Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Menghemat Biaya Pernikahan di Masa Pandemi

Mengadakan pernikahan yang mewah pasti menjadi keinginan banyak orang. Namun sekarang tidak mudah untuk melakukan semua itu karena kondisi yang tidak mendukung yaitu masih terjadi pandemi covid-19. Di saat pandemi seperti sekarang ini mencari pekerjaan sangat sulit dan tentunya pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 
 
Ketika mengadakan sebuah pernikahan paling tidak membutuhkan biaya minimal 70 juta. Dan bagi Anda yang sekarang masih kesulitan dalam hal ekonomi tetapi ingin melakukan pernikahan, maka tidak usah khawatir karena disini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses pernikahan tetap bisa berjalan dengan lancar bahkan dengan budget yang minim di tengah pandemi ini.

Cara Menghemat Biaya Pernikahan

8 Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Menghemat Biaya Pernikahan di Masa Pandemi

1. Membatasi Jumlah Undangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membatasi jumlah undangan. Jika biasanya Anda mengundang semua sahabat dan kerabat, maka saat pandemi alangkah baiknya undanglah orang terdekat saja agar tidak terlalu mengeluarkan biaya yang banyak dan juga untuk menghindari kerumunan. Semakin sedikit undangan, maka akan semakin sedikit biaya yang dikeluarkan.

2. Patungan Untuk Biaya Pernikahan

Biasanya yang mengeluarkan semua biaya untuk pernikahan yaitu dari pihak laki-laki karena sudah seharusnya bertanggungjawab atas semua acara. Namun di saat ini mencari uang sedang sangat sulit bahkan banyak pekerja yang kena PHK, nah bagi Anda yang ingin menikah sebaiknya bicarakan dengan calon pasangan secara baik-baik siapa tahu mau membantu meringankan biaya pernikahan.

3. Mempersingkat Acara Pernikahan

Terlalu lama mengadakan acara perikahan justru akan membuat biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak dan tentunya itu akan memberatkan keluarga Anda. Jika memungkinkan maka selesaikan acara dalam satu hari. Apabila Anda tinggal di daerah perkotaan, maka acara pernikahan bisa dilakukan hanya dalam waktu 3 atau 4 jam saja.

4. Membuat Dekorasi Pernikahan Sederhana

Apabila Anda hanya membunyai budget minim, maka jangan sekali-kali membuat dekorasi yang membutuhkan biaya yang mahal. Usahakan Anda menyuruh teman atau keluarga yang bisa mendekorasi ruangan agar lebih hemat dan tidak terlalu banyak pengeluaran.

5. Mengadakan Akad Nikah di KUA atau Tempat Ibadah

Cara Terbaik untuk menghemat biaya pernikahan yaitu dengan melangsungkan akad nikah di KUA atau tempat ibadah. Tentunya dengan melakukan hal tersebut pernikahan akan berjalan dengan lancar dan pasti sudah resmi. Hal yang terpenting yaitu Anda bisa mengadakan makan-makan bersama keluarga terdekat.

6. Meminta Bantuan Keluarga Untuk Urusan Katering

Kebanyakan orang desa ketika ada pernikahan maka mereka akan meminta bantuan kepada keluarga atau tetangga untuk urusan katering. Dengan meminta bantuan mereka maka akan bisa lebih menghemat keuangan dan tentunya akan mempererat kekeluargaan.

7. Buatlah Resepsi Secara Virtual

Berhubung penyebaran covid tiap harinya terus bertambah, maka Anda bisa mengalihkan acara resepsi ke virtual dengan menggunakan google meet atau zoom. Walaupun undangan yang Anda bagikan sedikit, tetapi masih banyak orang yang bisa melihat prosesi pernikahan Anda secara virtual.

8. Jangan Menggunakan Seluruh Uang Tabungan

Jika Anda mempunyai uang tabungan yang lebih dari cukup, maka jangan sampai gunakan uang itu semuanya hanya karena untuk prosesi nikahan. Gunakan sebagian saja dan sisanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah menikah. Dan pasti kebutuhan Anda akan semakin banyak ketika sudah berumah tangga, dan jangan terlalu mengeluarkan banyak uang di hari pernikahan. 
 
Menikah merupakan kewajiban semua orang, dan jika Anda sudah siap maka jangan jadikan pandemi covid sebagai halangan untuk Anda menikah. Tetaplah mengadakan acara pernikahan dengan biaya yang minim dan tentunya itu akan sangat berkesan ketika sudah berkeluarga nanti.