Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Cara Paling Efektif Dalam Menyikapi Musibah di Tahun 2021

Tahun baru memang menjadi hal yang paling menyenangkan bagi sebagian orang karena mereka akan meninggalkan tahun lalu dan menyambut tahun baru dengan meriah. Namun di awal tahun 2021 ini sangat membuat semua orang menjadi prihatin karena banyak sekali musibah yang menimpa terutama di Indonesia dimana di bulan Januari saja sudah terjadi insiden pesawat jatuh, corona belum usai, banjir, longsor, gunung erupsi bahkan sampai sejumlah ulama besar meninggal dunia. 
 
Dilihat dari beberapa musibah tersebut sudah bisa dipastikan bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja dan Allah sedang menguji hambanya. Dengan adanya musibah tersebut memberikan pertanda bahwa Allah sedang memberikan teguran kepada semua makhluk di muka bumi ini karena kelakuaknnya yang melampaui batas. Saat terjadi musibah maka jangan sekali-kali menyepelakan, karena itu merupakan azab Allah, dan kita semua harus selalu menyikapinya dengan baik. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi musibah di tahun 2021.

Cara Efektif Menyikapi Musibah

4 Cara Paling Efektif Dalam Menyikapi Musibah di Tahun 2021

1. Ikhlas Melewati Takdir Allah

Semua yang akan terjadi di dunia ini sudah ditakdirkan oleh Allah dan kita sebagai umat manusia harus selalu ikhlas menghadapi berbagai macam rintagan dan siap menghadapai semua yang akan terjadi di dunia ini kedepannya. Jangan sampai kita mengeluh atau menyalahkan siapapun, karena bagaimanapun juga semua sudah ditakdirkan dan pasti bakal terjadi. Jika kita selalu ikhlas maka apapun yang dialami pasti akan bisa diselesaikan dengan baik dan mendapat pertolongan dari Allah.

2. Sabar Dalam Menghadapi Musibah

Kesabaran seseorang akan diuji oleh Allah dengan cara memberikan ujian musibah seperti sekarang ini, dan lebih baik kita selalu bersabar dalam menghadapi musibah agar kedepannya bisa mencari solusi tentang permasalahan yang sedang terjadi. Kebanyakan orang jaman sekarang pasti sering mengeluh apalagi jika diberi cobaan bencana seperti banjir, tanah longsor atau yang lainnya. Nah di saat seperti itulah sikap sabar manusia akan diuji. Apabila kita semua bisa lebih sabar menghadapi masalah, pasti semuanya tidak akan terlalu membahayakan.

3. Coba Renungi di Balik Musibah Yang Sedang Terjadi

Semua musibah pasti ada penyebab awal dimana itu biasanya dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Sekarang banyak sekali manusia yang melakukan aktivitas yang sebenarnya itu tidak diperbolehkan dalam agama, contohnya melakukan seks bebas, minum alkohol atau bahkan meninggalkan sholat 5 waktu. Dari situlah Allah murka dengan aktivitas manusia yang tidak terpuji dan bisa membahayakan orang lain. Apabila Anda sudah mengetahui permasalahnnya, maka segeralah tinggalkan aktivitas yang tidak baik, dan usahakan menjadi manusia yang bertakwa.

4. Perbanyak Berdoa dan Mengingat Kebesaran Allah

Apabila musibah sedang menimpa Anda maka sebaiknya jangan mengeluh, tetapi perbanyaklah berdoa agar selalu diberikan keselamatan dalam mengahdapi cobaan yang sedang terjadi. Anda bisa memohon ampunan kepada Allah setelah selesai sholat 5 waktu dan jangan lupa untuk selalu berdzikir. Dengan memperbanyak mengingat kebesaran Allah, maka hati Anda akan tenang dan selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan Allah kepada semuanya.  
 
Itulah beberapa cara untuk menyikapi sebuah musibah terutama di tahun 2021 ini. Jadilah manusia yang selalu berperilaku baik dan selalu mengingat Allah. Apabila ada tetangga Anda yang tertimpa musibah alangkah baiknya Anda membantunya sampai semua permasalahan selesai, karena mereka juga mengalami susahnya menghadapi musibah terlebih jika semua hartanya telah hilang. Apabila Anda selalu membantu sesama, maka ketika Anda mendapatkan permasalahan pasti banyak yang membantu.