Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Bisa Diterima di SMA Favorit

Bisa bersekolah di SMA unggulan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri karena mereka sudah mengalahkan banyak siswa yang bersaing saat masuk ke SMA tersebut. Biasanya setiap kota terdapat SMA favorit dimana sekolah tersebut banyak diincar oleh banyak siswa yang baru lulus dari SMP. Jika Anda menginginkan untuk sekolah di tempat yang bagus maka mulai dari sekarang harus sudah mempersiapkan diri agar nantinya ketika proses seleksi bisa lebih percaya diri dengan kemampuan yang sudah diperjuangkan. Banyak keuntungan yang bisa.
 
Anda rasakan jika sekolah di SMA favorit seperti fasilitas yang sangat memadai, guru-guru yang professional dan tentunya sudah berstatus PNS, muridnya yang rajin, dan nantinya setelah lulus bisa lebih mudah mendaftar ke perguruan tinggi melalui berbagai macam jalur. Sekolah menjadi hal yang sangat penting ketika proses seleksi SNMPTN, karena jika sekolah Anda sudah negeri dan favorit di daerahnya maka akan lebih mudah lolos dibandingkan dengan sekolah swasta. Nah pasti Anda sudah penasaran apa saja sih yang harus dilakukan agar bisa lolos seleksi masuk ke sekolah favorit.

Persiapan Agar Lolos Masuk SMA Favorit

5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Bisa Diterima di SMA Favorit

1. Mengikuti Bimbingan Belajar

Dari awal kelas 7 SMP Anda harus sudah menentukan sekolah mana yang akan Anda pilih kedepannya sebagai tempat untuk menuntut ilmu, dan belajarlah lebih keras dibandingkan dengan teman yang lainnya. Anda bisa mengikuti les privat agar bisa lebih memahami materi dan bisa mengerjakan soal-soal yang lebih sulit. Dalam proses seleksi masuk SMA pasti yang dilihat yaitu nilai UN, maka dari itu usahakan untuk mengikuti les privat materi yang akan diujikan di ujian nasional. Biasanya nem minimal masuk sekolah favorit yaitu 35. Usahakan Anda mendapatkan nem diatas 35 agar nantinya saat proses seleksi bisa lebih aman.

2. Mengikuti OSIS

Tidak hanya belajar di kelas saja, tetapi Anda harus selalu aktif mengikuti organisasi di sekolah seperti OSIS, karena dengan mengikuti organisasi maka pengetahuan Anda tentang dunia luar akan semakin bertambah. Di dalam organisasi Anda bisa sharing-sharing dengan kakak kelas yang sudah berhasil masuk ke SMA favorit. Selain itu biasanya setiap tahun sekolah akan memanggil alumni untuk membantu anak kelas 9 yang ingin melanjutkan ke SMA.

3. Rajin Mengikuti Try Out Online

Jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan berkembang sangat pesat. Maka dari itu Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari internet dengan sangat mudah terutama yang berkaitan dengan pembelajaran. Sekarang sudah banyak situs yang menyediakan forum pembelajaran atau bahkan try out online secara gratis. Nah dari situlah Anda bisa mengembangkan kemampuan Anda dalam mengerjakan soal. Semakin sering Anda mengikuti try out, maka akan semakin terbiasa dengan pola soal yang akan dikerjakan.

4. Memilih Jurusan Sesuai Dengan Kemampuan

Menentukan jurusan saat masuk SMA menjadi hal yang paling penting, karena jika Anda salah jurusan maka tidak akan mampu mengikuti pembelajaran dengan baik walaupun sekolah Anda favorit. Agar Anda bisa menentukan jurusan IPA, IPS atau bahasa maka lihatlah nilai di rapot Anda, mata pelajaran mana yang lebih unggul. Selain itu juga bisa disesuaikan dengan minat dan bakat yang Anda miliki. Apabila Anda suka dengan hitung-hitungan dan analisis maka bisa masuk ke jurusan IPS. Tetapi jika Anda lebih unggul dalam hal logika atau sosial maka bisa masuk jurusan IPS.

5. Diskusi Dengan Guru BK

Setiap sekolah pasti terdapat layanan konsultasi dengan guru BK atau bimbingan konseling. Tugas guru BK yaitu memantau siswa dan siap untuk membantu semua siswa ketika membutuhkan bantuan terutama ketika ingin masuk ke SMA. Anda bisa berkonsultasi dengan guru BK tentang kemampuan atau jurusan yang harus Anda pilih kedepannya. Dengan melakukan konsultasi maka pikiran Anda akan semakin terbuka dalam menentukan arah masa depan. Pasti semua guru BK di sekolah akan membantu muridnya sampai mendapatkan sekolah favorit.
 
Sekolah favorit memang tidak menjamin Anda untuk mencapai kesuksesan, namun setidaknya Anda bisa berkumpul dengan orang-orang yang serius dalam belajar dan bisa membuat Anda menjadi siswa yang lebih baik lagi. Selain itu jangan sampai asal dalam menentukan sekolah, karena jika Anda salah masuk sekolah maka akan mempengaruhi mental dan prestasi Anda.