Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Jumlah Teman Semakin Berkurang

Mempunyai teman yang banyak memang menjadi suatu hal yang menyenangkan karena Anda bisa menghilangkan stres dan juga bisa membuat bahagia setiap saat. Namun seiring bertambahnya usia maka pertemanan akan semakin terpisahkan oleh beberapa hal yang membuat Anda menjadi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk diri sendiri, tidak jarang Anda juga mengalami kesepian karena berkurangnya teman. Jika Anda mengalami hal tersebut di usia 20 atau 30an itu merupakan hal yang wajar dan pasti semua orang pernah mengalaminya. 
 
Semakin dewasa, maka yang dinilai dari teman tidak hanya dari segi kuantitasnya saja, tetapi juga dari segi kualitas. Sehingga Anda tidak lagi membutuhkan teman banyak, tetapi hanya butuh teman sedikit yang bisa mendorong Anda untuk menjadi lebih baik lagi. Bagi Anda yang masih penasaran mengapa si semakin dewasa jumlah teman semakin berkurang, berikut alasannya.

Mengapa Jumlah Teman Semakin Berkurang?

7 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Jumlah Teman Semakin Berkurang

1. Sudah Ada Yang Menikah

Ketika Anda masih berusia 20an maka Anda akan mengalami kehilangan teman bahkan sahabat sendiri pun akan menjauh hanya karena mereka sudah menikah. Apabila seseorang sudah menjalin hubungan dengan orang lain dan memutuskan untuk menikah, maka pikirannya semakin dewasa dan harus memikirkan keluarganya, maka dari itu mereka akan lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarganya dibandingkan dengan teman. Bahkan di desa hanya tinggal Anda yang belum menikah, dan setiap hari pasti selalu merasa kesepian. Hal tersebut sudah sangat wajar dialami oleh semua orang dan mau tidak mau harus menghadapinya karena kehidupan setiap orang berbeda-beda.

2. Prioritas Berubah

Semakin dewasa maka tanggung jawab pasti akan bertambah, dari yang tadinya hanya kuliah dan memikirkan nilai saja tetapi sekarang sudah mulai bekerja, membantu orang tua, mengurus orang tua yang sedang sakit atau bahkan ada juga yang sudah mempunyai anak dan harus membiayai anaknya. Perubahan tersebut membuat prioritas juga akan ikut berubah, dan menjadikan teman sebagai nomer kesekian, bahkan saat waktu luang pun tidak bisa berkumpul dengan teman hanya karena sudah memikirkan beban hidup.

3. Dipisahkan Jarak

Alasan berikutnya mengapa teman Anda semakin berkurang yaitu disebabkan karena jarak. Ketika di kampung Anda mempunyai banyak teman, yang setiap hari selalu nongkrong bareng, sekolah berangkat bareng bahkan tidur pun pernah bareng. Namun ketika Anda sudah menempuh usia 20an maka mau tidak mau harus mulai berfikir kedepan, contohnya kuliah atau bahkan kerja di luar kota. Hal tersebut yang menyebabkan Anda kesepian di perantauan. Tetapi rasa rindu dengan teman masih bisa diobati yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, dan Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan teman.

4. Sudah Tidak Sefrekuensi

Saat masih kecil memang pemikiran belum terlalu matang dan ketika ingin melakukan suatu kegiatan selalu bersama dengan teman. Namun ketika sudah dewasa maka Anda pasti akan memilih teman yang bisa diajak maju dan yang tidak bisa diajak maju. Apabila teman Anda tidak pernah memikirkan masa depan, otomatis Anda akan semakin menjauh karena jika Anda terlalu sering bertaman dengan mereka pasti hidupnya tidak akan pernah mengalami kemajuan. Menjauh dari teman bukan berarti benci, tetapi hanya menghindari pengaruh buruk dari mereka.

5. Sudah Mempunyai Pacar

Nah ini yang sering terjadi di kalangan anak muda jaman sekarang, jika sudah mempunyai pacar biasanya akan lupa dengan teman sendiri dan lebih banyak menghabiskan waktu hanya untuk pacar. Biasanya Anda akan memprioritaskan pacar daripada teman yang biasanya nongkrong barang atau kuliah bareng. Seiring berjalannya waktu maka teman Anda akan semakin berkurang karena Anda sudah tidak lagi peduli dengannya dan lebih memilih pacar.

6. Memperjuangkan Masa Depan

Tidak selamanya Anda bermain terus dengan teman, pasti ada waktunya untuk memperjuangkan masa depan agar kehidupan kedepannya bisa lebih baik. Apabila Anda sudah berumur 20an dan masih saja berkumpul dengan teman dengan pembahasan yang tidak bermutu maka waktu untuk memperjuangkan masa depan akan semakin berkurang. Kebanyakan anak muda yang sedang berjuang untuk masa depannya, pasti tidak mempunyai banyak teman dan paling hanya teman bisnis atau teman kuliah saja.

7. Waktu Luang Yang Sedikit

Tidak bisa dipungkiri, semakin dewasa maka beban pikiran Anda pasti akan bertambah bahkan setiap hari Anda menghabiskan waktunya untuk bekerja berangkat pagi pulang malam. Sekalipun ada waktu luang di hari minggu, pasti akan dihabiskan dengan keluarga, atau bahkan hanya untuk istirahat. 
 
Pertemanan sejati dipertemukan saat sekolah atau kuliah dan dipisahkan ketika sudah lulus. Sebagai anak muda sebisa mungkin jangan melupakan teman karena apabila lupa dengan teman maka ketika ingin membutuhkan bantuan pasti akan sulit. Jadi usahakan untuk selalu meluangkan waktu walaupun sebentar dan bertemulah dengan teman sewaktu SMA atau teman kecil agar pertemanan semakin erat.