Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Agar Tidak Mudah Tertipu Ketika Belanja Online di Instagram

Media sosial memang menjadi platfom terbaik untuk melakukan sebuah bisnis, terutama Instagram. Dengan menggunakan Instagram Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari chat dengan teman, download video atau bahkan bisa digunakan sebagai media untuk berbelanja online. Namun jaman sekarang harus selalu berhati-hati ketika membeli barang melalui Instagram karena sudah banyak orang yang kena tipu bahkan mereka sudah transfer tetapi barang tidak sampai.
 
Maka dari itu Anda harus selalu selektif dalam memilih toko online di Instagram agar tidak tertipu. Tertipu saat berbelanja online pasti akan menimbulkan kekecewaan yang tinggi terlebih jika sudah mengeluarkan uang banyak. Nah untuk menghindari hal tersebut, maka saya akan membagikan beberapa cara agar Anda tidak mudah tertipu ketika berbelanja di Instagram, karena cara ini saya bagikan berdasarkan dari pengalaman saya sendiri yang sudah pernah ditipu di Instagram.

Cara Belanja Aman di Instagram

6 Cara Agar Tidak Mudah Tertipu Ketika Belanja Online di Instagram

1. Jumlah Produk dan Umur Akun Bisnis

Nah hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu dengan melihat jumlah postingan produk yang dijual apakah sudah banyak atau masih sedikit. Jika toko online tersebut sudah lama memposting produk dan produknya juga tidak campuran maka sudah bisa dipastikan toko tersebut asli dan bisa dipercaya. Namun jika toko tersebut menjual produk campuran, contohnya menjual peralatan rumah tangga dengan komputer, maka Anda harus selalu waspada karena kebanyakan yang seperti itu akun palsu dan hanya memanfaatkan konsumen saja.

2. Testimoni

Testimoni merupakan salah satu alat yang digunakan untuk media promosi agar semakin menarik pelanggan, karena semakin banyak testimoni maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik membeli di toko tersebut. Namun biasanya penipu akan menggunakan testemoni palsu untuk mengelabuhi pembeli. Biasanya jika testimoni itu asli, maka penjual akan menyertakan nama akun sosial media si pembeli. Jadi jangan tergiur dulu dengan banyaknya testimoni, dan harus elalu teliti dalam melihat testimoni tersebut.

3. Perhatikan Komentar

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah itu penipu atau bukan yaitu dengan cara melihat komentar yang ada di akun Instagram tersebut. Biasanya jika benar-benar toko asli maka konsumen akan merespon dengan baik dan tidak ada kata keluhan sedikitpun. Tetapi jika komentar dinonaktifkan atau bahkan tidak ada komentar sedikitpun, Anda harus selalu waspada.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Membeli barang dengan harga yang murah memang sangat menarik perhatian karena Anda bisa menghemat uang banyak. Namun yang perlu diingat yaitu jangan pernah tergiur dengan harga murah ketika berbelanja online terutama di Instagram. Sekarang banyak sekali modus penipuan dimana penipu menawarkan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. Sebaiknya Anda cek dulu di google harga normal produk tersebut, dan jika harga yang ditawarkan di Instagram sangat jauh berbeda dengan harga normal, maka sudah dipastikan itu merupakan penipuan. Tetaplah bijak dalam menentukan harga dalam belanja online.

5. Jumlah Pengikut Bukan Jaminan

Hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu jumlah pengikut pada akun terebut. Anda jangan sampai mudah percaya dengan follower banyak, karena itu bisa jadi mereka membeli follower untuk mengelabuhi Anda. Biasanya konsumen akan mudah percaya apabila toko online yang menjadi pilihannya mempunyai follower yang banyak. Nah untuk mengetahui apakah itu penipu atau tidak Anda bisa melihat jumlah follower dan jumlah like. Biasanya jumlah like akun penipu tidak akan sebanding dengan jumlah follower.

6. Kata-kata Bio Berebihan

Nah yang paling sering dilakukan oleh penipu yaitu menulis bio terlalu berlebihan dan itu digunakan agar konsumen semakin percaya dengan produk Anda. Kata yang paling sering digunakan yaitu “100 %  ORIGINAL”. Jika Anda menemukan  kata-kata tersebut maka bisa jadi itu merupakan modus dari penipuan barang. Jika toko asli, maka akan menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak terlalu belebihan.   
 
Jadilah orang yang selalu bijak dalam membeli barang di media sosial terutama Inatagram, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu jangan terlalu cepat dalam mentransfer uang karena itu akan membuat Anda menyesal. Semoga setelah membaca artikel yang saya bagikan di atas, bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih berhati-hati ketika berbelanja online.