Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Kebiasaan Yang Membuat Otak Menjadi Lemot Dalam Berfikir

Mayoritas orang pasti menginginkan otak yang cerdas dan bisa mendapatkan informasi dengan mudah, terutama bagi mahasiswa yang pasti membutuhkan berbagi macam informasi agar setelah lulus nanti tidak bingung menghadapi kehidupan nyata. Namun kenyataannya masih banyak orang yang belum bisa menangkap informasi dengan jelas atau bahkan cenderung lemot dalam berfikir. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan sehari-hari yang kurang baik. 
 
Otak manusia akan berfungsi dengan baik jika kebiasaan yang dilakukan juga baik, tetapi jika setiap harinya melakukan kebiasaan buruk maka lama-kelamaan kinerja otak akan menurun dan sulit untuk menerima suatu informasi dengan cepat. Terus apa yang menyebabkan otak menjadi lemot? Nah perhatikan beberapa kebiasaan berikut ini yang harus Anda hindari karena bisa membuat otak menjadi lemot dalam berfikir.

Mengapa Otak Menjadi Lemot Dalam Berfikir?

7 Kebiasaan Yang Membuat Otak Menjadi Lemot Dalam Berfikir

1. Jarang Berkomunikasi

Berkomunikasi dengan orang lain menjadi salah satu hal terpenting dalam hidup karena jika Anda sering berbicara dan aktif maka otomatis otak akan selalu berfikir untuk mengungkapkan sesuatu. Jadi antara mulut dan otak terdapat hubungan yang sangat erat, apabila salah satunya tidak digunakan dengan baik maka akan terjadi gangguan seperti sulit untuk berfikir atau lemot dalam menangkap informasi. Maka dari itu agar otak Anda tetap berfungsi dengan baik maka sering-seringlah berbicara dengan teman. Selain untuk melatih otak, terbiasa berkomunikasi juga akan menghilangkan stress.

2. Malas Berolahraga

Malas menggerakkan anggota tubuh menjadi salah satu pemicu mengapa otak bisa lemot dalam berfikir, karena jika tidak pernah olahraga maka anggota badan akan pasif dan menyebabkan penurunan daya ingat pada otak. Semakin sering tidak berolahraga, maka kinerja otak akan semakin kecil dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

3. Kurang Melatih Otak

Ternyata kecerdasan otak atau daya ingat otak bisa dilatih dengan berbagai macam cara, contohnya bermain catur, rubrik atau juga bisa memainkan alat musik. Nah jika Anda mempunyai alat tersebut maka sebaiknya gunakan setiap hari untuk melatih kecerdasan otak dalam berfikir. Kebanyakan orang yang jago dalam bermain catur, rubrik dan alat musik mereka memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan bisa mengalahkan orang di luar sana yang tidak pernah melakukan latihan otak.

4. Kecanduan Smartphone

Smartphone merupakan barang elektronik yang tidak bisa lepas dari tangan manusia karena hampir setiap hari pasti mereka membutuhkan smartphone untuk melakukan kegiatan contohnya untuk bekerja ataupun belajar. Jika tidak ada smartphone maka semua orang tidak akan bisa mengikuti perkembangan jaman. Tetapi jika dalam penggunaan smartphone terlalu berlebihan maka akan menimbulkan bahaya terutama pada otak. Biasanya orang yang sudah kecanduan smartphone akan malas untuk berfikir terutama pelajar yang menggantungkan google sebagai tempat untuk mencari jawaban, bahkan ada juga yang bermain game online sampai lupa waktu.

5. Terlalu Lama Menonton TV

Menonton TV merupakan salah satu solusi ketika stres menghadapi pekerjaan atau tugas kuliah yang terlalu banyak, dengan nonton TV maka akan mendapatkan banyak sekali hiburan. Tetapi apabila terlalu lama di depan TV maka akan mengganggu kesehatan tubuh, seperti mata dan juga tulang punggung. Selain itu juga bisa membuat otak kurang maksimal dalam berfikir dan sulit untuk mencerna informasi.

6. Sering Begadang

Begadang menjadi kegiatan anak muda terlebih jika liburan telah tiba, karena biasanya mereka begadang menghabiskan waktunya untuk bekumpul dengan teman-temannya sampai lupa waktu. Nah jika hal tersebut terus-menerus dilakukan maka lama-kelamaan kinerja otak akan menurun dan biasanya saat pagi atau siang harinya mereka akan lupa dengan semua informasi yang sudah didapat. Selain itu juga kurang nyambung jika diajak berbicara.

7. Sering Melewatkan Sarapan

Untuk para pelajar dan mahasiswa, sarapan menjadi hal terpenting sebelum melakukan aktivitas pembelajaran. Usahakan setiap hari sarapan terlebih dahulu agar saat di sekolah bisa berfikir tenang dan bisa menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Namun jika tidak pernah sarapan maka perut akan kosong dan otomatis sulit untuk berfikir terlebih jika diberikan tugas yang sangat sulit, pasti tidak akan bisa mengerjakan karena kurangnya asupan nutrisi pada otak.
 
Agar otak Anda bisa mencerna informasi dengan baik dan bisa semakin cerdas, maka hindari kesalahan di atas. Semua kegiatan yang Anda lakukan pasti akan berpengaruh terhadap kinerja otak. Selain itu Anda harus menghindari yang namanya merokok atau mengkonsumsi alkohol, selain berbahaya bagi tubuh juga akan menurunkan kinerja otak secara drastis. Mumpung masih muda usahakan untuk selalu hidup sehat dan jangan terpengaruh dengan omongan orang lain.