Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Obesitas

Menurunkan berat badan memang menjadi tantangan terbesar bagi mereka yang sekarang mengalami obesitas atau penyakit kegemukan. Penyebab dari obesitas yaitu kurangnya makan makanan bergizi, kurang olahraga atau bahkan tidak pernah mengatur waktu tidur. Bagi Anda yang sekarang mengalami obesitas pasti akan merasa malu terlebih jika masih masa remaja, karena masa remaja masih asik-asiknya bermain dengan teman sebaya. Namun itu semua sedikit demi sedikit bisa diatasi dengan baik dan Anda tidak usah khawatir karena di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk mencegah obesitas.

Cara Mencegah Obesitas

6 Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Obesitas

1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang mempunyai banyak sekali manfaat salah satunya yaitu bisa mencegah penyakit obesitas. Anda bisa berolahraga secara rutin setiap harinya minimal 30 menit perhari agar peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Selain itu keringat yang keluar bisa menyehatkan kulit sekaligus bisa membakar lemak. Kebanyakan orang mengalami obesitas, mereka jarang melakukan olahraga sehingga lemak tubuh akan terus menumpuk dan membuat tubuh tidak sehat.

2. Kurangi Minuman Kemasan

Remaja memang sangat menyukai minuman kemasan contohnya minuman bersoda, kopi, teh dan masih banyak lagi. Walapun tidak meningkatkan berat badan secara langsung, tetapi apabila dikonsumsi secara terus-menerus akan mengakibatkan berat badan menambah. Nah agar berat badan tetap aman maka gantilah minuman tersebut dengan air putih agar bisa menetralisir racun di dalam tubuh.

3. Konsumsi Sayur

Sayur merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak sekali manfaat yang akan dirasakan terutama bisa mengatasi obesitas. Dengan makan sayur maka gizi akan tetap terjaga dan bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Nah bagi Anda yang jarang makan sayur terutama anak kos, maka biasakanlah makan sayur dari sekarang untuk mencegah penyakit obesitas. Jangan sampai satu minggu tidak pernah makan sayur karena itu akan membuat tubuh kekurangan gizi.

4. Kurangi Makan Mie Instan

Nah hampir semua orang pasti pernah makan mie instan bahkan ada yang setiap hari mengkonsumsi makanan tersebut. Ada orang yang mengatakan bahwa dengan makan mie instan maka tidak usah repot-repot masak dan sebagainya, tetapi justru itu akan membuat lemak tubuh semakin bertambah dan biasanya orang yang sering makan mie instan akan mengalami penyakit obesitas. Maka dari itu makan mie instan boleh-boleh saja tetapi jangan sampai berlebihan.

5. Membatasi Tidur Berlebihan

Tidur berlebihan ternyata bisa membuat orang terkena penyakit lohh salah satunya yaitu obesitas. Waktu tidur yang baik yaitu maksimal 6 jam perhari dan usahakan sehabis makan jangan langsung tidur, karena itu akan membuat tubuh terasa lemas. Biasanya orang merasa berat badannya naik ketika liburan tiba karena mereka tidak melakukan aktivitas apapun kecuali makan dan tidur.

6. Mencoba Puasa Senin Kamis

Banyak manfaat yang akan Anda rasakan ketika melakukan puasa sunah senin kamis, contohnya tubuh akan terasa lebih segar, pikiran menjadi lebih tenang bahkan bisa menurunkan berat badan. Dengan berpuasa maka tubuh akan berhenti memperoses makanan baik itu yang mengandung lemak, gula atau yang lainnya, dan akhirnya tubuh menjadi lebih sehat. 
 
Kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib dijaga karena jika kesehatan Anda normal maka ketika ingin melakuan berbagai macam kegiatan pasti akan lebih nyaman dan bahagia. Penyakit obesitas bisa terjadi karena kelakukan Anda sendiri dan jika pola hidup Anda selalu terjaga dengan baik maka itu semua bisa diatasi. Tetap jaga kesehatan agar nantinya ketika sudah tua bisa merasakan hasilnya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.