Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Persiapan Penting Sebelum Mudik ke Kampung Halaman

Mudik merupakan salah satu kegiatan yang sudah menjadi tradisi ketika menjelang hari raya idul fitri, biasanya orang perantauan akan pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarganya. Perjalanan mudik memang sangat menyenangkan apalagi jika sudah mempunyai anak, dan pasti tidak akan membuat jenuh di tengah perjalanan. 
 
Nah banyak orang yang belum mengetahui berbagai macam hal yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan mudik, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali merantau dan pertama melakukan mudik. Bagi Anda yang ingin melakukan mudik lebaran sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan mudik Anda terasa nyaman dan selamat sampai tujuan.

Persiapan Sebelum Melakukan Mudik

6 Persiapan Penting Sebelum Mudik ke Kampung Halaman

1. Persiapan Transportasi

Untuk Anda yang merantau jauh khususnya luar pulau maka memilih transportasi menjadi hal yang sangat peting karena itu akan menentukan kenyamanan Anda dalam perjalanan menuju kampung halaman. Jika Anda mempunyai mobil pribadi maka bisa digunakan atau juga bisa rental mobil agar lebih hemat. 
 
Memakai mobil pribadi ketika mudik bisa mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau karena Anda hanya membutuhkan bensin dan juga uang ketika masul tol. Namun jika Anda tidak mempunyai mobil maka harus memakai pesawat atau kereta api, dan itu pasti membutuhkan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu persiapkan dengan baik ketika akan melakukan mudik lebaran agar Anda bisa menikmatinya.

2. Menyiapkan Barang Yang Akan Dibawa

Mudik identik dengan koper dimana hampir semua orang ketika melakukan mudik pasti mereka membawa koper yang isinya barang berharga seperti pakaian, sepatu, dompet, laptop dan masih banyak lagi. Bawalah barang secukupnya saja karena Anda berada di kampung kurang lebih sekitar 2 minggu dan jangan terlalu banyak membawa baju. Selain itu juga jangan membawa barang berat seperti kompor, almari atau yang lainnya. Cukup membawa barang seperti Anda akan melakukan piknik saja.

3. Buat Anggaran Untuk Mudik

Sudah tidak diragukan lagi jika mudik lebaran pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan itu harus dipersiapkan sebelum berangkat. Anggaran yang biasa dikeluarkan ketika mudik yaitu seperti biaya untuk service kendaraan, membeli bahan bakar dan membeli makanan ketika berada di rest area. Dan ketika sudah sampai di kampung pasti Anda harus menyiapkan ampau yang nantinya akan dibagikan kepada saurada terdekat.

4. Bawa Obat-obatan

Mudik jarak jauh memang sangat melelahkan, dan itu harus membutuhkan tenaga yang ekstra bahkan tubuh harus selalu fit. Namun Anda jangan menyepelekan mudik karena siapa saja bisa sakit waktu di perjalanan. Untuk itu bawalah obat-obatan yang Anda butuhkan agar nantinya bisa mengatasi ketika tiba-tiba di perjalanan merasa tidak enak badan. Jika Anda membawa anak kecil maka bisa membawa antangin atau obat sejenisnya.

5. Oleh-oleh Untuk Keluarga

Orang tua pasti tidak mengharapkan Anda untuk membawa oleh-oleh dari kota, dan yang mereka harapkan dari Anda hanya pulang dalam keadaan selamat. Namun Anda juga harus membelikan oleh-oleh seperti nastar atau makanan yang lainnya agar keluarga merasa senang. Anda bisa membeli kue khas lebaran yang banyak diminati banyak orang.

6. Menentukan Tempat Wisata

Berkumpul dengan keluarga menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para pemudik, dan Anda harus meluangkan waktu untuk pergi ke tempat wisata bersama keluarga untuk menghilangkan stres dan bisa membuat keluarga bahagia. Sebelum berangkat mudik Anda bisa menentukan tempat wisata mana yang akan dikunjungi. 
 
Jangan sia-siakan momen saat melakukan mudik lebaran dan gunakan waktu Anda di kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga terutama orang tua, karena orang tua pasti akan sangat rindu dengan kedatangan Anda. Tetaplah berhati-hati di perjalanan dan berhentilah sejenak ketika sudah mulai lelah. Semoga Anda semua selamat sampai tujuan dan bisa bertemu dengan keluarga.