Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Manfaat Menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu Selama di Perkuliahan

Sebagai seorang mahasiswa pasti sudah terbiasa mendengar istilah mahasiswa kupu-kupu atau biasa disebut dengan kuliah pulang kuliah pulang. Istilah tersebut sering dijuluki kepada mahasiswa yang hanya fokus pada kuliah saja dan mereka tidak mempedulikan organisasi yang ada di kampus ataupun tidak mengikuti UKM. Nah banyak orang yang menganggap bahwa jika menjadi mahasiswa kupu-kupu cenderung tidak akan pernah lulus maksimal, karena mereka tidak pernah bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya. 
 
Tetapi bisa jadi mahasiswa kupu-kupu bisa lebih produktif dibandingkan dengan mahasiswa lainnya yang sok menjadi aktivis di kampus, dan ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika menjadi mahasiswa kupu-kupu. Berikut manfaat menjadi mahasiswa kupu-kupu yang harus diperhatikan.

Manfaat Menjadi Mahasiswa Kupu-kupu

6 Manfaat Menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu Selama di Perkuliahan

1. Punya Banyak Waktu

Apabila memutuskan untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu maka Anda akan mendapatkan banyak waktu luang yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, contohnya berbisnis, mengembangkan potensi diri atau juga bisa digunakan untuk kerja part time. Berbeda dengan mahasiswa aktivis dimana mereka menghabiskan waktunya hanya untuk berorganisasi di kampus dan waktu untuk mengembangkan diri menjadi berkurang dan setelah lulus biasanya akan merasa bingung ketika belum mendapat pekerjaan karena semasa kuliah tidak melakukan kerja ataupun berbisnis. Jadi ketika menjadi mahasiswa kupu-kupu Anda sudah selangkah lebih berpengalaman di dunia bisnis atau dunia kerja dibandingakan dengan teman Anda yang menjadi aktivis.

2. Tidak Terkait Apapun

Setiap mengikuti organisasi di kampus pasti akan ada banyak sekali kegiatan contohnya rapat atau mengadakan even-even tertentu yang membuat mahasiswa tersebut harus selalu memegang tanggungjawabnya. Nah ketika Anda menjadi mahasiswa kupu-kupu maka tidak ada tanggungan sedikitpun tentang kampus ataupun organisasi, dan bisa lebih bebas berfikir untuk kedepannya.

3. Pikiran Lebih Fresh Saat Kuliah

Keuntungan selanjutnya menjadi mahasiswa kupu-kupu yaitu pikiran bisa menjadi lebih fresh ketika mendalami materi di perkuliahan, karena mereka tidak mempunyai beban pikiran dalam organisasi dan hanya fokus pada kuliah saja, jadi biasanya IPK yang dihasilkan akan lebih maksimal. Nah apabila Anda menjadi mahasiswa aktivis maka ketika masuk kelas pasti akan merasa lelah dan tidak mood mengikuti pembelajaran karena otak sudah digunakan untuk berfikir tentang kegiatan di luar kelas.

4. Memperluas Networking Dengan Orang Luar Kampus

Tidak mengikuti organisasi bukan berarti Anda tidak bisa memperluas networking, justru Anda akan mempunyai banyak kenalan di luar kampus dan bisa mengembangkan potensi Anda di sana. Menjalin networking di kampus saja tentu tidak akan maksimal karena pengalaman yang didapat hanya itu-itu saja dan biasanya tidak akan pernah berkembang jika tidak diimbangi dengan networking dengan orang luar kampus. Di luar kampus Anda bisa bersilaturahmi ke rumah orang yang sekiranya sudah sukses dan Anda bisa meminta saran kepada mereka.

5. Bisa Membantu Orang Tua

Membantu orang tua merupakan sebuah kewajiban semua anak, terutama bagi Anda yang sekarang menjadi mahasiswa kupu-kupu di kampus. Anda bisa mempunyai waktu luang untuk membantu orang tua berjualan atau membantu mengembangkan bisnis lainnya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pelajaran yang berharga dari orang tua dan nantinya bisa Anda terapkan di dunia kerja.

6. Leluasa Mengembangkan Hobi

Apabila Anda memiliki hobi, lebih baik dikembangkan saat menjadi mahasiswa karena jika hobi Anda sudah berkembang maka kedepannya bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Contohnya yaitu Anda hobi dalam menulis artikel, maka bisa membuat sebuah website dan disitulah Anda bisa mengembangkan tulisan menjadi lebih baik lagi. Nah itu hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa kupu-kupu saja karena mereka memiliki waktu luang yang cukup banyak untuk berfikir mengembangkan artikelnya. Maka dari itu ketika Anda memutuskan untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu maka waktu untuk berfikir mengembangkan hobi akan lebih banyak daripada mereka yang ikut organisasi dan waktunya habis digunakan untuk berfikir tentang hal lain.
 
Menjadi mahasiswa kupu-kupu tidak perlu minder, yang terpenting Anda tetap fokus mengejar impian agar kedepannya bisa membahagiakan orang tua. Tetapi jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu yang di kos hanya tiduran atau bahkan bermain game saja, karena itu juga tidak akan baik untuk masa depan. Jadilah mahasiswa kupu-kupu yang setiap harinya selalu produktif melakukan berbagai macam kegiatan agar bisa lebih produktif daripada mahasiswa yang lain.