Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Sederhana Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Orang Tua

Terkadang pemikiran anak dengan orang tua tidak sejalan, dan hal tersebut hanya akan menjadikan hubungan anak dengan orang tua menjadi sedikit renggang. Namun sebagai anak yang baik harus selalu menghormati orang tua, karena bagaimanapun juga mereka telah membesarkan dan membiayai dari kecil sampai sekarang. Jangan sampai orang tua kecewa dengan kalakuan yang sudah Anda lakukan. Buatlah mereka bangga atas apa yang Anda berikan kepada mereka. Nah agar orang tua merasa bangga, maka Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang kepada orang tua.

Cara Menghormati Orang Tua

8 Cara Sederhana Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Orang Tua

1. Bersyukur

Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan bersyukur karena orang tua telah melahirkan Anda dan membesarkan dengan penuh kesabaran. Anda bisa mengungkapkan rasa sayang secara langsung di depan orang tua. Selain itu Anda juga bisa melakukan hal kecil seperti membersihkan rumah, atau bahkan membantu ibu memasak di dapur. Bersyukur harus selalu Anda lakukan karena di luar sana banyak anak yang merindukan orang tuanya atau bahkan ada juga yang orang tuanya sudah meninggal dunia. Maka dati itu sayangilah orang tua Anda selagi mereka masih ada dan jangan disia-siakan.

2. Menuruti Peraturan

Setiap orang tua mempunyai aturan tersendiri yang diberikan kepada anaknya, ada yang tidak membolehkan anak untuk keluar malam, atau bahkan ada yang menyuruh anaknya untuk selalu belajar yang rajin. Semua peraturan yang diberikan orang tua harus Anda taati karena jika Anda menjadi anak yang berbakti maka orang tua juga akan merasa senang dan merasa dihargai.

3. Bersikap Sopan Santun

Hati orang tua pasti akan terluka jika melihat anaknya memiliki kelakukan yang kurang baik dihadapannya. Untuk itu Anda harus selalu bersikap sopan santun ketika berbicara dengan orang tua karena orang tua pasti akan senang jika anak berperilaku sopan. Selain itu ketika berbicara gunakan bahasa yang lembut dan jangan sampai membentak karena akan membuat orang tua sakit hati.

4. Jangan Melawan

Biasanya orang tua akan merasa tidak setuju dengan apa yang ingin Anda lakukan, walaupun itu menurut Anda sudah benar. Ketika orang tua memberikan saran sebaiknya jangan sekali-kali melawan karena jika Anda melawan sedikit saja sudah bisa dikatakan anak durhaka. Pahamilah terlebih dahulu mengapa orang tua memiliki perbedaan pendapat dengan Anda dan berfikirlah sebelum bertindak.

5. Luangkan Waktu Bersama Mereka

Sebagai anak rantau pasti akan sangat rindu dengan orang tua dan pasti orang tua pun juga rindu dengan anaknya. Apabila liburan telah tiba maka sebisa mungkin meluangkan waktu untuk pulang kampung dan menyempatkan diri untuk bertemu dengan orang tua. Apabila orang tua bertemu dengan anak pasti akan merasa terharu dan senang. Jangan sampai waktu liburan Anda digunakan hanya untuk bermain dengan teman saja.

6. Jangan Merasa Pintar di Depan Orang Tua

Semua orang tua pasti ingin sekali menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang yang lebih tinggi agar bisa hidup lebih baik kedepannya. Jika Anda sudah menjadi sarjana maka jangan merasa paling pintar di depan orang tua walaupun Anda sudah mengetahui banyak hal. Di dalam keluarga tetap orang tualah yang berkuasa dan paling pintar karena sudah bisa menyekolahkan anaknya sampai sarjana.

7. Awasi Bahasa Tubuh Anda

Berkumpul dengan orang tua harus selalu mengutamakan sopan santun dan jangan disamakan ketika berkumpul dengan teman. Jika Anda sedang berkumpul dengan teman maka bebas mau melakukan apa saja yang Anda mau bahkan tidak perlu mengontrol bahasa tubuh, tetapi jika sedang berada di hadapan orang tua maka usahakan jangan kebanyakan gaya dan tetap nunduk ketika berbicara.

8. Selalu Ada Ketika Orang Tua Butuh Bantuan

Sebagai anak yang berbakti maka sebisa mungkin untuk selalu membantu orang tua saat mereka membutuhkan bantuan. Jangan sok sibuk ketika orang tua meminta bantuan kepada Anda. Apabila Anda sedang melakukan kegiatan, maka berhentilah sejenak untuk membantu pekerjaan orang tua karena jika Anda cuek maka orang tua akan kecewa dengan Anda karena tidak pernah peduli dengan pekerjaannya.
 
Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua karena doa orang tua akan mudah dikabulkan oleh Allah. Jika Anda sudah sukses dan memiliki segalanya, maka jangan lupa dengan orang tua, tetap hargai mereka dan berusaha untuk membahagiakan orang tua sebelum menyesal. Biasanya seorang anak akan menyesal dibelakang karena telah menyia-nyiakan orang tuanya ketika masih hidup.