Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Penyebab Orang Selalu Merasa Kesepian Dalam Kehidupannya

Tanpa disadari, banyak orang yang selama hidupnya selalu merasa kesepian atau setiap harinya seperti diisolasi dan tidak bisa menemukan hal lain di luar. Kesepian merupakan keadaan dimana seseorang berada pada tekanan atau kekurangan dalam beradaptasi, maka dari itu orang yang selalu merasa kesepian biasanya mempunyai sifat introvert atau pendiam. Jaman sekarang justru banyak sekali anak muda yang merasa kesepian berada di tempat kos walaupun di sekitarnya ada orang banyak. Hal tersebut yang menjadikan perbincangan mengapa orang tersebut bisa kesepian dalam suatu keadaan tertentu. 
 
Jika Anda sering merasa kesepian maka harus selalu diwaspadai karena setiap orang mempunyai titik jenuh tersendiri dan jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan dampak negatif. Jika Anda ingin mengetahui apa sih penyebab dari kesepian tersebut. Berikut ini ada beberapa penyebab mengapa Anda sering merasa kesepian dalam menjalani kehidupan.

Penyebab Selalu Merasa Kesepian

7 Penyebab Orang Selalu Merasa Kesepian Dalam Kehidupannya

1. Terlalu Introvert

Introvert merupakan salah satu sifat seseorang dimana mereka tidak mau bersosialisasi dengan orang sekitar, bahkan cenderung tertutup dalam segala hal. Mereka yang introvert biasanya memiliki teman yang sedikit bahkan dengan orang satu kos saja ada yang tidak kenal. Jika teman baiknya masih pergi maka orang tersebut akan merasa kesepian karena tidak ada lagi teman lain yang dikenal, karena tidak pernah melakukan pendekatan.

2. Terlalu Banyak Bermain Media Sosial

Setiap orang memang harus mengikuti perkembangan jaman salah satunya yaitu dengan menggunakan media sosial sebagai platfom untuk bediskusi atau membagikan sebuah berita yang bermanfaat. Namun jika Anda terlalu lama dalam bermain medsos bahkan digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat, maka itu akan membuat Anda menjadi ketergantungan dan tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sehari saja Anda tidak menggunakan media sosial pasti hidupnya akan merasa ada yang kurang dan tidak bisa melalukan kegiatan lain selain bermain medsos.

3. Tidak Mempunyai Kesibukan

Diantara sekian banyaknya orang pasti ada juga yang kerjaannya hanya tiduran atau bermalas-malasan saja di rumah. Bahkan tidak mempunyai pekerjaan tetap dan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain atau nongkrong. Jika Anda di posisi tersebut pasti ketika tidak ada teman yang mengajak bermain, pasti akan merasa kesepian karena tidak ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan. Nah apabila Anda mempunyai pekerjaan atau kesibukan lain, maka hidup Anda akan digunakan untuk bekerja dan tidak akan pernah kesepian.

4. Masih Jomblo

Yang masih dialami oleh kebanyakan remaja jaman sekarang yaitu jomblo. Bagaimana tidak kesepian, jika setiap harinya tidak ada yang memberikan semangat atau membantu mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan lainnya. Jika Anda masih jomblo pasti sering merasa kesepian, bahkan saat memegang Hp pun tidak tau mau ngapain karena tidak ada teman chat yang spesial. Hampir semua remaja yang jomblo ketika pekerjaan sudah selesai pasti merasa sangat kesepian.

5. Lingkungan Yang Sepi

Ketika Anda sudah menjadi mahasiswa maka mau tidak mau harus merantau dan usahakan mencari kontrakan atau kos yang sekiranya tempatnya ramai, agar nantinya Anda bisa bergabung dengan orang banyak dan tidak merasa kesepian di dalam kos. Jika Anda memilih tempat yang sepi maka lama kelamaan pasti akan merasa jenuh dan tidak betah karena jarang bertukar pikiran dengan orang lain.

6. Tidak Punya Saudara Kandung

Penyebab ini banyak dirasakan oleh anak tunggal atau tidak mempunyai adik/kakak. Jika Anda menjadi anak tunggal maka ketika pulang ke rumah dan orang tua lagi pergi, pasti akan merasa kesepian karena tidak mempunyai teman ngobrol atau teman bercanda. Jika Anda mempunyai adik atau kakak, pasti ketika sedang stres menghadapi tugas kuliah ada orang yang selalu menghibur.

7. Jarang Keluar Rumah

Penyebab kesepian yang terakhir yaitu Anda jarang keluar rumah, dan akhirnya yang Anda rasakan yaitu kurangnya berkomunikasi dengan orang lain. Usahakan ketika sudah selesai dengan pekerjaanya, maka sesekali meluangkan waktu untuk keluar menikmati keindahan alam, atau bahkan Anda bisa berjalan keliling komplek untuk menghilangkan stres. Apabila Anda tidak pernah keluar rumah, pasti akan bosan dengan keadaan sekitar dan hal tersebut yang menyebakan Anda selalu merasa kesepian.
 
Kesepian bisa datang kapan saja, dan itu semua tergantung dari Anda dalam menyikapi segala hal. Usahakan menjadi pribadi yang humble atau mudah dalam bergaul agar bisa mempunyai banyak teman dan hari-hari Anda terasa berwarna. Selain itu usahakan untuk tinggal di lingkungan yang cocok dengan perilaku dan sikap Anda, agar nantinya bisa lebih mudah dalam menyesuaikan diri.