Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Ketika Kuliah Daring Berlangsung

Semenjak adanya covid-19 semua sistem pembelajaran dilakukan secara daring yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Saat kuliah daring pasti semua mahasiswa mengalami rasa kejenuhan karena setiap hari hanya dituntut untuk belajar di depan komputer dan tidak pernah berinteraksi dengan orang lain. Tidak jarang ada beberapa mahasiswa merasa stres menghadapi tugas dari dosen dan membuat mereka cepat merasa bosan mengikuti kuliah daring. 
 
Untuk itu bagi Anda yang sekarang masih menjadi mahasiswa yang sedang menjalani kuliah daring, jangan terlalu serius dalam mempelajari mata kuliah karena nantinya malah akan membuat Anda bosan. Sebenarnya rasa bosan saat kuliah daring bisa diatasi dengan mudah, Anda cukup mengikuti beberapa cara berikut ini.

Cara Agar Tidak Bosan Saat Belajar Daring

7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Ketika Kuliah Daring Berlangsung

1. Pilih Tempat Yang Nyaman

Pemilihan tempat menjadi salah satu hal yang paling penting saat belajar daring, semakin nyaman tempat yang digunakan untuk belajar maka akan semakin semangat Anda dalam mengikuti pembelajaran. Usahakan Anda belajar di ruang tamu, di taman atau tempat lainnya yang Anda sukai. Jangan sampai Anda belajar daring sambil tiduran, karena itu akan membuat Anda semakin malas dan tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal.

2. Pilih Gaya Belajar Yang Sesuai

Setiap mahasiswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Agar saat mengikuti belajar daring bisa semakin nyaman, maka pilihlah gaya belajar yang sesuai. Contohnya Anda belajar daring dengan mendengarkan musik, berada di suasana keramaian atau bahkan memilih untuk berada di tempat yang sepi agar lebih tenang.

3. Buat Jadwal Kuliah

Belajar daring di rumah biasanya membuat mahasiswa menjadi lupa jadwal bahkan sampai lupa hari. Apabila Anda sampai lupa jadwal maka tidak akan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan itu kedepannya akan mempengaruhi nilai Anda. Maka dari itu buatlah jadwal seperti Anda kuliah offline biasa, contohnya bangun pagi, mandi dan mempersiapkan semua peralatan yang akan digunakan untuk belajar daring.

4. Jangan Membuka Media Sosial Saat Kuliah Berlangsung

Nah ini yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa yaitu bermain sosmed ketika kuliah daring sedang berlangsung. Apabila saat kuliah disambi dengan membuka sosial media maka tidak akan fokus pada pelajaran dan ujung-ujungnya akan membuat Anda menjadi bosan dan malas belajar. Maka dari itu sebisa mungkin jangan membuka media sosial terlebih dahulu agar semua materi yang disampaikan dosen bisa dipahami dengan baik.

5. Jangan Menunda Mengerjakan Tugas

Saat kuliah daring, dosen pasti sering memberikan tugas kepada mahasiswanya dan setiap tugas pasti ada dedline-nya. Agar tugas tidak menumpuk, maka setiap kali dosen memberikan tugas langsung saja buat jadwal untuk mengerjakan tugas tersebut. Anda bisa mengerjakan tugas setelah mata kuliah selesai atau juga bisa dikerjakan saat hari sabtu atau minggu. Dan jangan sampai Anda menunda mengerjakan tugas, karena nantinya Anda sendiri yang akan kesusahan di akhir semester.

6. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang baik akan menentukan kualitas belajar Anda, dan biasanya mahasiswa yang istirahatnya teratur akan lebih produktif saat mengikuti pembelajaran daring. Yang perlu diperhatikan untuk semua mahasiswa yaitu jangan pernah begadang sampai malam hanya karena bermain dengan teman atau melakukan hal yang tidak bermanfaat lainnya. Usahakan tidur maksimal jam 11 dan bangun jam 4 agar tubuh semakin fresh dan bisa lebih fokus ketika belajar daring.

7. Buat Grup Diskusi

Jauh dari teman membuat Anda sulit untuk mempelajari mata kuliah karena tidak bisa bediskusi secara langsung. Solusinya yaitu dengan cara membuat grup diskusi agar ketika mendapatkan tugas yang cukup sulit bisa ditanyakan dan diselesaikan dengan baik. Selain itu dengan adanya grup belajar maka Anda akan mendapatkan berbagai macam pengalaman dari teman Anda. 
 
Nikmati saja belajar daring di rumah dan jangan sampai Anda mengeluh hanya karena tidak bisa tatap muka secara langsung. Dibalik semua itu pasti ada hikmah yang bisa diambil, contohnya Anda bisa berkumpul dengan keluarga dan memulai hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jadi tetaplah ikuti pembelajaran semaksimal mungkin dan manfaatkan kuliah daring untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.