Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Manfaat Menjadi Pengurus OSIS Yang Jarang Diketahui

Bagi Anda yang sekarang masih menginjak bangku sekolah pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS merupakan salah satu organisasi yang dibentuk dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa agar menjadi pribadi yang lebih unggul dan memiliki wawasan yang luas. Menjadi pengurus OSIS tidaklah mudah, karena tentu Anda akan dituntut untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar semuanya bisa seimbang antara organisasi dan belajar. 
 
Namun itu semua bisa dijalankan dengan baik apabila saat mengikuti organisasi memiliki teman yang asik dan saling mendukung. Banyak orang yang tidak ingin mengikuti OSIS karena mereka mengira nantinya prestasi di sekolah akan semakin menurun dan tidak bisa masuk perguruan tinggi favorit. Pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar, karena dengan mengikuti OSIS justru akan mendapatkan berbagai macam manfaat yang tidak didapatkan di dalam kelas. Berikut manfaat yang akan dirasakan jika menjadi pengurus OSIS.

Manfaat Menjadi Pengurus OSIS

7 Manfaat Menjadi Pengurus OSIS Yang Jarang Diketahui

1. Menambah Pengalaman

Nah manfaat pertama yaitu Anda akan mendapatkan banyak pengalaman karena yang terlibat di dalam organisasi tidak hanya teman seangkatan saja, tetapi juga ada kakak kelas yang bisa membagikan beberapa tips yang nantinya bisa dijadikan sebagai pengalaman berharga. Selain itu Anda juga bisa berkesempatan untuk bertemu dengan pengurus OSIS dari sekolah lain melalui berbagai macam kegiatan. Dari situlah pengalaman Anda akan semakin bertambah.

2. Lebih Dikenal

Setiap menjadi pengurus OSIS pasti akan dikenal oleh banyak orang terutama guru, karena hampir semua kegiatan di sekolah melibatkan guru. Selain itu pengurus OSIS sering berbicara di depan umum untuk menyampaikan aspirasinya dan tentu itu akan memberikan nilai plus di mata siswa yang lain. Hampir semua siswa di sekolah pasti mengenal siapa saja orang yang terlibat dalam pengurus OSIS.

3. Belajar Mengatur Waktu

Manajemen waktu yang baik harus selalu diterapkan oleh semua orang dan itu bisa Anda bentuk melalui organisasi dimana saat mengikuti organisasi Anda harus memutar otak bagaimana caranya agar bisa menyeimbangi antara sekolah dan ikut organisasi. Biasanya anak OSIS setelah pulang sekolah mereka berkumpul terlebih dahulu dan membahas kegiatan yang akan dilakukan kedepan contohnya mengadakan even, bakti sosial atau kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat.

4. Melatih Kemampuan Berbicara

Apabila Anda selama ini masih mempunyai rasa malu ketika berbicara di depan umum atau cara berbicara Anda masih belepotan, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti OSIS karena dengan mengikuti OSIS Anda akan dituntut untuk selalu berbicara di depan orang banyak dan itu akan sangat membantu melatih public speaking Anda. Biasanya orang yang sudah terbiasa berorganisasi pasti cara berbicaranya akan lancar dan bahasanya pun mudah dipahami.

5. Melatih Kerjasama Tim

Nah ini yang paling penting dalam mengikuti organisasi yaitu kerjasama tim, karena sebuah organsasi tidak akan bisa berjalan dengan lancar jika tidak ada kekompakan atau kerjasama antar anggota. Maka dari itu dengan menjadi pengurus OSIS Anda akan dilatih untuk selalu bekerjasama dengan semua orang untuk memecahkan sebuah permasalahan. Manfaat ini nantinya bisa Anda terapkan di dunia kerja, karena jaman sekarang hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan yang mampu bekerjasama dalam tim.

6. Menjadi Siswa Yang Kreatif dan Inovatif

Berkumpul dengan siswa dari berbagai jurusan bisa membuat Anda mendapatkan banyak pengetahuan dari mereka, dan disitulah jiwa kreatif akan muncul. Ketika waktu luang maka Anda bisa berbincang-bincang dengan teman yang berbeda jurusan dan bisa membicarakan suatu hal. Contohnya anak IPA tidak ada salahnya bergabung dengan anak IPS. Biasanya jika anak IPA dan IPS sedang berkumpul maka mereka sering menciptakan ide-ide baru yang nantinya bisa dikembangkan di masyarakat dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

7. Menambah Pengetahuan Yang Luas

Di dalam OSIS Anda tidak hanya bertemu dengan siswa di sekolah saja, tetapi juga akan bertemu dengan alumni yang sudah sukses di dunia perkuliahan atau di dunia kerja. Nah dari situlah pengetahuan Anda akan semakin bertambah, karena pasti mereka akan sharing-sharing tentang bagimana kehidupan menjadi mahasiswa dan memberikan tips masuk perguruan tinggi favorit. Nah jadi setelah lulus dari SMA Anda sudah mempunyai pandangan ketika ingin lanjut ke perguruan tinggi.
 
Bergabung di OSIS memang menjadi suatu keharusan karena itu akan bermanfaat untuk Anda di masa depan terutama di saat menempuh bangku perkuliahan. Pengalaman tidak bisa datang dengan sendirinya, dan itu semua harus dicari dengan cara menjadi pengurus OSIS. Siswa yang cerdas pasti akan berlomba-lomba untuk mengikuti OSIS walaupun di sana akan ada banyak kegiatan yang menguras tenaga sekaligus waktu, tetapi dibalik itu semua pasti ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.