Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Ampuh Mengatasi Sesak Nafas Pada Malam Hari

Sesak nafas merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan yang sering mengganggu aktivitas seseroang, terlebih jika orang tersebut melakukan aktivitas yang sangat berat, contohnya bekerja atau bahkan berolahraga. Apabila Anda sedang mengalami sesak nafas maka tubuh akan terasa lemas dan tidak bisa melakukan berbagai kegiatan. Namun jangan khawatir karena di sini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sesak nafas pada malam hari, dan cara ini saya berikan berdasarkan dari pengalaman saya sendiri.

Cara Mengatasi Sesak Nafas

6 Cara Ampuh Mengatasi Sesak Nafas Pada Malam Hari

1. Gunakan Pernafasan Hidung

Biasanya yang sering dialami oleh sebagian orang yaitu nafas terasa sesak apabila bernafas menggunakan mulut, jika hal tersebut terjadi pada diri Anda maka langsung saja gunakanlah pernafasan hidung. Anda bisa bernafas berkali-kali dan buang melalui mulut, dengan begitu maka lama-kelamaan nafas akan terasa lega dan bisa bernafas normal kembali.

2. Duduk di Kursi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara duduk di kursi yang nyaman, karena dengan duduk di kursi maka bisa membuat tubuh menjadi rileks dan pernafasan menjadi lebih lega. Ketika sesak nafas kembali kambuh maka Anda bisa langsung mencari kursi dan duduklah sejenak untuk melegakan pernafasan. Anda bisa duduk terlentang dan usahakan tubuh jangan kaku agar semua peredaran darah bisa berjalan dengan baik.

3. Berbaring

Selain duduk di kursi Anda juga bisa berbaring di tempat tidur untuk mengatasi sesak nafas yang Anda rasakan. Berbaring tidak hanya membuat pernafasan lega, tetapi juga bisa membuat tubuh terasa tenang dan nyaman. Saat Anda berbaring maka lakukanlah pernafasan sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung.

4. Perubahan Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang baik akan membuat tubuh Anda mudah sekali terkena penyakit salah satunya yaitu sesak nafas. Biasanya anak muda sering begadang, merokok dan bermain game sambil tiduran. Jika hal tersebut Anda lakukan maka akan mudah sekali mengalami gangguan pernafasan. Biasanya orang yang suka merokok akan lebih mudah sesak nafas dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok. Maka dari itu mulai sekarang ubahlah gaya hidup Anda agar tidak mudah terkena penyakit.

5. Hindari Cuaca Dingin

Ada sebagian orang yang tidak bisa berada di cuaca dingin atau bisa disebut dengan alergi dingin. Biasanya orang tersebut akan bersin atau bahkan bisa sesak nafas. Nah apabila Anda termasuk ke dalam orang yang alergi dengan kedinginan, alangkah baiknya hindari tempat dingin, contohnya jangan keluar malam atau bahkan jangan terlalu sering menggunakan kipas angin.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki sejuta manfaat salah satunya yaitu bisa melegakan pernafasan. Jika Anda mengalami sesak nafas maka langsung minum air putih sekitar 2 gelas. Usahakan dalam sehari Anda minum air putih 8 gelas agar tubuh tidak kekurangan cairan dan bisa beraktivitas dengan baik. Jika Anda mempunyai kulkas maka bisa meletakkan air putih di dalam kulkas, karena minum air dingin akan lebih bermanfaat untuk melegakan pernafasan. 
 
Itulah cara yang bisa Anda lakukan ketika tiba-tiba sesak nafas di malam hari. Saya juga pernah mengalami sesak nafas dan setelah mempraktekkan cara di atas maka sedikit demi sedikit pernafasan sudah mulai lancar. Jangan terlalu sering minum obat, karena jika terdapat penyakit ringan Anda langsung membeli obat maka kedepannya pasti akan ketergantungan. Usahakan menggunakan cara alami terlebih dahulu agar minim efek samping.