Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mudah Bersaing Dengan Siswa Yang Paling Pintar di Kelas

Semua siswa pasti pernah merasa ingin mendapatkan peringkat yang terbaik di kelasnya, kareana itu menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka. Apabila Anda bisa bersaing dengan siswa yang paling pintar di kelas, terlebih jika menjadi juara kelas maka itu bisa membuat orang tua bangga. Namun bersaing dengan siswa pintar tidak semudah yang dibayangkan, karena Anda tidak tau sistem belajar mereka saat di rumah seperti apa, bisa jadi mereka belajar lebih keras daripada Anda. 
 
Tetapi sebisa mungkin Anda harus mempunyai saingan di kelas agar belajar Anda menjadi lebih bersemangat dan bisa tertarget. Apabila Anda tidak mempunyai saingan, maka setiap hari hanya mendengarkan guru saja dan tidak ada inisiatif untuk menjadi siswa yang terbaik. Untuk itu Anda harus bersaing secara sehat dan jangan sampai menjatuhkan siapapun. Apabila Anda ingin menjadi siswa yang terbaik dan bisa bersaing dengan siapapun, maka lakukanlah hal berikut ini agar sistem belajar Anda di kelas bisa lebih maksimal.

Cara Bersaing Dengan Siswa Pintar

7 Cara Mudah Bersaing Dengan Siswa Yang Paling Pintar di Kelas

1. Luruskan Niat

Niatkan pergi ke sekolah hanya untuk belajar dan pastikan ketika sudah pulang Anda membawa ilmu yang bermanfaat. Jika niat awal Anda sudah baik, maka kedepannya pasti akan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana. Jangan pergi ke sekolah hanya untuk bertemu dengan pacar, atau hanya untuk meminta uang saku saja, karena itu hanya akan membuang-buang waktu Anda saja dan tidak akan pernah mendapatkan ilmu.

2. Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu cara terbaik agar menjadikan pribadi bisa berfikir positif, dan bisa lebih kuat dari persaingan ketat di kelas. Apabila Anda masuk ke dalam kelas unggulan maka biasanya akan semakin banyak saingan yang harus Anda hadapi. Anda harus mempunyai keyakinan bahwa kedepannya Anda bisa menjadi yang terbaik di kelas bahkan di sekolah.

3. Jaga Hubungan Pertemanan

Meskipun bersaing secara akademik, maka Anda jangan pernah lupa bahwa mereka yang menjadi saingan merupakan teman Anda sendiri. Ketika sedang di dalam kelas tidak ada salahnya bersaing untuk menjadi yang terbaik, tetapi jika sudah di luar sekolah maka harus selalu menjaga pertemanan dan jangan sampai bermusuhan hanya karena saingan di kelas. Apabila teman Anda berhasil menjadi juara kelas, maka Anda sebagai teman yang baik harus selalu bangga atas apa yang sudah teman Anda lakukan.

4. Terapkan Target Pribadi

Setiap orang pasti mempunyai target dimana target tersebut harus dicapai dalam waktu tertentu. Biasanya seorang siswa mempunyai target yaitu ingin mendapatkan rangking yang lebih baik dari semester lalu. Jika Anda sudah menentukan target, maka usahakan untuk belajar dengan rajin agar target tersebut bisa tercapai.

5. Manfaatkan Fasilitas Perpustakaan

Daripada Anda membeli buku di luar, maka tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan. Setiap istirahat atau pulang sekolah, Anda bisa berkunjung ke perpustakaan hanya sekedar untuk membaca buku. Jika Anda sering membaca buku, maka otomatis Anda akan mempunyai banyak ilmu dibandingkan dengan teman Anda yang jarang membaca.

6. Manfaatkan Internet

Dengan adanya internet, maka Anda bisa melakukan apa saja yang Anda mau contohnya mencari materi tentang pelajaran sekolah. Anda bisa belajar lewat website yang sudah tersedia karena di internet biasanya akan ada banyak sekali latihan soal dan itu harus Anda pelajari agar bisa lebih menguasai dibandingkan dengan teman yang lain. Hanya dengan bemodalkan Hp dan kuota saja, Anda sudah bisa mendapatkan ringkasan materi lengkap.

7. Berdoa dan Tawakal

Semua yang Anda dapatkan tidak lepas dari pertolongan dari Allah swt, maka dari itu setelah melakukan sholat 5 waktu sebaiknya Anda berdoa agar diberikan kemudahan dalam segala hal dan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan di sekolah. Selain itu, jangan lupa pasrahkan semuanya kepada Allah swt. 
 
Menjadi siswa berprestasi memang sangat membutuhkan perjuangan, dan itu tidak bisa didapatkan hanya dengan bermalas-malasan. Bagi Anda yang sekarang masih semester awal, sebaiknya perbaiki diri terlebih dahulu dan jangan menjadi siswa yang malas. Jadilah siswa yang disiplin dalam segala hal agar semua yang diinginkan bisa diselesaikan dengan baik.