Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Cara Menyelesaikan Masalah Dalam Organisasi Dengan Benar

Sebagai seorang mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya organisasi, dan itu harus Anda ikuti karena nantinya bisa mendapatkan berbagai macam pengalaman berharga yang nantinya bisa diterapkan di dunia kerja. Selain itu dengan mengikuti organisasi Anda akan memperoleh banyak teman dan bisa memperluas networking. Yang namanya berkumpul dengan orang banyak, pastinya tidak selamanya berjalan dengan lancar, ada kalanya mengalami yang namanya bentrok antar anggota atau permasalahan lainnya. 
 
Nah untuk Anda yang baru pertama kali mengikuti organisasi pastinya akan merasa kesulitan ketika terdapat masalah dan masih bingung bagaimana cara menyelesaikannya dengan baik. Nah berikut ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan permaslahan dalam organisasi agar kedepannya bisa berjalan dengan lancar kembali.

Cara Menyelesaikan Masalah

4 Cara Menyelesaikan Masalah Dalam Organisasi Dengan Benar

1. Cari Tahu Penyebab Dari Masalah Tersebut

Setiap permasalahan pasti ada penyebabnya baik itu dari dalam maupun dari luar, dan semua anggota harus mencari tahu lebih dalam sebenarnya apa sih yang membuat masalah tersebut bisa muncul. Contoh masalah dari dalam yaitu seperti perbedaan pendapat antar anggota, dan masalah dari luar yaitu ada kegiatan yang sekiranya membuat salah satu anggota merasa tidak nyaman. Nah apabila permasalahan sudah diketahui, maka semuanya bisa diatasi dengan baik.

2. Menjalin Komunikasi Terbuka

Apabila permasalahan sudah diketahui, maka langkah selanjutnya yaitu semua anggota harus saling terbuka dengan mengeluarkan pendapatnya tentang permasalahan yang sedang terjadi. Setiap anak berhak menyalurkan aspirasinya kepada semua anggota dan memberikan saran yang tepat agar permasalahan bisa diatasi secepat mungkin. Jangan sampai di dalam organisasi, ada anggota yang pasif atau mereka tidak pernah memberikan saran sama sekali. Usahakan semuanya untuk selalu aktif dalam berbagai macam kegiatan terutama ketika ada masalah dalam organisasi.

3. Menetapkan Satu atau Beberapa Solusi

Organisasi yang berjalan dengan baik artinya semua anggota bisa mengeluarkan semua pendapatnya dan memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dialami. Nah dari banyaknya anggota di dalam organisasi pasti juga ada banyak sekali solusi yang didapatkan, dan untuk mempersingkat kegiatan maka jika Anda sebagai ketua harus memutuskan salah satu pendapat yang sekiranya bisa menyelesaikan sebuah permasalahan, atau Anda bisa menyimpulkan sendiri dari semua solusi yang disampaikan oleh rekan Anda.

4. Melakukan Tindakan

Setelah semua informasi sudah didapat maka langkah selanjutnya yaitu harus segera melakukan tindakan, karena jika terlalu lama diskusi justru akan semain memperkeruh suasana dan akhirnya permasalahan tidak cepat terselesaikan. Nah disini Anda harus selalu berfikir kritis setiap kali melakukan tindakan, karena tindakan yang bagus diawali dengan pemikiran yang bagus juga. Arahkan semua anggota untuk berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. 
 
Nah itulah 4 cara menyelesaikan permasalahan yang ada dalam organisasi. Terbiasa mengikuti organisasi maka akan membuat Anda semakin terlatih untuk bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan penuh tanggungjawab. Untuk itu manfaatkan waktu kuliah untuk mengikuti organisasi sebanyak mungkin agar pengalaman Anda semakin bertambah dan bisa menjadikan Anda orang yang lebih bijak kedepannya.