Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Duduk di Kelas 12

Menjadi siswa tingkat akhir justru ada banyak hal yang harus Anda pikirkan, karena itu semua akan menentukan bagaimana kehidupan Anda setelah lulus, mulai dari mengikuti tes ujian nasional sampai tes masuk perguruan tinggi. Selain itu juga tanggungjawab Anda akan semakin bertambah, karena setelah lulus Anda harus membawa nama baik almamater. Untuk itu gunakanlah waktu kelas 12 sebaik mungkin agar nantinya tidak menyesal setelah lulus. Namun masih banyak siswa yang tidak tahu mau ngapain ketika sudah memasuki kelas 12. Berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan apabila sudah masuk kelas 12.

Hal Penting Siswa Kelas 12

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Duduk di Kelas 12

1. Kurangi Hura-hura

Biasanya anak SMA ketika pulang sekolah pasti seringnya nongkrong atau bahkan bermain sana sini dengan teman dan itu justru akan membuat waktu Anda menjadi sia-sia. Saya juga pernah setelah pulang sekolah bermain sama teman gak jelas, nongkrong di warung atau bahkan membeli barang yang tidak berguna, dan akhirnya setelah lulus saya menyesal atas semua yang telah saya lakukan. Untuk itu bagi Anda yang sekarang baru saja menginjak kelas 12 jangan pernah hura-hura agar nantinya tidak menyesal setelah lulus.

2. Mulai Memikirkan Tujuan Setelah Lulus

Sebagai anak kelas 12 tentunya harus sudah tahu apa yang harus Anda lakukan setelah lulus nanti, apakah ingin melanjutkan kuliah, mendaftar sekolah kedinasan atau bahkan langsung bekerja. Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah sebaiknya belajarlah dari awal karena saingan masuk perguruan tinggi sangatlah banyak. Namun jika Anda ingin melanjutkan sekolah kedinasan maka gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk berolahraga agar nantinya sudah siap ketika mengikuti seleksi. Dan apabila setelah lulus memutuskan untuk bekerja, maka tentukanlah perusahaan atau PT maka yang Anda masuki.

3. Cicil Materi UNBK, SBMPTN dan Kedinasan

Saat awal masuk kelas 12 Anda harus sudah curi start terlebih dahulu dengan cara mempelajari semua soal-soal ujian nasional dan soal masuk perguruan tinggi. Karena jika Anda belajarnya mepet maka semuanya akan sia-sia, dan hanya sedikit materi yang masuk ke otak. Untuk itu manfaatkan hari minggu untuk belajar. Belajar tidak harus langsung banyak, tetapi sedikit demi sedikit dan dipelajari secara konsisten.

4. Ikut Bimbel

Mempelajari materi sendiri tentu akan lebih sulit, dan pasti membutuhkan bantuan dari orang lain yang sudah ahli di bidang tersebut. Nah Anda bisa mengikuti bimbel baik itu bimbel offline atau online. Dengan mengikuti bimbel otomatis Anda akan diberi tahu cara cepat dan saat mengerjakan tugas akan lebih mudah. Ikutlah bimbel yang sekiranya mata pelajaran yang belum Anda pahami. Bimbingan belajar biasanya dilakukan seminggu 3 kali dan itu dilakukan setelah pulang sekolah.

5. Berdoa

Setelah melakukan semuanya maka sudah saatnya berdoa kepada Allah agar apa yang sudah Anda lakukan bisa bermanfaat untuk kedepannya. Selain itu Anda juga harus meminta doa restu kepada orang tua karena doa orang tua sangat manjur. Tetapi jangan sampai Anda meminta maaf hanya karena ingin mengikuti ujian saja, tetapi kapanpun Anda bisa meminta maaf kepada orang tua apabila melakukan kesalahan.  
 
Banyak siswa yang stres bahkan bunuh diri karena tidak lulus UN dan itu merupakan hal konyol yang pernah dilakukan. Ujian nasional bukan penentu kesuksesan Anda, maka dari itu belajarlah yang wajar dan apabila nilai tidak memuaskan maka tidak usah sedih karena kedepannya akan ada banyak sekali hal yang harus Anda capai, tidak hanya nilai ujian nasional saja. Tetap semangat buat para pejuang UNBK, semoga berhasil dan kedepannya bisa meraih apa yang Anda impikan.