Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Manfaat Mengkonsumsi Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan tanaman ini kaya akan vitamin dan antioksidan. Banyak orang yang mengkonsumsi jahe untuk beberapa keperluan salah satunya yaitu untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe maka tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Sekarang sudah banyak orang yang bisa sembuh dari penyakit hanya dengan mengkonsumsi jahe. Bagi Anda yang masih penasaran dengan manfaatnya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang beberapa manfaat jika sering mengkonsumsi jahe untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

7 Manfaat Mengkonsumsi Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Obat Rematik

Hampir semua orang yang sedang mengalami rematik pasti mereka pergi ke dokter dan minta obat untuk menyembuhkan penyakit rematik. Namun sebelum ke dokter alangkah baiknya Anda memanfaatkan bahan alami seperti jahe. Dari dulu sampai sekarang jahe sudah terbukti bisa mengobati rematik atau nyeri sendi. Caranya Anda bisa membakar jahe secukupnya dan tumbuk sampai halus, setelah itu letakkan tumbukan yang masih panas tadi di area yang mengalami nyeri sendi. Jika dilakukan secara rutin pasti sedikit demi sedikit nyeri sendi akan hilang.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biasanya ada orang yang langsung mengalami penyakit atau gangguan pada tubuh jika suhu di daerahnya berganti-ganti. Contohnya Anda tinggal di Jakarta lalu memutuskan untuk pegi ke tempat wisata yang suhunya dingin seperti Dieng, pasti tubuh akan merasa kaget dengan suhuh di sekitarnya. Nah agar badan Anda tidak mengalami permasalahan maka hal yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengkonsumsi jahe. Selain untuk daya tahan tubuh, jahe juga bisa untuk menghangatkan tubuh terutama pada musim hujan. Biasanya yang sering mengkonsumsi jare yaitu lansia.

3. Batuk Kering

Ternyata jahe juga mengandung senyawa aktif yang bersifat antiradang, Maka dari itu tanaman jenis ini sangat cocok untuk mengobati batuk kering. Cara mengolahnya yaitu dengan cara Anda merebus jahe secukupnya di dalam gelas dan setelah mendidih lalu minum jahe tersebut. Usahakan jika ingin batuk kering cepat sembuh Anda mengkonsumsinya paling tidak 2 hari sekali agar mendapatkan hail yang mamksimal.

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Dengan rajin mengkonsumsi jahe maka hormon testosteron akan semakin meningkat dan bisa meningkatkan kesuburan pria. Bagi Anda yang sekarang masih mengalami permasalahan pada alat reproduksi, alangkah baiknya minum jahe minimal 3 hari sekali.

5. Menghilangkan Mual

Bagi Anda yang sering merasa mual terutama ketika melakukan perjalanan jauh, maka bisa mempersiapkan jahe sebagai media pengobatan. Setelah minum jahe biasanya tenggorokan akan terasa lega dan perut tidak kembung. Namun jika ingin lebih baik maka minum jahe sebelum berangkat perjalanan jauh agar nantinya ketika sudah di dalam mobil bisa lebih tenang.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pasti dari sekian banyaknya makanan yang Anda komsumsi mengandung zat yang bisa membahayakan tubuh. Biasanya orang tersebut akan mengalami sembelit, perut kembung dan naiknya asam lambung. Maka dari itu konsumsilah jahe secara teratur agar semua racun di dalam tubuh bisa cepat hilang dan sistem pencernaan semakin lancar.

7. Mencegah Kanker

Kanker bisa menyerang bagian tubuh mana saja, dan semua orang bisa terkena kanker karena salah dalam pola makan atau permasalahan lainnya. Untuk para wanita, jahe sangat penting untuk mencegah kanker terutama kanker rahim. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa jahe bisa menghambat pertumbuhan kanker rahim pada wanita. Maka dari itu sekarang banyak sekali wanita yang mengkonsumsi jahe karena sudah mengetahui manfaatnya. 
 
Jadi mulai sekarang Anda sudah tidak usah ragu lagi mengkonsumsi jahe karena beragam manfaat ada di dalamnya. Lebih baik mengobati penyakit dengan bahan alami karena tidak ada efek samping. Jika Anda mempunyai waktu luang maka bisa menanam tanaman jahe di belakang rumah, untuk jaga-jaga jika suatu saat Anda membutuhkan pengobatan.