Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Hal Terpenting Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Lulus Kuliah

Tujuan dari kuliah yaitu pasti ingin lulus tepat waktu dan mendapatkan IPK yang tinggi bahkan cumlaude. Bagi Anda yang sekarang sudah menjadi mahasiswa akhir pasti pikirannya sangat campur aduk karena harus segara menyusun skripsi dan bagaimana membangun karir setelah lulus nanti. Jaman sekarang masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui arah setelah lulus mau kemana, karena saat semester awal belum terlalu memikirkan masa depan dan hanya asik dengan kuliahnya sendiri. 
 
Mempersiapkan masa depan merupakan salah satu kewajiban bagi seorang mahasiswa terutama mahasiswa akhir, karena jika masa depan sudah tertata dengan baik maka kedepannya pasti bisa lancar dalam menjalani kehidupan. Nah jangan sampai Anda menyesal setelah lulus kuliah karena belum mempersiapkan semuanya, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum lulus kuliah.

Persiapan Sebelum Lulus Kuliah

9 Hal Terpenting Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Lulus Kuliah

1. Kuasai Teknologi

Seiring berkembangnya jaman pasti teknologi akan semakin canggih bahkan semua pekerjaan pun bisa dilakukan dengan komputer atau laptop. Maka dari itu persiapkan diri Anda mulai dari sekarang untuk selalu mengasah skill tentang teknologi, contohonya tentang bahasa pemrograman, Microsoft office, coding atau aplikasi lainnya yang berhubungan dunia perkuliahan. Jika Anda sudah bisa menguasai teknologi dengan baik maka ketika sudah lulus pasti akan sangat mudah jika ingin memasuki industri mana saja.

2. Perbanyak Pengalaman dan Bangun Relasi

Membangun relasi saat kuliah sangat penting karena nantinya teman yang Anda kenal tersebut bisa membantu Anda ketika sudah lulus dan ingin mendapatkan pekerjaan. Anda bisa mengikuti berbagai macam organisasi atau UKM yang ada di kampus dan usahakan untuk selalu mencari pengalaman dari sana. Hampir setiap kampus pasti tiap tahunnya mengundang alumni yang sudah sukses, dan Anda bisa belajar dari mereka.

3. Rancang Impian Terdekat

Semua orang pasti mempunyai sebuah impian dan pasti ingin cepat tercapai dalam waktu yang dekat. Biasanya setiap mahasiswa yang sudah lulus mempunyai impian, contohnya membeli motor, mobil atau bahkan memberangkatkan orang tua umroh dengan uang sendiri. Nah jika Anda sudah mempunyai impian maka sebisa mungkin berusahalah saat menjadi mahasiswa untuk selalu menabung agar nantinya setelah lulus bisa segera mewujudkan semua impian yang sudah direncanakan.

4. Mencari Info Tentang Industri Kerja

Harapan semua mahasiswa pasti setelah lulus kuliah ingin cepat bekerja di industri yang diinginkan. Maka dari itu mulai sekarang Anda harus sudah mempunyai bayangan mau bekerja di mana setelah lulus nanti. Jika Anda sudah mengetahui industri yang akan dijadikan sebagai tempat bekerja, maka carilah informasi tentang industri tersebut seperti persayaratan masuk, visi, misi sampai ke jenjang karir. Jangan sampai ketika Anda sudah lulus tidak mempunyai bekal apa-apa untuk memasuki dunia kerja.

5. Buat CV Semenarik Mungkin

Membuat CV tidak harus sesudah lulus kuliah, tetapi Anda juga bisa membaut CV di semester akhir untuk mempersiapkan masuk dunia kerja. Hal pertama yang dilihat oleh HRD yaitu sebuah CV dari si pelamar. Untuk itulah Anda harus membuat CV agar menarik perhatian HRD. Tidak perlu mencantumkan pengalaman organisasi banyak di dalam CV, Anda cukup mencantumkan skill dan bebeapa organisasi saja, karena yang terpenting di dalam pekerjaan yaitu skill.

6. Lokasi Tempat Tinggal

Pasti Anda tidak mau kan setelah lulus kuliah pulang kampung dan malah tinggal bersama dengan orang tua, karena akan merasa malu. Jika Anda mempunyai dana maka bisa memilih lokasi tempat tinggal yang sesuai dengan pekerjaan Anda dan jika Anda tetap berada di perantauan maka akan meningkatkan kemandirian dan kedisiplinan Anda. Jadi setelah lulus kuliah jangan langsung pulang ke rumah, namun carilah pengalaman di kota orang.

7. Tabungan Masa Depan

Semakin bertambahnya tahun pasti kebutuhan hidup akan semakin banyak terutama laki-laki yang harus membeli rumah, menikahi seorang wanita, bahkan membahagiakan orang tua. Agar semuanya bisa tercapai maka Anda bisa membangun sebuah bisnis saat menjadi mahasiswa agar bisa mendapatkan uang dan bisa digunakan untuk tabungan masa depan. Berbisnis saat kuliah tidak perlu minder karena selagi itu benar mengapa tidak dilakukan.

8. Susun Rencana Cadangan

Mengapa harus memiliki rencana cadangan? Karena jika suatu saat Anda tidak diterima bekerja di perusahaan maka sudah tidak bingung lagi karena dari awal sudah memiliki rencana cadangan. Anda bisa bekerja freeleance atau bekerja lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk Anda bekerja selain di perusahaan. Dengan menyusun rencana cadangan dengan matang, maka tujuan kedepannya pasti akan lebih jelas.

9. Bangun Mindset Anti Nganggur

Hampir 90% mahasiswa setelah lulus kuliah pasti mengalami fase nganggur dan itu sangat membosankan. Terlalu lama menganggur hanya akan membuat Anda jenuh dan menambah beban orang tua, karena semua orang tua pasti mengharapkan anaknya bisa bekerja setelah lulus kuliah. Agar Anda setelah lulus tidak nganggur maka usahakan untuk bekerja saat masih kuliah agar nantinya bisa dijadikan sebagai kesibukan Anda sambil menunggu panggilan interview dari perusahaan.
 
Jadilah mahasiswa yang bisa berpikir kritis dan bisa merencanakan masa depan dengan baik. Gunakan waktu Anda untuk berfikir kedepan dan jangan sampai menghabiskan waktu saat kuliah hanya untuk bersenang-senang saja. Ketika sudah memutuskan untuk kuliah maka sebisa mungkin Anda harus lebih sukses daripada teman Anda yang tidak kuliah, dan harus lebih dewasa.