Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Mengapa Jangan Terlalu Lama Menganggur Setelah Lulus Kuliah

Semakin bertambahnya tahun, pengangguran di Indonesia semakin bertambah. Pengangguran paling banyak yaitu dari lulusan sarjana, karena mereka para lulusan sarjana atau S1 pastinya sangat pilih-pilih dalam menentukan pekerjaan dan lebih membesar-besarkan gengsi. Tiap tahun pasti hampir 80% lulusan sarjana merasakan pengangguran dan itu sangat meresahkan keluarga karena sudah tidak menempuh pendidikan ditambah lagi tidak bekerja. Waktu normal nganggur setelah lulus kuliah yaitu maksimal 6 bulan dan jika lebih dari itu sudah bisa dipastikan mahasiswa tersebut terlalu malas dalam mencari lowongan pekerjaan. 
 
Bagi Anda yang sekarang baru wisuda maka sebisa mungkin jangan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang terlebih dahulu dan sebaiknya mulailah perjuangkan masa depan Anda agar tidak sia-sia menempuh bangku perkuliahan. Dan jangan terlalu lama nganggur karena jika Anda terlalu lama nganggur maka akan menyusahkan orang tua. Berikut ini alasan mengapa Anda jangan terlalu lama dalam menganggur ketika sudah lulus kuliah.

Mengapa Jangan Terlalu Lama Menganggur?

5 Alasan Mengapa Jangan Terlalu Lama Menganggur Setelah Lulus Kuliah

1. Tidak Punya Uang

Seiring bertambahnya usia maka kebutuhan akan semakin bertambah, dan pasti sangat membutuhkan yang namanya uang. Jika Anda tidak segera mencari pekerjaan maka darimana akan mendapatkan uang? Terus-terusan minta kepada orang tua pasti akan merasa malu karena bagaimanapun juga mereka mempunyai kebutuhan yang lain. Anak muda yang tidak mempunyai uang, maka tidak bisa melakukan apapun dan pasti akan semakin bingung karena semakin dekat dengan pernikahan.

2. Kesehatan Fisik Terganggu

Selain tidak punya uang, menganggur terlalu lama juga akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh salah satunya yaitu obesitas. Mengapa bisa obesitas? Karena kegiatan orang pengangguran biasanya hanya makan + tidur saja dan tidak pernah melakukan kegiatan lain. Selain itu juga ada yang kerjaannya hanya bermain Hp, nonton TV atau bahkan di depan komputer saja. Jika hal tersebut berlangsung sangat lama, maka tubuh Anda akan mudah sekali terkena penyakit. Nah jika Anda masih nganggur, maka jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga setiap hari agar kesehatan tetap terjaga.

3. Hubungan Asmara Semakin Terancam

Ada beberapa orang yang meneliti bahwa kelamaan nganggur setelah lulus kuliah bisa mengancam hubungan asmara dengan pasangan. Kebanyakan yang nganggur yaitu seorang laki-laki dimana tugas laki-laki seharusnya mencari nafkah untuk keberlangsungan hidup keluarganya di masa yang akan datang. Selain itu juga tidak ada wanita yang mau menjalin hubungan dengan laki-laki pengangguran. Hak tersebutlah yang membuat hubungan semakin renggang.

4. Kurangnya Kepercayaan Diri

Kelamaan menganggur akan membuat Anda menjadi pribadi yang mudah minder atau tidak percaya diri, karena biasanya jika ketemu dengan orang akan ditanya mengenai pekerjaan dan apabila Anda masih menganggur pasti akan sangat malu jika bertemu dengan orang lain. Selain itu juga akan membuat mental Anda menjadi down ketika bersosialisasi dengan orang lain, dan membuat Anda menjadi jarang keluar rumah.

5. Depresi

Semakin lama mengangur, maka tekanan dari luar akan semakin banyak bahkan ada yang mengatakan bahwa ijazah Anda yang diperoleh selama kurang lebih 4 tahun tidak ada gunanya. Selain itu juga akan membuat Anda menjadi tertekan dan malas melakukan suatu kegiatan. Maka dari itu jangan dengarkan omongan orang lain karena mereka tidak tau bagaimana perjuangan Anda selama ini. 
 
Itulah alasan mengapa jangan terlalu lama menganggur setelah lulus kuliah. Jika Anda tidak mau nganggur maka sebisa mungkin dari semester 1 sudah mempersiapkan semuanya dan harus sudah tau langkah setelah wisuda mau kemana. Jika Anda mempunyai banyak waktu luang, maka tidak ada salahnya membangun sebuah bisnis agar tidak bingung ketika nanti setelah kuliah nganggur.