Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Kecil Yang Membuat Anda Gagal Saat Seleksi Wawancara Kerja

Setelah lulus kuliah pastinya hal pertama yang diinginkan semua mahasiswa yaitu bisa bekerja di sebuah perusahaan yang mereka impikan. Hampir 80 % mahasiswa mencari lowongan kerja di berbagai macam website, contohnya, jobfair, jobstreet dan masih banyak lagi website penyedia lowongan pekerjaan. Nah ketika sudah menemukan perusahaan yang sesuai pasti Anda disuruh untuk melengkapi persyaratan agar bisa masuk ke perusahaan tersebut. Harapan semua freshgraduate pasti bisa lolos seleksi dengan baik terutama di tahap wawancara, karena tahap ini termasuk yang sangat sulit karena membutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan tidak asal dalam menjawab. 
 
Kebanyakan para pelamar kerja selalu gagal di tahap wawancara karena mereka belum memperhatikan tata caranya dan pasti sebelumnya belum pernah mendaftar kerja jadi belum memiliki pengalaman di tahap wawancara. Namun bagi Anda yang baru lulus kuliah dan masih bingung ketika ingin menghadapi tes wawancara, maka disini saya akan memberikan beberapa hal kecil yang bisa membuat Anda gagal saat wawancara kerja dan harus Anda hindari saat tes wawancara berlangsung.

Penyebab Gagal Tes Wawancara

7 Hal Kecil Yang Membuat Anda Gagal Saat Seleksi Wawancara Kerja

1. Datang Terlambat

Penyebab yang pertama Anda bisa gagal di tes wawancara yaitu datang terlambat ke perusahaan. Bagi Anda yang sudah mempunyai niat untuk mengikuti tes wawancara maka sebaiknya berusahalah untuk selalu datang tepat waktu paling tidak 30 menit sebelum tes wawancara dimulai Anda sudah berada di lokasi, agar nantinya Anda bisa mempersiapkan apa saja yang ingin Anda ucapkan di hadapan HRD. Apabila Anda saat tes wawancara saja sudah terlambat bagaimana HRD bisa mempercayai Anda bekerja di perusahaannya, karena HRD sangat tidak suka dengan orang yang pemalas apalagi masih sering terlambat.

2. Memegang Ponsel Saat Wawancara

Ketergantungan orang terhadap ponsel membuat mereka tidak bisa lepas dan dimanapun berada pasti memegang ponsel dan ada juga yang saat melakukan wawancara mereka juga sambil memegang ponsel. Hal tersebut kurang menunjukkan keseriusan Anda ketika mengikuti tes dan itu sangat tidak pantas dilakukan. Sebaiknya letakkan ponsel di dalam tas atau di dalam saku dan jangan lupa dinonaktifkan agar tidak menggangu saat proses wawancara berlangsung.

3. Melihat Jam Tangan

Aktivitas kecil yang biasa dilakukan oleh semua orang yaitu sering melihat jam tangan. Hal tersebut akan membuat HRD merasa risih terlebih jika Anda melihat jam berulang kali. Agar Anda tidak terganggu karena selalu melihat jam tangan, lebih baik lepas saja jam tangan tersebut, agar saat wawancara bisa berjalan dengan lancar. Selain itu HRD juga merasa tidak dihargai dengan kelakukan Anda yang tidak pantas tersebut.

4. Terlalu Pasif

Saat wawancara berlangsung biasanya freshgraduate sangat singkat memperkenalkan diri dan menjawab pertanyaan dari HRD. Nah hal tersebutlah yang membuat HRD tidak meloloskan Anda dalam tes wawancara. Agar HRD lebih senang, maka Anda bisa lebih detail lagi dalam berbicara dan usahakan jangan menjawab pertanyaan dengan singkat, karena HRD membutuhkan penjelasan yang sangat jelas dari di pelamar.

5. Gugup Menjawab Pertanyaan

Gugup merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh semua pelamar kerja terutama freshgraduate yang sangat minim kemampuan berbicaranya. Menjawab pertanyaan dengan gugup bisa membuat HRD tidak mempercayai Anda sebagai karyawannya. Sebelum melakukan tes wawancara Anda bisa menenangkan diri terlebih dahulu dengan cara menarik nafas berulang kali agar pikiran menjadi rileks dan tidak gugup. Selain itu Anda juga bisa melatihnya jauh-jauh hari sebelum proses wawancara berlangsung.

6. Jawaban Sulit Dipahami

Seorang HRD tidak membutuhkan jawaban yang panjang lebar dari si pelamar karena biasanya pelamar akan berbicara asal bahkan bahsanya sulit dipahami. Yang dibutuhkan HRD yaitu hanya jawaban yang mudah untuk dimengerti. Selain itu gunakan bahasa yang formal agar terkesan menarik dan usahakan jangan memakai kata um, eh atau yang lainnya. Karena dengan ucapan kecil tersebut bisa membuat Anda gagal saat wawancara.

7. Sikap Yang Kurang Sopan

Dimanapun berada, kesopanan menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan terutama ketika mengikuti tes wawancara. Namun banyak pelamar kerja yang bersikap kurang sopan dihadapan HRD. Contohnya tangan gerak-gerak, tengok kanan kiri atau bahkan ada juga yang kakinya diangkat. Jika hal tersebut tetap dilakukan, maka sudah pasti Anda tidak akan lolos wawancara. 
 
Menghadapi tes wawancara sering kali membuat diri menjadi gugup dan grogi walaupun sudah dipersiapkan dengan matang. Oleh karena itu Anda harus bisa mengendalikan diri dengan baik dan usahakan pikiran selalu tenang. Jangan memikirkan hal lain ketika wawancara berlangsung, karena itu hanya akan mengganggu ketika menjawab pertanyaan. Dan jangan sampai Anda berbohong, karena HRD bisa mengetahui apakah Anda sedang berbohong atau tidak. Lebih baik berkata jujur dan apa adanya, karena dimanapun berada orang jujur akan selalu dihargai.