Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Penting Mengapa Harus Bertekad Untuk Kuliah

Berbicara soal perkuliahan pasti ada orang yang setuju dan ada yang tidak setuju, tetapi banyak orang yang setuju jika melanjutkan ke perguruan tinggi karena berbagai macam alasan. Biasanya anak muda sangat menginginkan kuliah karena dengan kuliah pola pikir mereka bisa lebih terbuka dan bisa berpeluang mendapatkan gelar yang nantinya bisa digunakan untuk perkembangan karir di masa depan. Nah bagi Anda yang ingin kuliah namun masih ragu, maka perhatikan beberapa alasan berikut ini agar Anda semakin mantap ketika ingin masuk dunia perkuliahan.

Alasan Mengapa Harus Kuliah

5 Alasan Penting Mengapa Harus Bertekad Untuk Kuliah

1. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Saat masih SMA pasti Anda hanya mengetahui mata pelajaran umum saja dan belum tentu itu semua sesuai dengan bakat yang Anda miliki. Namun saat masuk kuliah Anda akan dituntut untuk memilih jurusan yang sesuai dengan skill Anda dan nantinya bisa Anda kembangkan. Anda bisa memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Dengan begitu keterampilan Anda akan semakin bertambah karena nantinya akan mempelajari berbagai macam hal baru yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Seiring berjalnnya waktu, pasti pengetahuan pun akan semakin meningkat, bukan hanya soal akademik saja tetapi juga non akademik.

2. Memperluas Peluang Kerja di Masa Depan

Memiliki gelar merupakan kebanggan tersendiri karena mendapatkan itu semua tidak mudah dan harus melewati perjuangan yang sangat panjang yaitu kurang lebih 4 tahun. Dan dengan gelar tersebut maka peluang kerja akan terbuka lebar, tentunya Anda bisa memasuki berbagai macam perusahaan nasional maupun internasional. Selain itu Anda juga akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan mereka yang tidak kuliah, karena jaman sekarang persyaratan masuk perusahaan yaitu minimal S1.

3. Pola Pikir Menjadi Lebih Dewasa

Dalam dunia perkuliahan, tidak hanya belajar tentang materi saja tetapi juga akan ada berbagai macam organisasi yang bisa Anda ikuti dan di sana Anda akan belajar banyak. Selain itu pergualan mahasiswa di luar kampus juga akan membuat mereka semakin lebih dewasa karena bertemu dengan banyak teman yang memiliki karakter yang berbeda. Dan jika terdapat permasalahan pasti bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan tidak terburu-buru, karena di dalam organisasi mereka sudah diajarkan tentang hal tersebut. Berbeda dengan orang yang tidak kuliah, mereka cenderung memakai emosi ketika menyelesaikan permasalahan.

4. Membangun Network

Pengalaman menjadi hal yang sangat penting karena melalui pengalaman tersebut Anda akan mendapatlan banyak sekali informasi yang nantinya bisa diterapkan di dunia kerja. Di kampus pasti ada banyak mahasiswa dari luar kota bahkan ada yang dari luar pulau dan Anda bisa membangun pertemanan dengan mereka. Apabila Anda tidak kuliah pasti temannya hanya itu-itu saja dan dari daerah yang sama, tetapi jika kuliah maka Anda akan bisa membangun jaringan seluas mungkin seperti mengikuti organisasi, UKM atau kegiatan di luar kampus.

5. Mewujudkan Mimpi

Kuliah sangat penting bagi Anda yang ingin mewujuakan mimpi untuk menjadi seorang guru, insinyur atau bahkan dokter. Tanpa kuliah, ke tiga pekerjaan tersebut tidak akan bisa dicapai. Jika Anda memiliki cita-cita menjadi dokter, mau tidak mau harus menempuh bangku perkuliahan karena ilmu tentang kedokteran tidak bisa dipelajari secara otodidak.  
 
Demikianlah artikel tentang pentingnya kuliah untuk masa depan. Memang kuliah tidak menjamin Anda sukses namun bisa mengantarkan Anda mewujudkan mimpi yang sudah lama diinginkan. Jika Anda sudah mantap kuliah maka belajarlah dengan rajin dan jangan sampai kuliah selama 4 tahun tetapi ujung-ujungnya nganggur. Bermimpilah setinggi langit dan jangan sampai kalah dengan orang yang tidak kuliah.