Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Mudah Mengetahui Kebohongan Orang Lain

Berbohong merupakan salah satu perilaku yang harus dihindari dan jika tetap dilakukan maka akan mendatangkan dampak negatif pada diri sendiri. Anda pasti akan merasa risih jika dibohongi oleh orang lain terutama sama sahabat sendiri. Ketika ada orang yang berbohong pasti secara otomatis harga diri mereka akan turun dihadapan banyak orang. Nah agar Anda menjadi orang yang tidak mudah dibohongi dimanapun berada, maka perhatikan beberapa cara berikut ini untuk mengetahui kebohongan yang sedang disembunyikan oleh lawan bicara.

Cara Mengetahui Kebohongan Orang

5 Cara Mudah Mengetahui Kebohongan Orang Lain

1. Perubahan sikap

Orang yang menyembunyikan kebohongan pasti mereka akan mengalami perubahan dari segi sikap, dari yang tadinya biasa-biasa saja tetapi setelah merasa bahwa mereka berbohong maka akan pura-pura melakukan aktivitas yang dirasa itu sangat konyol. Apabila teman Anda ketika berbicara dan mereka tiba-tiba sikapnya berubah saat Anda menanyakan suatu hal, maka sudah bisa dipastikan teman Anda tersebut sedang menyembunyikan kebohongan dibelakang.

2. Terlalu Banyak Bicara

Mereka yang sedang berbohong maka akan banyak melakukan pembicaraan yang bertujuan untuk menutupi kebohongannya agar tidak diketahui orang lain. Biasanya mereka membahas berbagai macam topik untuk mengalihkan pembicaraan awal. Nah Anda bisa memperhatikan lawan bicara Anda apakah mereka terlalu banyak bicara atau bahkan cenderung diam.

3. Mudah Marah

Ketika Anda meminta penjelasan mengenai permasalahan yang sedang terjadi, biasanya mereka akan langsung marah dan tidak mau menjelaskan apapun karena takut kebohongannya terbongkar. Sifat ini biasa ditemukan di kalangan anak muda yang sedang berkumpul dengan teman-temannya. Maka dari itu cara ini sangat ampuh untuk mengetahui apakah teman Anda berbohong atau tidak. Jika mereka tidak berbohong maka ketika disuruh untuk menjelaskan pasti akan selalu tenang dan bersikap terbuka dengan semua orang.

4. Cara Mereka Tersenyum

Orang yang berbohong akan mudah ketahuan melalui cara memberikan senyuman kepada Anda. Apabila mereka senyum dengan melibatkan anggota badan maka sudah bisa dipastikan mereka sedang menyembunyikan kebohongan. Biasanya anak kecil sering melakukan hal tersebut ketika sedang berbohong.

5. Perhatikan Perubahan Nafas

Hampir semua orang merasa takut ketika kebohongannya sudah mulai terbongkar, dan mereka sering menarik nafas sangat dalam yang bertujuan untuk menenangkan pikirannya dan pastinya untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan. Setiap kali melakukan kebohongan pasti detak jantung akan semakin meningkat dan nafas akan semakin cepat. 
 
Itulah cara sederhana yang bisa Anda praktekkan untuk mengetahui kebohongan orang lain. Setiap orang pasti akan marah ketika merasa dirinya dibohongi. Nah agar Anda tetap dipercaya orang lain maka jangan sampai berbohong karena berbohong juga tidak ada manfaatnya. Lebih baik berkata jujur agar dalam menjalani hidup bisa lebih tenang dan terhindar dari berbagai macam permasalahan.