Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Yang Mengganggu Aktivitas

Kadang berpikiran negatif bisa membuat semua kegiatan yang sedang dilakukan menjadi kacau atau tidak bisa konsentrasi. Pikiran negatif bisa datang kapan saja ketika otak tidak terkontrol atau bahkan sedang banyak memikirkan suatu hal. Bagi Anda yang sekarang sedang fokus bekerja atau fokus kuliah maka sebisa mungkin hilangkan pikiran negatif yang masih melekat pada diri sendiri, karena jika terlalu lama dibiarkan maka akan berdampak buruk untu kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Tetapi masih banyak orang yang mengeluhkan dengan pikiran negatif yang muncul dan tidak bisa menghilangkan secara cepat. Untuk itu disini saya akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pikiran negatif.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Yang Mengganggu Aktivitas

1. Baca Buku Setiap Hari

Membaca merupakan salah satu budaya yang harus selalu dilakukan karena apabila Anda banyak membaca maka otak akan berfikir lebih maju dan terhindar dari pikiran negatif yang selalu muncul. Usahakan untuk selalu membaca buku motivasi dari para tokoh yang sudah sukses agar pola pikir Anda bisa berubah seperti mereka. Dengan begitu maka pikiran negatif tidak akan bisa masuk begitu saja.

2. Sibukkan Diri Dengan Hobi

Menghilangkan pikiran negatif bisa juga dengan melakukan hobi setiap hari. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dengan menjalankan hobi maka lama-kelamaan pikiran negatif akan hilang karena otak Anda tidak ada waktu lain untuk berfikir hal lain selain hobi. Maka dari itu ketika Anda mempunyai hobi maka lakukan sebaik mungkin karena itu kedepannya akan berpengaruh besar untuk diri Anda dan orang lain.

3. Fokus Dengan Kelebihan Yang Dimiliki

Pikiran negatif bisa muncul karena Anda terlalu melihat kekurangan dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Mulai sekarang jangan terlalu memikirkan kekurangan, tetapi fokuslah pada kelebihan yang Anda miliki karena dengan kelebihan tersebut bisa membuat Anda menjadi lebih percaya diri sekaligus bisa menghilangkan pikiran negatif. Apabila Anda mempunyai kelebihan di satu bidang maka tekuni bidang tersebut dan jangan memikirkan hal yang tidak Anda kuasai.

4. Kenali Dari Mana Asalnya

Semua pikiran negatif pasti terdapat penyebab dan itu biasanya berasal dari lingkungan terdekat seperti dari teman atau benda yang bisa menjerumuskan pikiran Anda ke hal negatif. Apabila teman Anda ada yang mempengaruhi Anda untuk melakukan hal negatif maka sebisa mungkin Anda menolak atau bahkan menjauhi teman tersebut, karena jika Anda tetap berteman maka kedepannya akan merugikan diri sendiri.

5. Bergaul Dengan Teman Yang Berfikir Positif

Lingkungan sangat menentukan apakah Anda akan berfikir positif atau negatif. Nah apabila teman Anda setiap harinya selalu berfikir positif maka otomatis Anda akan ikut berfikir positif dan tidak berani berfikiran negatif di depan mereka. Untuk itu jika ingin menghilangkan pikiran negatif dengan cepat maka berkumpul dengan teman yang pikirannya selalu positif.

6. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga bisa mempengaruhi mental dan pikiran. Jika olahraga Anda teratur maka pikrian akan menjadi tenang dan akan selalu berfikir positif. Olahraga yang baik yaitu dilakukan minimal 30 menit perhari agar tubuh bisa mengeluarkan keringat. Anda bisa merasakan sendiri manfaat dari olahraga setelah melakukannya secara rutin. Luangkan waktu paling tidak seminggu sekali untuk melakukan olahraga.

7. Selalu Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari media sosial, tetapi Anda harus selalu waspada dengan informasi yang beredar karena sekarang banyak sekali video atau gambar yang membuat pikiran seseorang menjadi negatif dan tidak cocok untuk dilihat anak kecil. Semakin lama Anda menggunakan media sosial maka akan semakin banyak hal negatif yang didapat. Manusia akan lebih mudah memikirkan hal negatif daripada hal positif. Ketika dirasa tidak terlalu penting maka usahakan jangan membuka media sosial, lebih baik membaca berita agar mendapatkan informasi yang bermanfaat.
 
Kesimpulan dari artikel di atas yaitu Anda harus selalu bijak dalam melakukan semua kegiatan. Jika kegiatan Anda sudah baik maka kedepannya pasti otak akan selalu berfikir positif. Buanglah pikiran negatif secepat mungkin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kedepannya.