Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Kegiatan Yang Harus Dilakukan Untuk Memperingati Hari Guru Nasional

Guru merupakan tenaga pendidik yang biasa disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa, karena mereka rela mengorbankan waktu dan tenaganya hanya untuk berbagi ilmu dengan orang lain. Bahkan mereka juga masih mau mengajar di sekolah walaupun gaji yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang sudah dilakukan. Menjadi guru harus memiliki kemampuan di berbagai macam bidang karena tugasnya yaitu mendidik dan mengajar siswa agar menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa dan negara. Maka dari itu Anda harus selalu menghargai perjuangan seorang guru dalam mendidik Anda di sekolah dan jangan sampai membuat guru menjadi kecewa, karena jika tidak ada guru maka tidak ada juga insinyur, pilot, dokter atau profesi besar lainnya. 
 
Nah setiap tahun pada tanggal 25 November pasti selalu diperingati sebagai hari guru nasional, yang bertujuan untuk mengingatkan kepada semua murid harus selalu menghormati guru. Selain mengajar di kelas, guru juga sudah menjadi orang tua Anda yang kedua setelah ayah dan ibu. Maka dari itu ketika hari guru sudah tiba maka lakukanlah beberapa hal berikut ini sebagai wujud rasa terimakasih sudah mau mendidik siswa dengan rasa sabar.

Kegiatan Saat Hari Guru Nasional?

4 Kegiatan Yang Harus Dilakukan Untuk Memperingati Hari Guru Nasional

1. Upacara

Hampir semua sekolah setiap tahunnya pasti mengadakan upacara saat hari guru, dan biasanya semua murid akan disuruh untuk menyanyikan lagu yang biasa dinyanyikan untuk menghargai jasa seorang guru, contohnya lagu terimakasih guruku, dan hymne guru. Lagu tersebut sangat menyentuh dimana isi dari lagu tersebut terdapat makna yang sangat mendalam dan menceritakan tentang perjuangan seorang guru dalam mendidik muridnya. Maka dari itu usahakan ketika upacara sedang berlangsung, Anda ikuti dengan benar dan jangan sampai bergurau dengan teman yang lain.

2. Memberikan Ucapan Singkat

Nah dalam memberikan ucapan cukup diwakili oleh salah satu murid saja dan biasanya ini dilakukan oleh ketua OSIS. Jika Anda menjadi ketua OSIS, maka bisa membuat ucapan singkat di kertas yang nantinya akan dibacakan di depan semua guru di sekolah. Ucapan tidak perlu dengan bahasa yang bertele-tele, cukup dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengandung maka yang sangat mendalam. Selain itu Anda dan teman-teman juga bisa memberikan sebuah bunga untuk guru tersayang, dan bunga tersebut nantinya bisa digunakan untuk kenang-kenangan.

3. Mengadakan Lomba

Anda bisa mengusulkan agar diadakannya lomba yang bisa diikuti oleh semua guru dan murid. Mengapa mengadakan lomba? Karena nantinya agar guru dan murid bisa lebih akrab dan bisa membangun kerjasama yang baik. Selain itu juga Anda bisa lebih dekat dengan guru baik itu yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Anda bisa menyusun semua acara dengan teman di dalam organisasi seperti OSIS atau yang lainnya.

4. Memberikan Kejutan

Nah ini biasanya dilakukann kepada guru wali kelas dimana  guru wali kelas sangat mengerti semua kegiatan yang dilakukan oleh muridnya. Anda bisa berdiskusi dengan teman sekelas untuk membuat rencana agar pada saat guru masuk ke dalam kelas beliau merasa terkejut dengan apa yang dilakukan Anda dan temaN-teman. 
 
Nah itulah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat hari guru nasional. Tidak masalah menjadi murid yang bandel di sekolah, asalkan Anda harus tetap menghargai jasa seorang guru yang telah berjuang untuk mendidik semua murid dengan baik. Jangan pernah melupakan guru, karena dengan bantuan guru Anda bisa meraih apa yang Anda cita-citakan. Tetaplah menjadi murid yang berbakti kepada guru, karena jika Anda berbakti maka semua ilmu yang disampaikan bisa diterima dengan baik.