Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Dilakukan Mahasiswa di Semester Awal Perkuliahan

Setelah lulus dari SMA dan sudah mulai masuk ke perkuliahan maka akan merasa senang karena suasana sekolah dengan kampus pasti berbeda dan pastinya akan mendapatkan teman baru di kampus. Namun hal terberat yang dihadapi mahasiswa baru yaitu sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar terlebih jika mendapat teman yang berbeda daerah. Jika Anda masih menjadi maba maka jangan sampai melakukan hal yang tidak baik terlebih jika di kota orang karena karakteristik orang tiap daerah berbeda-beda dan tentunya Anda harus bisa menyesuaikan agar mudah diterima di lingkungan mereka. 
 
Selain itu di kampus Anda juga harus bisa memperbaiki diri dari yang tadinya pemikirannya masih seperti anak SMA, tetapi ketika masuk kampus harus sudah dewasa dan berfikir kedepan, karena kuliah akan menentukan masa depan Anda. Banyak sekali maba yang masih bingung mau melakukan apa saja di semester awal karena belum pernah mengalami keadaan tersebut. Nah agar kuliah Anda bisa berjalan dengan lancar maka lakukan hal berikut ini dengan baik.

Semester Awal Masuk Perkuliahan

5 Hal Yang Harus Dilakukan Mahasiswa di Semester Awal Perkuliahan

1. Bergabung Dengan Organisasi dan Komunitas

Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh ketika mengikuti organisasi ataupun komunitas, baik di kampus maupun di luar kampus. Dengan berorganisasi maka Anda akan mendapatkan relasi dan memperluas networking yang nantinya bisa sangat berguna di dunia kerja. Saat mengikuti organisasi di kampus, di sana tidak hanya orang dari satu daerah saja tetapi dari seluruh daerah bahkan ada yang dari luar pulau. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai pengalaman Anda di awal perkuliahan karena bisa berkenalan dengan banyak orang.

2. Kenalan Dengan Senior

Dekat dengan senior menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga yang harus Anda lakukan, karena jika Anda mempunyai banyak sekali kenalan senior maka akan mendapatkan ilmu dari kampus dan bisa Anda terapkan selagi masih menjadi maba. Anda bisa berkenalan dengan senior dengan berbagai macam cara, contohnya mengikuti UKM, BEM atau bahkan sudah dari awal satu kos dengan senior. Ilmu dan pengalaman yang Anda dapatkan dari senior bisa diterapkan nanti saat sudah semester tua.

3. Rajin Masuk Kelas

Saat kuliah tidak ada lagi orang yang memaksa Anda untuk selalu masuk kelas karena sifat dosen dan teman-teman sudah tidak lagi sama denga teman SMA. Mereka sibuk memikirkan hidupnya sendiri dan tidak mungkin menyuruh-nyuruh Anda untuk selalu masuk kelas. Jika Anda rajin masuk maka Anda akan medapatkan materi dari dosen dan bisa dipalajari dengan baik. Namun jika terlalu sering membolos maka nilai kehadiran akan semakin berkurang, dan apabila kurang dari 70% biasanya tidak bisa mengikuti UTS atau UAS. Hal tersebut bisa merugikan Anda sendiri dan akan berdampak pada IPK di akhir semester.

4. Jalan-jalan

Menjadi mahasiswa rantau tidak hanya pergi ke kampus dan pulang ke kos saja, tetapi Anda juga harus memahami wisata dan budaya yang ada di daerah tersebut. Setiap seminggu sekali atau satu bulan sekali Anda bisa menjelajahi berbagai macam wisata dan kuliner di kota tempat Anda merantau agar bisa menikmati suasana di luar kampus. Selain itu juga bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh dan tidak terlalu stres memikirkan perkuliahan. Tetapi jangan terlalu sering jalan-jalan karena nanti akan membuat Anda terlalu nyman dengan aktivitas tersebut dan melupakan kewajiban utamanya yaitu kuliah.

5. Mencari Peluang Bisnis

Menjadi mahasiswa baru tidak ada salahnya memikirkan sebuah bisnis, karena itu akan sangat baik untuk kehidupan Anda kedepannya bahkan berpeluang besar untuk masa depan. Anda bisa mencari bisnis yang cocok untuk mahasiswa, contohnya dropshipper, makelar, blogger atau bahkan menjadi reseller. Selain menambah uang, dengan berbisnis Anda juga bisa mendapatkan pengalaman berharga yang belum tentu teman lain mendapatkannya.  
 
Jalani tahun pertama kuliah dengan sebaik-baiknya, dan jangan sampai hanya bermalas-malasan di kosan saja, kareana itu akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Usahakan setiap hari selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat dan sebisa mungkin diri Anda berbeda dengan mahasiswa yang lain. Melatih soft skill harus selalu dilakukan dan itu akan sangat bermanfaat ketika Anda sudah lulus kuliah dan ingin melamar pekerjaan.