Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Manfaat Luar Biasa Olahraga Yoga Bagi Tubuh Wanita

Bagi para wanita mempunyai tubuh yang ideal menjadi salah satu impiannya, dan banyak cara yang mereka lakukan salah satunya yaitu olahraga yoga. Biasanya wanita akan rutin melakukan yoga seminggu sekali dengan tujuan untuk kesehatan dan juga untuk membentuk postur tubuh yang ideal. Olahraga yoga tidak perlu mengeluarkan keringat banyak, karena hanya mengandalkan pernafasan dan kelenturan otot saja. Manfaat yang didapat sangat banyak sekali, berikut manfaat yang akan diperoleh jika sudah terbiasa melakukan olahraga yoga.

Manfaat Olahraga Yoga

7 Manfaat Luar Biasa Olahraga Yoga Bagi Tubuh Wanita

1. Membuat Awet Muda

Manfaat pertama dari olahraga yoga yaitu bisa membuat awet muda, karena sudah terbukti gerakan yoga bisa mencegah penuaan asalkan dijalankan dengan benar dan secara konsisten. Wanita jaman sekarang kebanyakan wajahnya sudah mulai terlihat tua karena tidak pernah melakukan yoga ataupun olahraga lainnya. Penuaan bisa terjadi kepada siapa saja yang tidak pernah melakukan olahraga.

2. Mengurangi Nyeri Sendi

Dengan malakukan yoga secara teratur maka lama-kelamaan nyeri sendi akan hilang dengan sendirinya. Hampir semua wanita yang mengalami nyeri sendi bisa cepat sembuh dengan olahraga yoga. Jika Anda pernah mengalami patah tulang atau gangguan sendi lainnya, maka bisa segera pergi ke tempat yoga untuk melakukan pelatihan agar sendi bisa normal kembali.

3. Melatih Otot

Untuk para wanita yang sering melakukan tari balet maka akan membutuhkan otot yang lentur dan salah satu caranya yaitu dengan melakukan olahraga yoga. Biasanya orang yang rutin yoga maka akan mengurangi terjadinya cedera ketika melakukan olahraga lainnya seperti lari atau tari balet.

4. Memperlancar Peredaran Darah

Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, maka disarankan untuk melakukan yoga setiap hari minimal 45 menit, karena dengan melakukan yoga maka peredaran darah akan semakin lancar dan bisa menjadikan tubuh lebih fresh. Selain itu juga bisa mengurangi stres berlebihan akibat terlalu banyak memikirkan pekerjaan. Setelah olahraga yoga pasti tubuh akan lebih rileks dan bersemangat untuk melakukan kegiatan lainnya.

5. Perut Makin Langsing

Siapa sih yang nggak pengen mempunyai perut langsing? Hampir semua wanita menginginkan perut langsing karena bisa membuat bentuk tubuhnya menjadi lebih ramping dan tidak terlalu gemuk. Lemak tubuh akan hilang 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan yoga, tetapi melakukan diet biasa. Untuk itu jika Anda ingin menjadikan perut langsing dengan cepat, maka sangat disarankan untuk olahraga yoga.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Setiap orang pasti membutuhkan yang namanya konsentrasi baik itu di dalam pekerjaan maupun di dalam pembelajaran. Nah konsentrasi bisa dilatih dengan rutin melakukan olahraga yoga, karena semua kegiatan yoga membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu lalukanlah setiap gerakan yoga sebaik mungkin agar bisa memperbaiki konsentrasi Anda dalam berfikir.

7. Mengurangi Stres

Semua kegiatan olahraga bisa mengurangi stres salah satunya yaitu yoga, karena dalam yoga pasti ada gerakan yang membutuhkan pikiran rileks dan juga ketenangan. Untuk mengurangi stres berlebihan setidaknya melakukan yoga selama kurang lebih 1 jam setiap harinya.
 
Kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat diperlukan untuk para wanita, karena setelah berkeluarga pasti pekerjaan mereka akan semakin bertambah dan itu semua memerlukan tenaga yang ekstra. Maka dari itu lakukanlah olahraga yoga minimal seminggu sekali agar kesehatan dan postur tubuh selalu terjaga dengan baik. Sekarang sudah banyak wanita usia 40 sampai 50 tahun masih melakukan yoga demi kesehatan tubuhnya.