Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

Semakin bertambahnya usia biasanya daya ingat seseorang akan semakin berkurang bahkan ada yang lupa dengan nama orang terdekat atau tidak bisa mengingat dalam jangka panjang. Daya ingat atau kecerdasan otak ternyata bisa dipertahankan dengan cara melatihnya setiap hari untuk selalu mengembangkan diri dan melakukan kegiatan yang bisa merangsang otak. 
 
Jika dilakukan secara konsisten maka daya ingat akan semakin kuat dan sampai kapanpun pasti akan menjadi pribadi yang cerdas dan berwawasan tinggi. Untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, lakukan kegiatan berikut ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Agar Otak Cerdas dan Daya Ingat Kuat

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

1. Menulis

Kegiatan pertama yang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak yaitu dengan cara menulis sebuah artikel. Anda bisa mengembangkan tulisan melalui sebuah blog yang nantinya bisa dipublikasi agar bisa dibaca oleh semua orang. Dengan menulis otomatis otak Anda akan selalu berkerja secara maksimal dan berfikir bagaimana caranya agar membuat artikel yang menarik. Untuk itu biasakan menulis agar otak semakin berkembang dan bisa lebih mudah dalam menangkap segala informasi.

2. Bermain Rubrik

Rubrik merupakan salah satu permainan yang bisa mengasah kecerdasan otak, karena jika bermain rubrik otomatis otak Anda akan dituntut untuk memecahkan sebuah permasalahan dan menjadi lebih cerdas dalam hal apapun. Jika Anda bisa menyelesaikan rubrik dengan waktu yang cukup singkat maka sudah bisa dipastikan otak Anda bekerja dengan baik.

3. Olahraga Secara Rutin

Sejuta manfaat yang akan diperoleh dari berolahraga, salah satunya yaitu bisa meningkatkan kecerdasan otak, karena dengan berolahraga maka tubuh akan merasa fresh dan lebih bersemangat ketika melakukan aktivitas. Selain itu juga bisa membuat otak bisa lebih tajam ketika berfikir. Olahraga tidak harus yang berat, cukup melakukan lari kecil setiap hari agar keringat keluar. Orang yang sering mengeluarkan keringat karena berolahraga maka peredaran darah akan semakin lancar dan terhindar dari penyakit.

4. Makanan Yang Bernutrisi

Makanan bernutrisi sudah tebukti dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, karena setiap orang pasti membutuhkan nutrisi agar lebih mudah dalam melakukan kegiatan. Usahakan setiap hari makan makanan yang bervitamin, berserat dan kaya antioksidan. Apabila tubuh kekurangan nutrisi maka kinerja otak akan semakin melambat dan itulah yang menyebabkan Anda sulit untuk berfikir.

5. Menjalin Hubungan Sosial

Menjalin hubungan sosial dengan orang lain memang sangat diperluakan, karena selain untuk memperluas networking, juga akan meningkatkan daya ingat. Orang yang sering bersosialisasi dengan yang tidak pernah bersosialisasi pasti tingkat kecerdasan otaknya akan berbeda. Ada orang yang mengatakan bahwa jantung dan otak akan bekerja dengan baik jika hubungan seseorang dengan orang sekitar juga baik. Anda juga bisa menjadi relawan untuk membantu saudara-saudara di luar sana yang membutuhkan bantuan.

6. Terus Mempelajari Hal Baru

Ketika Anda sudah mencapai puncak kesuksesan, maka jangan pernah berhenti belajar dan usahakan untuk tetap mempelajari hal baru walaupun itu sulit untuk dimengerti. Karena dengan mempelajari hal baru, maka otak akan terus bekerja. Intinya jangan sampai otak hanya diam begitu saja dan tidak pernah digunakan untuk mempelajari hal lain yang lebih baru.

7. Menjaga Kualitas Tidur

Otak akan bekerja secara optimal jika kualitas tidur Anda selalu dijaga, dan jangan pernah begadang. Tidur yang baik yaitu sekitar 6 jam perhari dan usahakan untuk selalu bangun pagi agar kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik.  
 
Menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh saja, tetapi juga bisa membuat otak menjadi lebih cerdas dan daya ingat semakin kuat. Apabila daya ingat semakin kuat maka Anda akan lebih mudah ketika memperdalam materi atau mencerna suatu informasi.