Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Fakta Unik Mahasiswa Teknik Yang Wajib Anda Ketahui

Jurusan kuliah memang sangat menentukan bagaimana kehidupan saat di kampus, semakin Anda menyukai jurusan tersebut maka cara pembelajaran pun akan berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang sekarang sedang menempuh kuliah khususnya jurusan teknik pasti banyak sekali rintangan yang akan dihadapi, mulai dari tugas kuliah, organisasi sampai dengan praktek. 
 
Banyak orang yang mengetahui bahwa mahasiswa teknik identik dengan anak-anaknya yang nakal dan berbeda dengan jurusan yang lain. Namun itu semua salah besar, karena kebanyakan mahasiswa teknik justru bisa bersaing dengan jurusan yang lain dan anak-anaknya pun tidak seburuk yang orang lain bayangkan. Jika Anda penasaran dengan jurusan teknik, maka perhatikan beberapa fakta berikut ini tentang mahasiswa teknik.

Fakta Unik Mahasiswa Teknik

6 Fakta Unik Mahasiswa Teknik Yang Wajib Anda Ketahui

1. Sering Begadang

Kebanyakan mahasiswa teknik memiliki jam tidur yang sangat sedikit, karena mereka sering menghabiskan waktunya hanya untuk mengerjakan tugas dari dosen yang sangat sulit, bahkan ketika dikerjakan secara kelompok pun masih terasa sulit. Nah hal tersebut yang membuat anak teknik sering begadang sampai malam. Namun jika sudah berjalan 2 semester pasti akan terbiasa untuk menerima tugas walaupun tugas tersebut banyak dan sulit. Namun beban yang dirasakan mahasiswa teknik saat kuliah tidak menjadi sebuah masalah, asalkan jangan menjadi beban orang tua di rumah.

2. Skill Lebih Tinggi Dari IPK

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika jurusan teknik merupakan salah satu jurusan tersulit yang pernah dirasakan mahasiswa, dan tidak menutup kemungkinan banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai IPK yang rendah. Tetapi dibalik IPK rendah, pasti terdapat skill yang dikuasai mahasiswa teknik. Prinsip anak teknik yaitu mendapatkan IPK rendah tidak menjadikan masalah, yang terpenting yaitu memiliki skill agar bisa dengan mudah diserap dunia kerja. Jadi jangan nilai kecerdasan anak teknik hanya dari IPK-nya saja, tetapi juga harus dari segi kemampuan atau skill.

3. Kebanyakan Berambut Gondrong

Hampir semua mahasiswa teknik didominasi oleh pria dan kebanyakan dari mereka memiliki gaya rambut gondrong. Rambut gondrong ternyata mempunyai arti yaitu kebebasan dan sebagai simbol perlawanan terhadap penguasa pada jaman dahulu. Selain itu juga untuk mendeklarasikan bahwa mahasiswa teknik berambut gondrong tidak selamanya berperilaku buruk.

4. Memiliki Solidaritas Yang Tinggi

Anak teknik sudah cukup terkenal dengan solidaritasnya yang tinggi. Tidak hanya dengan satu angkatan saja, tetapi dengan teman yang berbeda jurusan pun akan lebih akrab bahkan kerap saling bertemu. Biasanya setiap tahun, mereka akan mengadakan pertemuan dengan kakak tingkat atau dengan alumni yang sudah bekerja. Hal tersebut membuat kekeluargaan mahasiswa teknik semakin erat, dan berbeda dengan jurusan yang lain.

5. Mahasiswanya Banyak Yang Berprestasi

Terbiasa melakukan penelitian dan membuat sebuah alat maka sudah tidak diragukan lagi jika mahasiswa teknik kebanyakan berprestasi baik itu di tingkat nasional maupun internasional. Walaupun penampilannya terkesan seperti anak nakal, tetapi mahasiswa teknik mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dalam mengikuti sebuah perlombaan.

6. Cepat Dalam Bertindak

Kebanyakan dari mahasiswa teknik yaitu mereka selalu cepat dalam melakukan suatu kegiatan terlebih jika berurusan dengan kampus atau mata kuliah. Mahasiswa teknik jarang sekali yang bermalas-malasan karena mereka harus menyelesaikan tugas dengan cepat dan tentunya harus benar. Maka dari itu sudah tidak diragukan lagi jika mahasiswa teknik mayoritasnya memiliki sikap disiplin yang tinggi.
 
Menjadi mahasiswa teknik tentu akan sangat menyenangkan karena selain belajar di kampus, mereka juga diajak untuk belajar di laboratorium sesuai dengan jurusan yang diambil. Jadi jangan takut ketika mengambil jurusan teknik, karena nantinya Anda akan diajari dari hal kecil sampai menguasai semuanya.