Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Bosan Saat di Perkuliahan

Bosan merupakan salah satu perasaan yang sangat lumrah dialami oleh semua orang terutama seorang mahasiswa yang merasa bosan saat kuliah. Kebanyakan dari mereka merasa bosan karena disebabkan karena beberapa hal diantaranya yaitu salah jurusan, pengaruh negatif dari teman, dan juga tidak ada dukungan dari orang tua. Menjalani kuliah tidak semudah yang dibayangakn karena kedepannya pasti akan menghadapi banyak sekali tugas yang diberikan dosen. 
 
Biasanya mahasiswa merasa bosan kuliah pada saat semester 4 keatas dan sudah merasakan sulitnya mata kuliah bahkan sampai putus asa. Ada juga mahasiswa yang memutuskan untuk DO atau keluar dari kampus karena sudah tidak betah dengan keadaan di lingkungan sekitar. Namun dengan melakukan DO maka urusan tidak akan selesai begitu saja karena mahasiswa tersebut harus mempertaruhkan masa depannya. Bagi Anda yang sekarang sudah merasa bosan kuliah, maka saya akan membagikan beberapa cara agar tetap semangat dalam mengikuti perkuliahan dan tidak mudah bosan.

Cara menghilangkan Rasa Bosan Kuliah

6 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Bosan Saat di Perkuliahan

1. Ingat Tujuan Utama

Ketika rasa bosan sudah meracuni diri Anda maka ingatlah tujuan utama Anda kuliah. Pasti Anda kuliah ingin menjadi orang yang sukses dan berguna bagi keluarga kan? Nah untuk itu jangan sampai Anda bermalas-malasan dalam menjalani kuliah, terlebih jika Anda merupakan anak pertama yang pastinya menjadi harapan pertama orang tua. Selain itu juga ingat cita-cita yang ingin Anda raih kedepannya, dan jika Anda malas kuliah maka tidak mungkin semua cita-cita akan tercapai.

2. Pandai Memilih Teman

Menjadi mahasiswa rantau memang harus selalu selektif dalam memilih teman karena jika Anda salah dalam pertemanan maka akan berdampak buruk bagi kehidupan Anda kedepannya. Usahakan mencari teman yang selalu berfikir kedepan dan sepemikiran dengan Anda, agar setiap saat bisa menjadikan Anda pribadi yang lebih baik lagi. Dan jangan berteman dengan orang pemalas, karena nanti Anda juga akan menjadi pemalas.

3. Biaya Kuliah Yang Mahal

Jaman sekarang biaya kuliah semakin mahal terlebih jika Anda berkuliah di kampus swasta pasti akan sangat mahal dibandingkan dengan kampus negeri. Ketika rasa bosan sudah datang maka ingatlah biaya awal masuk kampus dan semesteran yang dibayar, ditambah lagi jika kedepannya ada program KKN pasti akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Anda bisa menghitung biaya yang dikeluarkan selama kurang lebih 4 tahun untuk kuliah, belum lagi uang saku dan uang kontrakan.

4. Ingat Perjuangan Orang Tua

Hampir semua mahasiswa pasti masih dibiayai orang tua dalam menjalani perkuliahan, dan jangan sampai Anda mengecewakan orang tua. Bahkan ada beberapa orang tua yang rela meminjam uang ke bank atau ke tetangga hanya untuk membiayai Anda kuliah dan juga untuk mengirim uang saku perbulan. Masihkah Anda tega mengakhiri perkuliahan? Sebagai anak yang berbakti seharusnya Anda tidak tega melihat perjuangan orang tua yang kerja pagi pulang malam hanya demi anaknya agar menjadi orang sukses.

5. Menikmati Semua Aktivitas

Walaupun Anda sudah begitu bosan dengan mata kuliah, maka sebisa mungkin jangan sampai bolos dan tetap ikuti perkuliahan dengan baik. Lebih baik lagi jika Anda selalu memperhatikan dosen saat menjelaskan materi, dan usahakan Anda tetap berusaha untuk memahami materi perkuliahan. Agar perkuliahan terasa nyaman, maka jangan sampai Anda membawa masalah luar ke dalam kelas dan saat di kelas jangan hanya diam, tetapi ngobrol dengan teman untuk menghilangkan rasa bosan.

6. Refreshing

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan ketika kuliah yaitu dengan melakukan refreshing paling tidak seminggu sekali. Terlalu lama memikirkan perkuliahan memang menjadikan mahasiswa merasa bosan dan butuh yang namanya liburan. Anda bisa pergi ke tempat wisata atau ke tempat yang bisa membuat diri Anda menjadi tenang. Dengan melakukan refreshing, maka otak akan menjadi lebih fresh dan bisa lebih bersemangat lagi ketika menjalankan perkuliahan. 
 
Nah itulah cara yang bisa Anda lakukan agar rasa bosan ketika kuliah bisa hilang dan saya harap bisa memotivasi Anda semua yang sekarang masih bermalas-malasan kuliah. Jangan sampai perjuangan Anda putus di tengah jalan hanya karena menuruti rasa bosan. Jadilah mahasiswa yang bisa berfikir dewasa dan jangan terlalu cepat mengambil keputusan karena itu akan membuat menyesal di belakang. Banyak orang yang tidak bisa kuliah, jadi jika Anda diberi kesempatan untuk kuliah maka manfaatkan dengan baik dan jangan sampai gagal.