Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Bijak Mengelola Gaji Pertama Agar Tidak Menyesal

Bagi Anda yang baru freshgraduate yang sudah diterima bekerja di perusahaan pastinya sangat merasa senang karena telah mendapatkan pekerjaan dan pastinya sudah mendapatkan gaji dari hasil kerja kerasnya sendiri selama satu bulan. Biasanya anak muda yang baru pertama kali gajian akan menggunakan uang tersebut untuk membeli suatu barang yang diinginkan, contohnya baju, sepatu atau bahkan barang lainnya yang tentunya kurang bermanfaat. 
 
Namun sayangnya, apabila Anda terlalu menuruti nafsu maka uang Anda akan cepat habis dan tidak bisa menikmati uang gajian lagi. Untuk itu Anda harus menjadi pribadi yang bijak dalam mengelola keuangan agar tidak menyesal dan kehabisan uang sebelum gajian bulan depan tiba. Nah inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola gaji pertama agar kedepannya tidak menyesal dengan apa yang sudah Anda lakukan.

Cara Mengelola Gaji Pertama

5 Cara Bijak Mengelola Gaji Pertama Agar Tidak Menyesal

1. Sisihkan Untuk Pengeluaran Bulanan

Saat sudah bekerja maka semua keperluan pribadi sudah Anda yang nangung sendiri dan tidak ada urusannya dengan orang tua. Maka dari itu mulai dari sekarang harus bisa menyisihkan gaji bulanan untuk keperluan pribadi, contohnya bayar kos, beli makan dan untuk nongkrong dengan teman.

2. Belajar Menabung

Jika orang pada umumnya ketika sudah gajian mereka sering menghambur-hamburkan uang, maka Anda harus bisa belajar menabung untuk persiapan kebutuhan di masa yang akan datang. Menabung tidak perlu banyak, cukup 25% dari gaji yang Anda dapatkan itu sudah luar biasa. Anda bisa menabung melalui ATM atau bahkan jika Anda mempunyai uang lebih bisa digunakan untuk menabung emas untuk investasi masa depan.

3. Catat Pengeluaran

Agar Anda bisa mengetahui kemana saja selama ini uang yang Anda pakai, maka Anda bisa membuat catatan pengeluaran tiap bulan seperti membeli kebutuhan hidup atau bahkan sampai menggunakan transportasi. Jika Anda sudah bisa melihat pengeluaran tiap bulan, maka bulan berikutnya bisa lebih hemat atau bahkan sudah bisa membayangkan berapa uang yang akan dikeluarkan. Jangan terlalu banyak membeli barang yang tidak penting karena itu akan membuang-buang uang saja.

4. Belajar Hidup Hemat

Tinggal di perantauan menjadi salah satu pelajaran yang cukup berharga karena Anda diharuskan untuk selalu hidup hemat setiap hari, contohnya membawa bekal ketika bekerja dan jangan terlalu sering nongkrong dengan teman yang sekiranya tidak penting. Jika Anda sudah menerapkan gaya hidup hemat, otomatis Anda satu langkah lebih maju dibandingkan dengan teman Anda yang boros atau sering hura-hura.

5. Berikan Kepada Orang Tua

Karena ini merupakan gaji pertama Anda, maka tidak ada salahnya Anda membagikan sedikit gaji kepada orang tua. Pasti orang tua akan merasa terharu dan bangga bisa melihat anaknya sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Namun apabila orang tua Anda menolak, maka Anda bisa mengajaknya untuk jalan-jalan, maka di restoran atau bahkan membelikan semua kebutuhan yang diinginkan orang tua. 
 
Mendapatkan gaji pertama tentu sangat menyenangkan, tetapi Anda juga harus selalu mengontrol pengeluaran tiap bulan agar tidak menghambur-hamburkan uang begitu saja, karena mencari uang tidak semudah yang dibayangkan. Apabila pengeluaran Anda tidak terkontrol di bulan pertama, maka bisa memperbaikinya di bulan kedua agar jauh lebih baik.