Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Hal Yang Wajib Dilakukan di Hari Lingkungan Hidup Indonesia

Lingkungan merupakan salah satu tempat kesatuan semua benda, keadaan, daya, makhluk hidup termasuk manusia yang semuanya bisa mempengaruhi kesejahteraan manusia dan makhluk hidup yang lain. Di Indonesia sendiri hari lingkungan hidup ditetapkan pada tanggal 10 Januari dan seharusnya semua masyarakat berkontribusi untuk menjaga lingkungannya agar semakin hijau dan terhindar dari berbagai macam permasalahan. 
 
Apabila lingkungan tetap terjaga dengan baik, maka kehidupan makhluk hidup di dalamnya juga akan berkembang dengan baik. Kebersihan lingkungan tergantung dari siapa penghuninya dan bagaimana mereka memperlakukan lingkungan tersebut. Nah disini saya akan memberikan beberapa kegiatan wajib yang harus dilakukan saat hari lingkungan hidup.

Kegiatan Saat Hari Lingkungan Hidup

4 Hal Yang Wajib Dilakukan di Hari Lingkungan Hidup Indonesia

1. Menghemat Penggunaan Air

Air merupakan salah satu sumber yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, karena jika tidak ada air pasti orang akan kesulitan dalam melakukan berbagai macam kegiatan seperti mencuci baju, masak air, mandi, mengairi sawah dan sebagainya. Nah mulai sekarang biasakanlah untuk selalu menghemat air agar ketika terdapat suatu permasalahan tidak terlalu bingung untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan air secukupnya dan matikan kran jika sudah selesai digunakan.

2. Kurangi Konsumsi Air Kemasan

Jika Anda setiap hari sering melakukan perjalanan jauh pasti sering merasa haus dan biasanya membeli minuman kemasan yang dijual di pasaran. Jika tubuh kekurangan air maka akan terasa lemas dan tidak bisa melakukan apapun. Namun yang harus selalu diingat yaitu jika Anda terlalu sering membeli air kemasan maka secara otomatis botol dari minuman tersebut dibuang sembarangan dan itu akan menimbulkan sampah. Lebih baik Anda membawa botol yang bisa digunakan untuk beberapa kali pemakaian agar lebih hemat dan ramah lingkungan.

3. Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Penghijauan

Jika Anda tinggal di pedesaan maka akan ada banyak sekali lahan kosong yang tidak digunakan. Agar lahan tersebut tidak nganggur, maka manfaatkan untuk melakukan penghijauan agar lebih terlihat hijau dan akan berdampak positif bagi lingkungan. Anda bisa menanam tanaman yang nantinya bisa diambil hasilnya contohnya menanam sayuran atau bahkan buah-buahan. Jangan sampai lahan tidak digunakan sama sekali, karena itu akan membuat lingkungan menjadi gersang dan panas. Selain itu dengan menanam tanaman juga nantinya udara yang dihasilkan akan selalu bersih.

4. Biasakan Buang Sampah Pada Tempatnya

Dari kecil memang sudah diajarkan bahwa ketika ingin membuang sampah harus pada tempatnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan contohnya banjir. Penyebab dari banjir yaitu karena kecerobohan orang lain dalam membuang sampah dan biasanya mereka membuang sampah di sungai atau selokan. Nah mulai sekarang sebisa mungkin Anda membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, dan lebih baik pisahkan sampah organik dan non organik. 
 
Sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas harusnya sudah tahu bagaimana memperlakukan lingkungan dengan baik dan jangan sampai membiarkan lingkungan tercemar. Usahakan mulai dari sekarang selalu hidup sehat dengan membuat lingkungan menjadi lebih asri dan nyaman dipandang. Jangan sampai lupakan hari lingkungan hidup Indonesia, karena itu dibentuk untuk mengingatkan bahwa kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup.