Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Manfaat Melakukan Kebugaran Jasmani Untuk Kesehatan Tubuh

Kebugaran jasmani merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh semua orang karena sangat baik untuk kesehatan. Hampir semua orang yang memiliki tubuh yang sehat, pasti mereka setiap harinya melakukan kebugaran jasmani. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kebugaran jasmani contohnya yaitu dengan olahraga yang bisa Anda lakukan seperti lari, bermain futsal atau bahkan bermain bulu tangkis. 
 
Semua aktivitas kebugaran jasmani sangat bermanfaat bagi tubuh manusia terutama pada fisik dan mental. Namun masih banyak diantara kalian yang belum sepenuhnya mengetahui manfaat dari kebugaran jasmani, bahkan saat melakukan kegiatan kebugaran tidak dilakukan dengan maksimal. Nah untuk itu agar aktivitas kebugaran jasmani Anda tetap terjaga dengan baik, maka mulai dari sekarang cobalah untuk memperhatikan beberapa manfaat melakukan kebugaran jasmani secara teratur.

Manfaat Kebugaran Jasmani

5 Manfaat Melakukan Kebugaran Jasmani Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menyehatkan Kulit

Ketika melakukan kebugaran jasmani pasti Anda akan mengeluarkan keringat, dan dari cairan keringat tersebutlah yang akan berfungsi untuk menyehatkan kulit dan membuat kulit menjadi lebh cerah. Kebanyakan orang jika kulitnya sudah mulai mengerut maka biasanya mereka akan datang ke dokter untuk melakukan perawatan. Namun cara tersebut kurang efektif karena pasti Anda akan mengkonsumsi suplemen dimana suplemen tersebut memiliki efek samping dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang justru akan merusak kulit. Maka dari itu jika kulit ingin tetap sehat dan tidak cepat mengerut maka cukup melakukan kebugaran jasmani.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi Anda yang sekarang nafsu makannya berkurang karena sedang mengalami berbagai permasalahan, maka cobalah untuk meluangkan waktu untuk melakukan kebugaran jasmani siapa tahu setelah melakukannya secara rutin nafsu makan Anda akan kembali normal. Biasanya orang yang sering berolahraga maka porsi makannya akan lebih banyak dibandingkan dengan orang yang jarang melakukan kebugaran jasmani.

3. Mengontrol Berat Badan

Kebugaran jasmani bisa mencegah kenaikan berat badan dan bisa mengontrol berat badan. Bagi Anda yang sekarang merasa terlalu gemuk maka bisa melakukan kebugaran jasmani di rumah. Contoh aktivitas kebugaran jasmani yang biasa dilakukan yaitu site up, push up, suttle run dan masih banyak lagi. Selain itu dengan melakukan kebugaran jasmani maka tubuh Anda akan menjadi lebih ideal dan lebih mudah mengalami pertumbuhan.

4. Baik Untuk Kesehatan Mental

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi kebugaran jasmani juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang. Jika Anda sering mengalami stres atau gangguan mental, maka lakukanlah olahraga ringan yang sekiranya bisa meghilangkan stres seperti renang, lari atau olahraga lainnya. Selain itu olahraga bisa meningkatkan sensitivitas otak yang terdapat dua hormon yaitu serotonin dan norepinefrin, dimana hormon tersebut sangat berkaitan dengan otak dan dapat mengatur rasa cemas dan stres.

5. Memperkuat Otot dan Tulang

Aktivitas kebugaran jasmani yang bisa memperkuat otot dan tulang yaitu site up, push up, pull up, lari dan renang. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut minimal 3 hari sekali agar tubuh tidak terlalu tegang saat melakukan olahraga. Lakukanlah secara teratur agar otot bisa lebih cepat terlatih. Jika Anda sudah melakukannya kurang lebih sekitar 1 bulan maka otot dan tulang akan semakin kuat. Itulah alasan mengapa kebanyakan pelatih olahraga mengharuskan anak buahnya untuk selalu melakukan kebugaran jasmani. Selain itu juga akan meminimlisir terjadinya cidera saat melakukan olahraga berat. 
 
Itulah manfaat kebugaran jasmani yang akan Anda rasakan. Banyak aktivitas kebugaran jasmani yang bisa dilakukan setiap hari dan Anda bisa melakukannya sesuakan dengan kemampaun, jangan sampai Anda baru pemula melakukan kebugaran jasmani dengan level yang sudah tinggi. Lakukanlah mulai dari dasar terlebih dahulu untuk melatih otot dan tulang agar lebih terbiasa dalam melakukan olahraga.