Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Faktor Yang Menyebabkan Sering Lupa Ingatan di Usia Muda

Usia muda menjadi salah satu penentu kehidupan seseorang kedepannya, apakah akan berjalan dengan baik atau tidak. Semakin produktif di usia muda maka akan menikmati hasil yang luar biasa di usia tua nanti. Namun terlalu banyak melakukan kegiatan membuat anak muda menjadi sering lupa ingatan bahkan sering lupa dengan apa yang sudah dipelajari sebelumnya. 
 
Sudah pelupa di usia muda rasanya menjadi beban tersendiri karena kedepannya masih ada banyak sekali rintangan yang harus dilewati. Nah bagi Anda yang sedang mengalami penyakit tersebut maka harus selalu diwaspadai karena itu terjadi karena pola hidup Anda yang kurang baik. Banyak orang yang tidak mempedulikan penyakit pelupa dan jika itu dibiarkan maka akan bedampak negatif pada diri sendiri. Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan anak muda sering mengalami lupa ingatan.

Penyebab Lupa Ingatan di Usia Muda

5 Faktor Yang Menyebabkan Sering Lupa Ingatan di Usia Muda

1. Kurang Tidur

Penyebab pertama dari lupa ingatan yaitu waktu tidur yang kurang maksimal, karena waktu tidur yang baik yaitu sehari 6 jam. Jika Anda sering begadang sampai melupakan waktu tidur maka lama-kelamaan akan mengalami penyakit lupa ingatan dan itu bisa terjadi kapan saja. Agar hidup Anda tetap terjaga dengan baik maka sebaiknya Anda mengatur waktu tidur dan jangan sampai kekurangan tidur karena nantinya bisa membuat Anda menjadi pelupa dalam sebagai hal.

2. Stres

Stres merupakan salah satu gangguan otak yang disebabkan karena banyaknya kerjaan atau tugas yang tidak bisa diselesaikan dengan baik dan membuat otak menjadi lebih keras untuk berfikir, atau juga bisa mendapat tekanan dari berbagai macam hal yang membuat orang tersebut tidak kuat untuk mengendalikannya. Biasanya stres yang ditimbulkan oleh anak muda yaitu karena tugas kuliah yang menumpuk dan sudah medekati dedline. Untuk itu jadwalkan semua pekerjaan atau tugas kuliah agar otak bisa berfikir dengan baik dan terhindar dari stres.

3. Kurangnya Asupan Gizi

Jika Anda masih menginjak usia 20 sampai 25 tahun usahakan untuk selalu hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh menjadi lebih sehat dan bisa beraktivitas dengan baik. Namun kebanyakan anak muda jaman sekarang sering melupakan asupan gizi setiap harinya, karena mereka lebih menyukai makan makanan cepat saji. Mulai dari sekarang cobalah untuk selalu memperbaiki asupan gizi agar fungsi otak menjadi lebih baik lagi dan terhindar dari penyakit pelupa.

4. Alkohol

Alkohol merupakan penyebab keempat gangguan pelupa di usia muda, karena dengan mengkonsumsi alkohol maka fungsi otak akan semakin menurun. Jika Anda masih duduk di bangku sekolah maka usahakan untuk tidak berurusan dengan yang namanya alkohol karena selain mengganggu kesehatan, tentu juga akan merusak masa depan. Jangan sampai masa depan Anda suram hanya karena mengkonsumsi alkohol.

5. Cedera atau Trauma Kepala

Penyebab lupa ingatan yang selanjutnya yaitu karena adanya benturan keras pada kepala akibat kecelakaan, jatuh atau pukulan yang mengakibatkan gangguan pada otak dan membuat orang tersebut menjadi lambat dalam berfikir. Nah jika Anda pernah mengalami kejadian tersebut, kedepannya harus selalu menjaga diri agar tidak terulang kembali. Benturan pada kepala bisa mengakibatkan lupa ingatan jangka pendek atau juga bisa jangka panjang tergantung seberapa parah luka yang ditimbulkan. Namun ingatan bisa kembali normal ketika sudah melakukan beberapa terapi yang disarakan oleh dokter. 
 
Kondisi hilang ingatan atau amnesia yang berkepanjangan tentu akan membahayakan diri sendiri, karena jika sudah hilang ingatan maka semua harapan di masa depan akan hilang begitu saja. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara hidup sehat setiap hari dan jauhkan dari pikiran yang negatif.