Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Bermanfaat Yang Harus Dicoba Setelah Lulus Kuliah atau Wisuda

Setelah dinyatakan lulus pastinya semua mahasiswa merasa senang karena mereka telah berjuang selama kurang lebih 4 tahun dan berhasil menyelesaikan skripsinya. Perasaan haru pasti dialami ketika wisuda terlebih jika mendapatkan predikat cumlaude dan itu menjadi kebanggaan tersendiri karena dengan mendapatkan itu semua tidaklah mudah dan harus dipersiapkan saat awal masuk kuliah. 
 
Nah pastinya setelah wisuda kegiatan Anda akan semakin berkurang dan sudah tidak memikirkan beban kuliah lagi. Maka dari itu banyak dari mereka yang bingung ingin melakukan kegiatan apa saja setelah wisuda yang digunakan untuk mengisi waktu luang sembari menunggu panggilan interview kerja. Agar waktu setelah wisuda bisa lebih bermanfaat, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini dengan baik.

Yang Harus Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

7 Hal Bermanfaat Yang Harus Dicoba Setelah Lulus Kuliah atau Wisuda

1. Kerja Freelance

Manfaatkan waktu setelah wisuda sebaik mungkin contohnya dengan bekerja freelance agar bisa menambah keuangan Anda dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Anda bisa bekerja menjadi penulis lepas di berbagai macam website yang sudah terkenal, dan di sana Anda akan mendapatkan uang tergantung dari viewer artikel yang Anda publish. Selain mendapatkan uang, Anda juga bisa menambah teman karena biasanya di dalam website besar khusus freelance terdapat komunitas dari berbagai macam daerah.

2. Belajar Bahasa Asing

Terlalu sibuk kuliah membuat Anda tidak ada waktu untuk belajar bahasa asing, nah ketika sudah lulus kuliah bisa menjadi kesempatan Anda untuk memperdalam kemampuan berbahasa asing. Mengapa harus belajar bahasa asing? Karena jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan hampir semuanya menggunakan bahasa asing. Selain itu, nantinya bisa digunakan untuk menambah kemampuan di dalam CV agar lebih dipercaya HRD.

3. Mencari Magang

Magang bisa menjadi pilihan Anda setelah lulus kuliah, karena dengan melakukan magang maka otomatis Anda akan merasakan kerja nyata dan bisa menambah pengalaman. Carilah tempat magang yang sesuai dengan jurusan Anda sewaktu kuliah agar tidak terlalu sulit dalam menjalankan instruksi dari atasan. Selain itu Anda bisa melatih mental ketika mengikuti magang tersebut, dan nantinya jika sudah terjun ke dunia kerja tidak akan kaget.

4. Mulai Gaya Hidup Sehat

Terlalu sering di depan komputer, mengerjakan tugas, atau bahkan begadang saat kuliah akan membuat Anda menjadi pribadi yang kurang sehat. Dan sekarang waktunya untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga. Mulailah olahraga kecil seperti jogging di pagi hari, dan lakukan hal tersebut secara teratur. Manfaat gaya hidup sehat tidak hanya di usia muda saja, tetapi akan berlangsung hingga usia tua nanti dan Anda tidak akan mudah terkena penyakit.

5. Membagikan Ilmu Kepada Semua Orang

Menjadi seorang sarjana pasti sangat bangga karena tidak semua orang bisa menempuh bangku perkuliahan. Tetapi Anda jangan sakali-kali sombong dan tetaplah rendah hati kepada siapapun. Ketika Anda sudah wisuda maka bagikan semua ilmu yang Anda dapatkan kepada semua orang di desa. Contohnya Anda menjadi sarjana komputer, maka tidak ada salahnya jika memberikan pelajaran gratis kepada anak kecil yang belum bisa menggunakan komputer. Ilmu tidak akan pernah habis jika dibagikan kepada semua orang, bahkan akan terus bertambah.

6. Memulai Bisnis

Semua orang berhak memulai sebuah bisnis terutama mahasiswa yang baru lulus kuliah. Tidak perlu malu ketika Anda melakukan kegiatan yang berbeda dengan jurusan kuliah, contohnya Anda kuliah jurusan komputer, tetapi ketika sudah lulus malah jualan gorengan atau bahkan berbisnis lainnya. Jalani semuanya dengan ikhlas dan jangan dengarkan omongan orang lain, karena belum tentu orang lain lebih baik daripada Anda.

7. Membuka Kursus

Pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa freshgraduate yaitu dengan membuka kursus di rumah. Anda bisa mengembangkan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan melalui kursus tersebut. Bukalah kursus sesuai dengan jurusan dan kemampuan yang Anda miliki, seperti kemampuan di bidang akademik maupun non akademik. Bidang non akademik contohnya kursus melukis, musik dan juga tari.
 
Ingat, semua manusia mempunyai timeline-nya masing-masing dan lakukanlah hal yang bermanfaat sebelum memasuki dunia kerja. Kembangkan kemampuan yang Anda miliki agar kedepannya bisa menjadi orang yang bermanfaat dan juga bisa berkembang lebih baik lagi. Jangan sampai waktu setelah lulus kuliah hanya digunakan hanya untuk tiduran saja, tetapi bergeraklah dan lakukan apa saja yang Anda bisa.