai kesamaan dengan jurusan kuliah. Nah berbeda dengan mahasiswa yang salah jurusan, pasti akan bingung jika ditanya mengapa mengambil jurusan tersebut dan pasti jawaban mereka hanya ikut-ikutan teman.

2. Tidak Mempunyai Mata Kuliah Favorit

Biasanya mahasiswa yang menikmati dunia perkuliahan pasti mempunyai mata kuliah favorit walaupun itu 1 atau 2. Mereka akan sangat enjoy ketika mata kulaih tersebut berlangsung bahkan nilai yang didapatkan pun selalu A. Namun jika mahasiswa yang salah jurusan pasti tidak begitu suka dengan semua mata kuliah dan pasti mereka akan cepat merasa bosan ketika perkuliahan sedang berlangsung.

3. Obrolan Dengan Teman Seangkatan Tidak Nyambung

Banyak hal yang pasti mahasiswa omongkan dengan teman seangkatan, contohnya mengenai tugas, materi perkuliahan bahkan tentang dosen. Biasanya mereka akan merasa asik jika membahas tentang dunia perkuliahan. Tetapi jika Anda salah jurusan maka tidak akan nyambung ketika sedang berkumpul dengan teman seangkatan. Bahkan lebih asik membahas topik di luar perkuliahan, contohnya liburan, atau bahkan tentang bisnis yang sedang dijalani.

4. Sulit Konsentrasi Ketika Kuliah

Walaupun sudah berangkat awal dan belajar terlebih dahulu di kelas, namun tetap saja mahasiswa yang salah jurusan tidak akan bisa berkonsentrasi dengan mata kuliah yang diambil. Justru akan mudah sekali merasa ngantuk ketika kuliah berlangsung. Selain itu akan sangat sulit untuk mempelajari mata kuliah, meski mata kuliah tersebut bisa dibilang mudah.

5. Tidak Bersemangat Ketika Mengerjakan Tugas Kuliah

Tugas merupakan salah satu cara yang bisa lebih membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah. Tapi sayangnya jika mahasiswa salah jurusan pasti tidak akan semangat saat mengerjakan tugas karena mereka tidak memahami sedikitpun tentang mata kuliah tersebut. Biasanya mereka yang salah jurusan lebih sering menyontek daripada mengerjakan tugas sendiri. 
 
Demikian tanda bahwa mahasiswa salah mengambil jurusan. Agar Anda tidak salah jurusan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu passion atau kemampuan yang Anda miliki. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kuliah hanya karena salah jurusan. Ingatlah orang tua Anda di rumah yang setiap hari mencari uang untuk membiayai kuliah Anda dan jangan mengecewakan mereka. Jika Anda sudah teranjur salah jurusan, maka tetaplah ikuti perkuliahan dengan baik dan sebisa mungkin Anda memahaminya.