Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Dampak Buruk Sering Begadang Bagi Kesehatan Wanita

Begadang merupakan kegiatan yang tidak mengandung manfaat dan akan mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Umumnya waktu tidur yang baik yaitu sekitar 6 jam dan jika kurang dari itu bisa membuat tubuh menjadi lemas, tidak fokus bahkan mengurangi gairah. Nah begadang identik dilakukan oleh pria dimana mereka sering melakukan begadang dengan tujuan tertentu contohnya ronda atau bahkan hanya nongkrong. 
 
Namun saat ini juga ada wanita yang sering begadang karena beberapa  tuntutan contohnya mengerjakan tugas atau kerjaan lainnya yang sudah mendekati dedline. Apabila wanita terlalu sering begadang maka akan lebih berbahaya dibandingkan dengan pria karena daya tahan tubuh wanita tidak sekebal pria. Maka dari itu sangat sering terjadi banyak masalah pada tubuhnya. Berikut beberapa dampak buruk yang akan dirasakan jika wanita sering begadang pada malam hari bahkan sampai pagi.

Dampak Buruk Begadang

6 Dampak Buruk Sering Begadang Bagi Kesehatan Wanita

1. Memicu Timbulnya Jerawat

Selain disebabkan karena polusi dan debu, jerawat bisa timbul karena sering begadang atau kurang tidur. Mengapa bisa timbul jerawat? Karena jika kurang tidur maka hormon kortisol akan meningkat yang akan menyebabkan produksi minyak pada wajah semakin meningkat dan akhirnya lebih mudah timbul jerawat. Maka dari itu bagi Anda yang tidak ingin timbul jerawat maka aturlah waktu tidur yang baik, maksimal untuk wanita yaitu jam 10 malam.

2. Wajah Tampak Lebih Tua

Tak heran wanita jaman sekarang banyak yang kelihatan tua karena mereka sering melakukan begadang, biasanya mahasiswa akan berkumpul dengan temannya apalagi jika malam minggu pasti sangat bersemangat untuk tidur larut malam. Kurang tidur bisa menurunkan produksi kolagen yang ada pada kulit dan hal tersebut yang menyebabkan kulit mengalami kerutan, garis di wajah dan penuaan dini.

3. Kantung Mata Hitam

Bagi wanita yang sering begadang pasti tanda ini sangat mudah sekali dilihat yaitu kantung mata menghitam atau biasa disebut dengan mata panda. Wanita yang tidak mempunyai kegiatan biasanya mereka begadang karena bermain Hp, dan hal tersebutlah yang akan menyebabkan gangguan pada mata. Tidak hanya mata panda saja, tetapi juga bisa menyebabkan mata minus karena terlalu lama digunakan untuk melihat layar.

4. Menurunkan Daya Ingat

Menurut beberapa orang, apabila terlalu sering begadang maka akan menurunkan daya ingat dan daya ingat wanita akan turun sangat drastis dibandingkan dengan pria. Maka dari itu jika wanita sering lupa maka sudah bisa dipastikan mereka sering melakukan begadang atau kurang tidur.

5. Masalah Kesuburan

Nah masalah yang harus selalu diperhatikan oleh para wanita yang sering begadang yaitu tentang kesuburan. Pasti tidak ada satupun wanita yang ingin mengalami gangguan pada kesuburan. Biasanya dengan begadang terus-menerus maka akan mengakibatkan penurunan produksi sel telur dan akhirnya potensi untuk hamil sangat rendah. Dan hal tersebut yang mengakibatkan wanita mengalami kemandulan.

6. Obesitas

Kebanyakan orang jika sedang berkumpul dengan teman pasti mereka sering makan makanan cepat saji dengan porsi yang cukup banyak, hal tersebut akan menyebabkan wanita mengalami peningkatan berat bada secara drastis. Siapa sih wanita yang mau memiliki badan gemuk? Pasti hampir semua wanita menginginkan tubuh yang ideal dan terhindar dari obesitas.  
 
Nah sebagai wanita Anda juga harus memperhatikan kesehatan dan penampilan karena jika Anda selama hidup sering melakukan begadang maka ketika sudah tua nanti akan merasakan sendiri akibatnya, contohnya gangguan pada organ tubuh dan mengalami masalah pada wajah terutama jerawat. Setelah mengetahui dampak buruk dari begadang, maka diharapkan Anda tidak lagi melakukannya dan usahakan menjaga waktu tidur dengan baik.