Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Ketika Menjadi Anak Kos

Saat menjadi anak kos pasti kehidupan semua orang menjadi sangat bebas karena sudah jauh dari orang tua dan pastinya tidak ada yang mengatur. Jika Anda menjadi anak kos bukan berarti dengan kebebasan tersebut membuat Anda menjadi pribadi yang tidak beraturan, tetapi jadikan kebebasan tersebut sebagai latihan agar kedepannya bisa hidup lebih mandiri dan teratur lagi. 
 
Namun biasanya anak kos sering melakukan kebiasaan yang akan berdampak buruk bagi diri sendiri. Nah disini saya sebagai anak kos akan membagikan beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh Anda yang mulai sekarang sudah resmi menjadi anak kos agar menjadi orang yang lebih baik lagi.

Kebiasaan Buruk Anak Kos

6 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Ketika Menjadi Anak Kos

1. Bangun Siang

Bangun siang sering sekali dilakukan oleh anak kos karena sudah bebas dan tidak ada lagi orang yang memarahinya ketika bangun siang. Memang saat bangun jam 8 atau jam 9 pasti tidur terasa puas, namun kebiasaan tersebut tidak baik untuk kedepannya, dan akan menjadikan Anda sebagai orang yang pemalas terlebih jika kebiasaan bangun siang Anda lakukan terus-menerus pasti ketika mengikuti perkuliahan akan sangat malas. Selain itu bangun siang juga akan mempengaruhi kesehatan Anda, contohnya penyakit asma, badan pega-pegal, pusing dan masih banyak lagi.

2. Terlalu Boros

Tinggal di perantauan tidak seharusnya Anda menghambur-hamburkan uang untuk membeli barang yang tidak berguna, karena itu akan membuat keuangan Anda semakin menipis dan jika uang sudah habis maka akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah sebisa mungkin sebagai anak kos Anda berusaha untuk menabung sedikit demi sedikit untuk persiapan di masa depan. Dan belilah barang yang sekiranya berguna di awal bulan agar keuangan cukup untuk kebutuhan sebulan kedepan.

3. Bermalas-malasan

Kebiasaan hidup malas memang sering dilakukan oleh anak muda terutama di hari libur. Biasanya mereka akan menggunakan waktunya hanya untuk rebahan atau bahkan hanya nonton film saja. Jika hal tersebut terus dilakukan maka kehidupan Anda tidak akan pernah maju dan pasti akan menyesal ketika sudah tua nanti. Gunakanlah waktu luang untuk mengembangkan hobi atau melakukan hal bermanfaat lainnya agar waktunya tidak terbuang sia-sia.

4. Terlalu Sering Bermain

Mempunyai banyak teman di tanah rantau tentunya akan membuat Anda menjadi senang bahkan bisa menambah relasi dan koneksi. Namun jangan sampai Anda terlena dengan teman yang setiap hari mengajak Anda bermain bahkan sampai lupa waktu. Tidak ada salahnya Anda bermain dengan teman tetapi harus mempunyai batasan waktu dan jangan terlalu sering.

5. Jarang Mandi

Nah hampir semua anak kos pasti pernah melakukan kebiasaan ini, entah karena malas atau terlalu sibuk membuat mereka sering melupakan mandi bahkan di hari libur pun mandi hanya 1 kali. Kebiasaan tersebut harus Anda hindari karena nanti akan terbiasa sampai tua dan membuat Anda menjadi tidak peduli dengan kebersihan diri sendiri. Mandilah secara teratur yaitu minimal 2 kali sehari agar tubuh menjadi sehat dan bersih.

6. Berhutang di Warung

Terbatasnya uang saku membuat anak kos saat akhir bulan pasti sering membeli barang di warung dengan cara berhutang. Keseringan berhutang membuat Anda menjadi tidak memikirkan beban dan justru akan merugikan diri sendiri. Jika Anda sudah tidak mempunyai uang, maka jangan terlalu sering berhutang. 
 
Itulah 6 kesalahan yang harus dihindari ketika menjadi anak kos, karena jika Anda sudah berhasil menghindari semua kesalahan tersebut pasti akan menjadi anak kos yang lebih bijak lagi. Banggakan kedua orang tua dengan cara menjadi anak rantau yang baik dan jangan melakukan kesalahan yang membuat mereka kecewa.