Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Kebiasaan Buruk Ketika Masih SMA Yang Harus Segera Ditinggalkan

Ketika masih SMA pasti Anda sering melakukan berbagai macam kebiasaan dimana jika kebiasaan tersebut terus dilakukan maka akan berdampak negatif pada diri Anda bahkan masa depan Anda pun akan bermasalah. Anak SMA pada umumnya belum mempunyai tujuan yang jelas setelah lulus nanti dan belum bisa mengndalikan dirinya sendiri, akhirnya semua kegiatan buruk bisa mereka lakukan demi untuk kepuasan diri. 
 
Namun setelah masuk ke perguruan tinggi, maka pola pikir Anda dituntut untuk selalu berfikir positif dan harus bisa meninggalkan kebiasaan buruk sewaktu masih SMA. Jika Anda masih membawa kebiasaan buruk ke bangku perkuliahan, maka itu akan mempengaruhi masa depan Anda bahkan membuat hidup Anda menjadi tidak bisa berkembang. Agar Anda tidak salah langkah, berikut ini ada beberapa kebiasaan buruk ketika masih SMA yang harus ditinggalkan demi masa depan Anda.

Kebiasaan Buruk Ketika Masih SMA

6 Kebiasaan Buruk Ketika Masih SMA Yang Harus Segera Ditinggalkan

1. Suka Bolos

Saat masih sekolah, pasti Anda pernah mengalami bosan ketika mengikuti pembelajaran dan akhirnya memutuskan untuk membolos pada hari tersebut bahkan sampai beberapa hari. Namun setelah masuk perkuliahan, jangan sampai Anda bolos karena jika Anda masih melakukan kebiasaan buruk tersebut maka kuliah Anda akan mengalami masalah terutama di bagian absensi. Bahkan jika sering membolos Anda bisa saja mengulang mata kuliah di tahun depan.

2. Selalu Berharap Pada Teman

Kebiasaan buruk selanjutnya yaitu terlalu mengharapkan teman terutama saat mengerjakan tugas atau bahkan saat ujian. Tetapi di perkuliahan Anda akan menghadapi teman yang sangat berbeda dengan teman SMA, dimana mereka lebih mementingkan kepentingan diri sendiri. Jika Anda tidak berusaha sendiri dalam mempelajari materi maka di semester tersebut Anda akan merasa kesulitan bahkan tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Berharap kepada teman boleh boleh saja, tetapi jangan terlalu sering karena itu akan menimbulkan kebiasaan buruk.

3. Meremehkan Pelajaran

Kebanyakan siswa pasti akan meremehkan mata pelajaran sekolah karena terlalu sulit atau memang siswa tersebut yang malas. Jika Anda dulu saat SMA masih meremehkan mata pelajaran, maka mulai dari sekarang usahakan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut dan ketika sudah mulai kuliah maka harus menerapkan kebaisaan baru yang positif. Pelajaran di perkuliahan akan sangat bermanfaat untuk masa depan Anda karena dosen memberikan materi pasti tidak jauh berbeda dengan dunia kerja. Dan Anda jangan sampai meremehkan pelajaran di perkuliahan.

4. Terlalu Boros

Biasanya pemikiran anak SMA belum terlalu dewasa dan belum memikirkan tentang keuangan. Yang sering terjadi yaitu mereka menghabiskan uangnya ketika masih sekolah karena masih meminta uang orang tua dan belum bisa merasakan sulitnya mencari uang sendiri. Buanglah kebiasaan tersebut setelah lulus dari SMA, dan terapkan pola hidup hemat agar keuangan Anda tetap terjaga. Jika memungkinkan maka usahakan untuk berinvestasi agar bisa menikmati hasilnya di usia tua.

5. Terlalu Mengejar Cinta

Setiap orang pasti mempunyai rasa mencintai terhadap lawan jenis, terutama di usia 17 sampai 19 tahun karena di usia tersebut masih dalam proses pendewasaan. Jika masih SMA Anda terlalu sibuk dengan yang namanya cinta, maka jangan sampai kebiasaan tersebut dibawa ke bangku perkuliahan karena jika sewaktu kuliah Anda masih mementingkan cinta, maka kuliah Anda pasti akan terganggu. Prioritaskan kuliah terlebih dahulu, masalah cinta bisa dibicarakan di akhir jika semua impian Anda sudah tercapai.

6. Menghabiskan Waktu Terlalu Banyak di Depan Gadget

Semakin berkembangnya teknologi maka akan semakin banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Namun banyak anak SMA yang terlalu asik bermain gadget sampai lupa dengan tugas utamanya yaitu belajar. Jika waktu Anda digunakan hanya untuk bermain gadget maka akan menyesal di kemudian hari karena waktu tidak bisa diputar kembali. Usahakan untuk selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan jangan sampai menyia-nyiakan waktu. 
 
Itulah beberapa kebiasaan buruk saat masih SMA yang harus Anda tinggalkan, dan jika Anda bisa meninggalkan kebiasaan tersebut pasti kehidupan Anda saat di perkuliahan bisa berjalan dengan baik. Jadilah anak muda yang selalu berfikir dewasa dan tinggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.