Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Menjadi Pemimpin Organisasi Yang Baik dan Efektif

Menjadi pemimpin merupakan salah satu posisi yang menjadi incaran banyak orang, karena dengan menjadi pemimpin maka Anda akan dikenal banyak orang dan bisa memperluas networking. Sikap kepemimpinan harus sudah dibentuk dari mulai SMA karena nantinya setelah memasuki dunia perkuliahan pasti akan ada banyak sekali tantangan yang harus dilewati. 
 
Bagi Anda yang sekarang diberikan amanah untuk menjadi ketua dalam organisasi baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus harus menjadi contoh yang baik bagi semua anggotanya, karena semuanya pasti akan meniru Anda dari berbagai macam aspek. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menjadi seorang pemimpin dalam organisasi agar kedepannya bisa memimpin bawahan dengan baik.

Cara Menjadi Pemimpin Organisasi

7 Cara Menjadi Pemimpin Organisasi Yang Baik dan Efektif

1. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Setiap pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik terutama kepada bawahan agar semuanya bisa lebih akrab ketika sedang berdiskusi. Apabila komunikasi Anda sudah baik maka anggota akan merasa senang jika dipimpin oleh Anda, dan jangan sampai Anda berbicara tidak sesuai dengan etika karena itu akan merendahkan harga diri Anda sebagai pemimpin di hadapan banyak orang. Berfikirlah sebelum bertindak agar semuanya bisa dijalankan dengan baik dan tidak ada kesalahpahaman. Sesekali ajaklah anggota Anda untuk ngobrol di luar topik diskusi agar semakin akrab dan tidak bosan.

2. Jangan Sombong

Kebanyakan orang jika sudah berada di posisi paling tinggi, mereka jadi sombong kepada semua orang dan merasa dirinya memiliki kelebihan yang luar biasa. Namun itu semua justru akan membuat Anda menjadi dibenci oleh anggota organisasi karena tidak ada orang yang suka dengan pemimpin yang sombong. Walaupun Anda sudah menjadi pemimpin, maka usahakan bersikap apa adanya seperti layaknya anggota yang lain.

3. Bijak Dalam Menentukan Keputusan

Dalam organisasi pastinya ada berbagai macam pendapat yang diusulkan oleh anggota dan itu membuat Anda sebagai ketua harus memiliki sikap yang tegas dalam menentukan keputusan, dan bisa memilih solusi mana yang bisa dijadikan untuk menyelesaikan permasalahan. Jangan menjadi pemimpin yang berfikir lama, karena setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan baik tergantung dengan keputusan pemimpin.

4. Adil Kepada Semua Anggota

Adil merupakan sifat yang harus dimiliki oleh semua pemimpin karena dengan adanya keadilan maka semuanya akan berjalan dengan baik dan tidak akan ada masalah yang timbul. Apabila di dalam organisasi terdapat suatu permasalahan, sebaiknya selesaikan dengan seadil-adilnya dan jangan sampai memihak salah satu dari anggota, karena itu akan menimbulkan perselisihan. Apabila Anda selalu bersikap adil, maka sampai kapanpun akan dipercaya menjadi seorang pemimpin.

5. Jalin Kerjasama yang Luas

Semua kegiatan yang diadakan dalam organisasi pasti membutuhkan kerjasama untuk membuat kegiatan berjalan dengan lancar. Nah disini peran pemimpin menjadi sangat penting yaitu mengajak rekan-rekan semua untuk selalu bekerjasama dan jika menemukan masalah maka bisa diselesaikan dengan baik. Setiap organisasi akan tetap maju jika kerjasama selalu dijalankan dengan maksimal.

6. Mendukung Anggota

Setiap kali ada anggota organisasi yang melakukan kesalahan maka Anda bisa membantunya agar kedepannya bisa segera terselesaikan. Namun jika anggota mencapai sebuah prestasi maka Anda harus memberikan hadiah walaupun kecil karena itu sebagai wujud Anda menghargai karya orang lain. Jangan sampai ketika anggota melakukan suatu kegiatan, Anda bersikap bodoamat atau tidak mempedulikan orang lain. Jadilah pemimpin yang bisa mengayomi semua anggotanya.

7. Bekerja Lebih Keras

Tanggungjawab seorang pemimpin justru akan semakin besar karena selain memimpin semua anggota, Anda juga dituntut untuk selalu berfikir kritis dan bisa menyelesaikan semuanya dengan sebaik mungkin. Bekerja lebih keras dari bawahan menjadi hal yang harus Anda lakukan agar organisasi bisa berjalan dengan lancar. Ketika semua anggota sedang istirahat, maka Anda harus selalu berfikir bagaimana kelanjutan dari organisasi tersebut dan hal apa yang perlu dilakukan selanjutnya.
 
Sikap kepemimpinan harus selalu dilatih agar mendapatkan hasil yang maksimal, jika Anda sekarang masih menjadi mahasiswa maka ikutlah organisasi karena di sana Anda akan memperoleh kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin yang nantinya bisa membawa nama baik organisasi sekaligus kampus. Apabila Anda pernah menjadi pemimpin maka pengalaman yang sudah didapatkan bisa diterapkan di dunia kerja atau di lingkungan masyarakat. Berbanggalah ketika diberi amanah untuk menjadi pemimpin karena tidak semua orang bisa menjadi pemimpin.