Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Sekolah

Masa sekolah memang menjadi masa yang sangat menyenangkan karena belum terlalu memikirkan beban hidup, dan yang dilakukan hanya belajar di kelas setelah itu pulang ke rumah. Nah bagi Anda yang sekarang sudah SMA seharusnya sudah berfikir untuk masa depan, dan jangan sampai masa sekolah Anda digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat. 
 
Biasanya penyesalan pelajar setelah lulus sekolah yaitu tidak memanfaatkan waktu dengan baik dan hanya membuang waktu untuk bermain yang tidak jelas. Agar waktu Anda bisa lebih bermanfaat, maka coba lakukan kegiatan berikut ini setelah pulang sekolah siapa tahu Anda bisa mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut.

Kegiatan Setelah Pulang Sekolah

5 Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Sekolah

1. Rapat Organisasi

Bagi Anda yang menjadi aktivis di sekolah pasti sering mengikuti berbagai macam kegiatan salah satunya yaitu kegiatan OSIS. Mengikuti organisasi waktu sekolah menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat karena nantinya ilmu dan pengalaman yang didapat bisa diterapkan di dunia perkuliahan. Di dalam organisasi Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang tidak didapat di dalam kelas. Maka dari itu Anda harus seimbang antara organisasi dan kegiatan pembelajaran agar nanti setelah lulus tidak menyesal.

2. Ikut Ekstrakurikuler

Setiap sekolah pasti mempunyai ekstrakurikuler yang berbeda-beda dan Anda bisa mengikutinya sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki. Contoh ekstrakurikuler yang sering diadakan di sekolah yaitu futsal, tari, musik, basket, pencak silat dan masih banyak lagi. Jika di luar sekolah Anda pasti akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mengikuti kegiatan tersebut. Maka dari itu manfaatkan kegiatan ekstrakurikuler sebaik mungkin agar nantinya Anda setelah lulus mempunyai skill di bidang yang Anda tekuni.

3. Belajar Kelompok

Belajar kelompok merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh semua siswa terutama kelas 12, karena mereka akan menghadapi ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi, sehingga harus mempelajari semua materi dengan teman agar bisa lebih memahami. Belajar kelompok justru akan lebih mudah memahami materi dibandingkan dengan belajar di kelas. Anda bisa belajar kelompok dan membahas materi yang belum dipahami dan disitulah Anda akan mendapatkan banyak cerita dari teman Anda dan bisa dijadikan sebagai pengalaman berharga.

4. Mengikuti Bimbel

Bagi Anda yang ingin menguasai materi pelajaran lebih dalam bisa mengikuti bimbingan belajar yang diadakan oleh guru atau bahkan di tempat khusus les privat. Dengan mengikuti bimbel, Anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan teman Anda yang tidak mengikuti bimbel. Biasanya siswa mengikuti bimbel ketika sudah mepet UN. Tidak hanya ilmu saja yang didapat, tetapi Anda juga akan mendapat teman baru dari berbagai macam sekolah.

5. Membantu Orang Tua

Apabila semua kegiatan Anda sudah diselesaikan dengan baik, alangkah baiknya membantu orang tua jika mereka sedang kesusahan mengerjakan pekerjaan rumah. Biasanya setelah pulang sekolah orang tua sedang sibuk mempersiapkan masakan untuk makan malam, dan Anda bisa membantunya. Orang tua pasti akan bangga mempunyai anak seperti Anda yang senang membantu selagi mereka membutuhkan bantuan. 
 
Melakukan kegiatan yang bermanfaat setelah pulang sekolah memang akan membawa Anda menjadi orang yang positif kedepannya. Walaupun masih menjadi siswa, tidak ada salahnya Anda berfikir untuk masa depan dan bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Apabila saat sekolah Anda sudah mempunyai kebiasaan yang baik, maka nantinya ketika kuliah pasti juga akan baik.