Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Faktor Yang Menyebabkan Mahasiswa Tidak Lulus Tepat Waktu

Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang sangat sulit untuk dilakukan karena banyak sekali hal yang harus diselesaikan terutama skripsi. Bagi mahasiswa S1 skripsi merupakan hal yang harus dilakukan karena itu membuktikan bahwa mereka telah selesai menempuh kuliah dan mendapat gelar S1. Waktu kuliah normal untuk S1 yaitu sekitar 4 tahun dan jika lebih dari itu pasti ada permasalahan dalam diri mahasiswa tersebut dalam menjalani perkuliahan. 
 
Bagi Anda yang sekarang belum juga lulus pastinya sangat bingung karena selain membebani orang tua, lulus lama juga akan membuat Anda malu dengan teman yang lainnya yang sudah mempunyai karir bahkan ada yang sudah berkeluarga. Nah kebanyakan mahasiswa tidak bisa lulus tepat waktu disebabkan karena beberapa faktor. Berikut ini merupakan faktor yang menyebabkan mahasiwa tidak bisa lulus tepat waktu.

Penyebab Mahasiswa Telat Lulus

6 Faktor Yang Menyebabkan Mahasiswa Tidak Lulus Tepat Waktu

1. Cuti Kuliah

Penyebab pertama mahasiswa telat lulus yaitu karena mereka pernah mengambil cuti dalam beberapa semester. Biasanya mahasiswa tersebut melakukan kegiatan yang tidak bisa dilakukan bersamaan dengan kuliah, dan mereka lebih memilih untuk cuti. Contohnya terkendala biaya dan harus bekerja terlebih dahulu agar bisa membiayai kuliahnya di semester depan. Mahasiswa yang melakukan cuti kuliah tidak selamanya buruk, karena bagaimanapun juga mereka cuti demi membiayai kuliahnya agar bisa tetap berjalan dengan lancar.

2. Malas Kuliah

Malas merupakan salah satu sifat yang ada dalam diri seseorang terutama mahasiswa dimana ketika menjadi mahasiswa pasti sering sekali merasa malas terlebih jika banyak tugas. Nah hal tersebut yang membuat mereka menjadi telat lulus kuliah. Terlalu sering absen bisa membuat nilai Anda menjadi berkurang dan akibatnya Anda harus mengulang di beberapa mata kuliah pada semester depan. Jadi ketika sudah memutuskan untuk menjadi mahasiswa maka seriuslah dalam belajar dan jangan sampai membolos karena itu akan merugikan diri Anda sendiri.

3. Terlalu Banyak Mengulang Mata Kuliah

Mendapatkan nilai jelek justru menjadi beban tersendiri bagi mahasiswa karena bisa jadi tidak lulus di mata kuliah tertentu dan harus mengulang tahun depan. Mengulang mata kuliah 1 atau 2 tidak menjadi masalah, tetapi yang menjadi masalah yaitu jika mengulang lebih dari 3 bahkan ada 5 matkul yang ngulang. Hal tersebut akan menambah beban Anda di tahun depan karena harus mengulang. Maka dari itu usahakan di semester awal mendapatkan nilai yang bagus agar bisa menutupi nilai di semester depan yang masih kurang.

4. Sibuk Organisasi

Menjadi mahasiswa aktivis memang menjadi kebanggaan tersendiri, karena jika aktif di organisasi maka bisa menambah pengalaman serta bisa mengasah soft skill. Namun terlalu sibuk berorganisasi justru membuat mahasiswa harus mengorbankan kuliahnya karena dalam organisasi akan ada banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan. Jadi ketika Anda mengikuti organisasi harus selalu ingat bahwa kewajiban Anda yang utama yaitu belajar.

5. Terlalu Asik Bekerja atau Berbisnis

Mahasiswa jaman sekarang ada yang menjalankan kuliah sambil bekerja atau berbisnis. Hal tersebut menjadi nilai plus tersendiri karena belum tentu mahasiswa yang lain bisa mekakukannya. Banyak mahasiswa yang sudah bisa menghasilkan uang ketika masih kuliah, namun mereka seringkali lupa dengan mata kuliahnya dan akhirnya banyak yang mengulang. Biasanya mahasiswa yang sibuk berbisnis akan lebih lama lulusnya ketimbang mahasiswa yang hanya fokus kuliah saja. Bekerja atau berbisnis saat kuliah tidak sepenuhnya salah, tetapi harus selalu diimbangi dengan belajar agar perkuliahan bisa berjalan dengan lancar.

6. Bermasalah Dengan Dosen

Apabila Anda mempunyai masalah dengan salah satu dosen kampus, maka segeralah selesaikan dengan baik dan jangan sampai dosen tersebut menghalangi Anda untuk lulus cepat waktu. Dan jangan sampai mempunyai masalah dengan dosen pembimbing karena dengan dosen pembimbing tersebut Anda bisa lulus dengan baik. Jagalah hubungan baik dengan dosen karena nantinya Anda akan meminta saran dari dosen tersebut mengenai skripsi. 
 
Itulah mengapa mahasiswa tidak bisa lulus tepat waktu, bahkan ada yang sampai 11 semester belum bisa lulus karena ada permasalahan dengan mahasiswa tersebut. Nah bagi Anda yang sekarang sudah menginjak semester 6 keatas maka fokuslah pada skripsi dan hilangkan kegiatan yang bisa menghalangi Anda dalam menyusun skripsi. Memang lulus tepat waktu tidak menjamin Anda mudah dalam mendapatkan pekerjaan, namun setidaknya bisa mengurangi beban orang tua dalam membiayai Anda kuliah.