Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Manfaat Kerjasama Tim Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Kerjasama tim menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan terutama yang membutuhkan tenaga dan pikiran yang kuat. Dengan kerjasama tim maka semua pekerjaan pasti bisa diselesaikan dengan baik dan juga bisa tepat waktu. Namun masih banyak orang yang tidak menyukai kerjasama, dan mereka lebih suka bekerja secara individu karena sudah percaya dengan kemampuannya sendiri. 
 
Bekerja secara individu akan menyebabkan diri Anda tidak bisa berkembang dan tidak mempunyai wawasan yang luas, untuk itu dibutuhkan yang namanya kerjasama. Nah manfaat dari kerjasama tim sangat banyak, berikut ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan apabila selalu bekerjasama apabila menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Manfaat Kerjasama Tim

8 Manfaat Kerjasama Tim Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

1. Meringankan Beban Kerja

Manfaat pertama dari bekerjasama yaitu akan meringankan beban kerja, dari yang tadinya tugas atau pekerjaan diselesaikan dengan sendiri sangat berat, namun setelah bekerjasama dengan tim atau kelompok akan lebih ringan. Itulah mengapa saat kuliah, dosen sering memberikan tugas besar dan disuruh untuk berkelompok, agar mahasiswa tidak keberatan dalam menyelesaikan tugasnya.

2. Saling Support

Bertukar pikiran dengan banyak orang membuat Anda menjadi lebih memahami apa itu dukungan, terlebih jika pekerjaan tersebut terdapat dedline. Dukungan dari anggota kelompok menjadi penyemangat bagi mereka yang ingin melakukan presentasi atau menyerahkan hasil dari pekerjaannya. Apabila ada salah satu anggota kelompok yang merasa kesulitan, maka anggota yang lain akan membantu dan memberikan support. Berbeda dengan menyelesaikan pekerjaan secara individu, pasti akan terasa hampa karena tidak ada orang yang mensupport.

3. Muncul Ide-ide Baru

Apabila Anda melakukan kerjasama dengan rekan kerja atau rekan kuliah maka setiap anggota akan memiliki gagasan atau ide yang berbeda-beda, nah dari situlah Anda akan menemukan berbagai macam ide yang akan bermanfaat jika dikembangkan kedepannya. Selain itu juga ada yang menyampaikan aspirasinya dan memunculkan ide baru yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Kerjasama tim menjadi hal yang paling berpengaruh bagi orang yang introvert, karena dengan bekerjasama menyelesaikan permasalahan maka akan banyak mengeluarkan kata-kata. Apabila rekan Anda banyak berbicara maka mau tidak mau Anda harus mengikuti mereka, karena jika Anda tetap diam pasti akan malu dihadapan orang banyak. Biasanya orang yang suka dengan kerjasama maka komunikasinya akan lebih baik dibandingkan dengan orang yang individual.

5. Menghilangkan Kejenuhan

Terbiasa melakukan kerjasama pasti Anda tidak akan pernah jenuh karena pasti banyak orang yang membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun jika Anda menyelesaikan pekerjaan dengan sendiri pasti lama-kelamaan akan merasa jenuh dan merasa kesepian. Hidup tanpa orang lain memang akan membuat Anda menjadi orang yang kurang informasi dan juga bisa membuat Anda lebih sering terkena penyakit.

6. Mempererat Pertemanan

Dengan bekerjasama maka pertemanan Anda dengan orang lain akan semakin erat, karena setiap hari Anda akan berkumpul terus terlebih jika tugas atau pekerjaan yang diberikan sangat berat pasti akan mencari solusi bersama. Dari yang tadinya Anda tidak akrab dengan orang lain, maka setelah melakukan kerjasama akan semakin akrab bahkan bisa menjadi teman dekat.

7. Mensukseskan Organisasi

Semua organisasi akan berjalan dengan baik jika semua anggotanya bisa diajak kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan, karena jika ada satu saja anggota yang bersikap individual maka semuanya akan terhambat dan tidak akan pernah maju. Maka dari itu kerjasama bisa menentukan kesuksesan dalam berorganisasi. Apabila Anda menjadi ketua organisasi, maka latihkan bawahan Anda untuk selalu akrab dengan orang lain dan bisa melakukan kerjasama dengan baik.

8. Bisa Membuat Bahagia

Ada orang yang mengatakan bahwa dengan melakukan kerjasama dengan baik maka akan timbul kebahagiaan. Bayangkan saja Anda berkumpul dengan 100 orang, pasti dari semua orang tersebut akan mengeluarkan canda tawanya sendiri-sendiri dan bisa membuat orang lain bahagia. Apabila ada kesulitan biasanya diselingi dengan guyonan agar suasana tidak sepi. 
 
Itulah 8 manfaat bekerjasama tim dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, usahakan jika ingin pekerjaan Anda selesai dengan maksimal maka carilah tim yang bisa memberikan motivasi dan semangat. Selain itu kerjasama tim juga akan menentukan apakah Anda akan diterima bekerja di sebuah perusahaan atau tidak, maka dari itu mulailah untuk selalu bekerjasama dari sekarang agar lebih terbiasa untuk berbaur dengan orang lain.