Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Efektif Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Agar Bisa Lulus Cepat

Menjadi mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu memang tidak mudah dan itu harus ada niat yang kuat dari awal masuk kuliah. Lulus normal untuk S1 yaitu 8 semester atau 4 tahun, dan biasanya mahasiswa yang pintar bisa lulus dalam waktu 3,5 tahun saja atau bisa disebut cumlaude. Apabila Anda bisa lulus cepat itu bisa menjadi contoh yang baik buat adik tingkat agar lebih giat lagi belajarnya dan Anda juga bisa merasa bangga atas apa yang sudah Anda dapatkan selama kuliah. 
 
Mahasiswa memang tidak dituntut untuk bisa lulus dengan waktu yang sangat cepat, tetapi jika mahasiswa tersebut sudah menguasai mata kuliah, tidak ada salahnya mereka lulus cepat. Bagi Anda yang baru memasuki dunia perkuliahan pasti ingin lulus dengan cepat dan mendapatkan predikat cumlaude agar nantinya lebih mudah dalam memasuki dunia kerja. Terapkan cara berikut ini agar Anda nantinya bisa lulus cepat dengan IPK yang memuaskan.

Cara Agar Mahasiswa Bisa Lulus Cepat

7 Cara Efektif Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Agar Bisa Lulus Cepat

1. Pilih Jurusan Yang Sesuai Dengan Bakat

Jurusan menjadi hal terpenting yang harus selalu diperhatikan untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah, karena jika jurusan yang Anda pilih sudah sesuai dengan bakat Anda maka nantinya ketika perkuliahan sudah berlangsung pasti akan bisa mengikuti dengan baik dan setiap materi yang diberikan dosen bisa diserap dalam pikiran Anda. Namun apabila Anda dari awal sudah salah dalam memilih jurusan maka kedepannya pasti akan merasa terpaksa dan malas menjalani kuliah, bahkan banyak mata kuliah yang harus ngulang karena tidak menguasainya.

2. Sadar Tujuan Kuliah

Tugas utama seorang mahasiswa yaitu belajar dan berorganisasi, dan jangan sampai Anda melakukan kegiatan yang tidak penting di luar perkuliahan karena itu bisa menghambat kuliah Anda. Jika niat awal Anda sudah kuliah maka seberat apapun rintangan yang dihadapi harus diselesaikan dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pasti semua mahasiswa membutuhkan motivasi entah itu dari orang tua atau dari teman. Dan Anda harus selalu mempunyai tujuan setelah lulus kuliah agar lebih bersemangat dalam belajar.

3. Ambil SKS Maksimal

SKS merupakan sistem kredit semester, dimana sistem tersebut nantinya digunakan untuk mengukur beban studi mahasiswa pada saat menempuh jenjang tertentu. Biasanya untuk S1 terdapat 144 sampai 160 SKS dan untuk program D3 biasanya diperlukan 110 sampai 120 SKS. Nah Anda bisa mengambil SKS maksimal di tiap semester dan SKS maksimal yaitu 24. Apabila Anda tiap semester bisa mengambil SKS maksimal, maka bisa lulus dengan cepat. Tetapi usahakan tidak ada mata kuliah yang mengulang agar lebih mudah dalam pengambilan SKS maksimal.

4. Rajin Kuliah

Jika sudah menjadi mahasiswa, tidak ada waktu lagi untuk bersenang-senang karena itu merupakan tanggungjawab Anda dan harus dilakukan dengan serius. Usahakan setiap hari masuk kuliah dan jangan pernah membolos karena itu akan mempengaruhi absensi Anda. Selain berangkat kuliah, Anda juga harus mengerjakan tugas dengan tepat waktu. Untuk menjadi mahasiswa yang disiplin, Anda harus membuat jadwal dari mata kuliah yang diambil dan tempelkan di dinding agar tidak lupa.

5. Bijak Dalam Memilih Pergaulan

Bergaul memang sangat disarankan karena bisa menambah wawasan sekaligus bisa memperluas networking. Namun perlu diketahui, jangan sampai Anda salah dalam memilih pergaulan karena itu akan mempengaruhi kuliah dan masa depan Anda. Sebisa mungkin bergaul dengan mahasiswa yang rajin dan sepemikiran agar nantinya bisa diajak kerjasama dan bisa saling membantu ketika ada kesulitan dalam mengerjakan tugas.

6. Manajemen Waktu

Kunci sukses dalam perkuliahan yaitu bijak dalam memanajemen waktu. Jika Anda sudah bisa mengatur waktu dengan baik maka semua rencana yang sudah disusun bisa dilakukan dengan maksimal. Apabila Anda mengikuti organisasi atau UKM maka pilihlah jadwal yang sekiranya tidak bentrok dengan mata kuliah agar nantinya tidak membuat Anda terganggu. Selain itu prioritaskan yang lebih penting terlebih dahulu seperti tugas kuliah harus diselesaikan dengan baik agar nantinya lebih tenang ketika melakukan aktivitas lain.

7. Memilih Topik Skripsi

Sekalipun Anda baru masuk kuliah, tidak ada salahnya jika sudah mulai mencicil untuk menentukan topik yang akan digunakan untuk bahan membuat skripsi nanti. Anda bisa membeli sebuah buku yang membahas tentang skripsi dan usahakan menentukan topik sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Selain itu Anda juga akan belajar banyak hal tentang topik tersebut. Jangan sampai Anda sudah menempuh semester akhir tetapi masih bingung dalam menentukan topik skripsi. 
 
Nah sekarang Anda sudah tau kan bagaimana caranya agar bisa lulus dengan cepat. Memang saat kuliah sangat banyak rintangan dan godaan yang datang begitu saja, namun jika Anda sudah memiliki tekat yang kuat maka kedepannya bisa mengatasi permasalahan dengan baik. Perjuangan selama kuliah akan terbayar lunas ketika nanti Anda sudah dinyatakan lulus dan mendapatkan IPK bagus.